eSIM Solusi Praktis Koneksi Internet Saat Travelling ke Luar Negeri

Bagi para traveler yang sering bepergian ke luar negeri biasanya mereka menggunakan SIM card lokal asal negara yang dikunjungi agar bisa menggunakan koneksi internet. Namun, kini eSIM hadir sebagai solusi praktis koneksi internet saat travelling ke luar negeri.

Teknologi eSIM diciptakan sebagai solusi yang lebih praktis daripada kartu SIM. SIM card dan eSIM cenderung punya fungsi sama, hanya saja eSIM tidak memiliki bentuk fisik dan tidak bisa dilepas pasang, karena modul tertanam pada motherboard smartphone secara permanen.

Mengingat berbagai keresahan para traveler saat berkunjung ke luar negeri, JavaMifi hadir sebagai solusi bagi masyarakat Indonesia agar tetap bisa menikmati koneksi internet di luar negeri dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Jadi, Apa Itu eSIM?

esim adalah
esim adalah

Embedded SIM atau yang lebih dikenal dengan eSIM merupakan teknologi baru yang digunakan pada perangkat telepon genggam. Perbedaan eSIM dengan SIM card biasa yakni eSIM bisa menyimpan lebih dari satu nomor identifikasi.

Jadi, para penggunanya tidak perlu kerepotan melepas pasang SIM card lagi. Jika dulu kamu harus mengganti SIM card jika ingin mengunjungi berbagai negara, dengan eSIM kamu tidak perlu mengganti SIM card lagi. Cukup mengaktifkan eSIM saja.

Manfaat eSIM untuk Bepergian ke Luar Negeri

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan eSIM saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, manfaat utamanya adalah kamu tetap bisa dihubungi dengan nomor utama (nomor Indonesia).
Menariknya tarif yang ditawarkan merupakan tarif lokal atau regional ketika menggunakan telepon dimana saja. Baik untuk melakukan telepon, SMS maupun internet data. Jadi, tidak ada lagi biaya roaming yang dibebankan.

Apakah eSIM Bisa Digunakan di Berbagai Jenis Smartphone?

hp dengan esim

Sayangnya untuk saat ini belum banyak jenis smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur eSIM. Namun, meski demikian ada banyak pengamat dunia telekomunikasi yang meramaikan jika eSIM akan menjadi standar baru untuk smartphone keluaran terbaru.

Tak perlu merasa risau, di masa yang akan datang akan lebih banyak perangkat canggih yang sudah didukung dengan fitur eSIM. Terlebih lagi dengan terus berkembangnya jaringan 5G di berbagai negara.

Berkembangnya jaringan 5G di seluruh dunia tentu menjadi angin segar. Bahkan banyak yang mengatakan jika eSIM akan menjadi standar pengembangan telekomunikasi dan perangkat canggih untuk bisa terhubung dengan internet atau jaringan.

Bagaimana Cara Kerja eSIM?

Bagi kamu yang sering bepergian ke luar negeri tentu sudah tahu suka duka mencari kartu SIM lokal. Bahkan terkadang bahasanya juga sulit dimengerti, sang penjual tidak tahu paket yang cocok dan lain sebagainya.

Kini hanya dengan beberapa langkah mudah kamu bisa mengaktifkan eSIM di perangkat smartphone ketika tiba di negara tujuan. Kamu bisa memesan eSIM sebelum keberangkatan, jadi tak perlu repot lagi mencari SIM lokal.

Kamu juga bisa menyimpan lebih dari satu eSIM di smartphone. Jika kamu punya rencana mengunjungi beberapa negara, maka bisa dipesan sebelum keberangkatan. Terlebih lagi ada eSIM yang berlaku berdasarkan regional geografis, mulai dari eSIM Asia, eSIM Eropa dan lainnya.

Perbedaan SIM Card Internasional, SIM Card Lokal dan eSIM

kartu SIM
kartu SIM

Secara garis besar dengan penjelasan yang tidak terlalu technical, SIM merupakan sebuah identifikasi unik yang bisa membedakan satu perangkat dengan perangkat lainnya. Lalu apa sih perbedaan antara SIM card internasional, SIM card lokal dan eSIM?

  • SIM Card International

SIM card internasional merupakan kartu yang bisa digunakan tanpa dibatasi lokasi geografis. SIM card ini berbentuk fisik dan harus dimasukkan ke dalam ponsel. Biasanya digunakan para traveler yang meninggalkan negara asal dalam waktu yang lama.

  • SIM Card Lokal

SIM card ini bisa dibeli saat kamu mengunjungi suatu yang biasanya dikenal dengan prepaid card atau prabayar. Ketika tiba di suatu negara untuk menghindari biaya roaming biasanya para traveler akan mencari kartu prabayar lokal.

Jika ponsel kamu tidak didukung dual SIM, maka nomor yang digunakan adalah nomor lokal di mana kamu berada. Jika harus mengunjungi negara lain dalam waktu dekat kamu juga harus mengganti SIM card baru saat pindah negara. Cukup ribet bukan?

  • eSIM

SIM merupakan gabungan dari SIM card internasional dan SIM card lokal. eSIM bisa digunakan dimana saja tanpa dibatasi letak geografis. Perbedaannya eSIM tidak berbentuk kartu biasa melainkan sudah ada di dalam smartphone yang dilengkapi fitur tersebut.

Kamu bisa memesan sebelum keberangkatan dan mengaktifkan sesuai dengan petunjuk penyedia jaringan eSIM. Saat tiba di suatu negara, smartphone kamu sudah terhubung dengan penyedia jaringan lokal tanpa harus mengganti kartu atau membeli SIM card lokal.

Cara Aktivasi eSIM Travelling JavaMifi

javaSIM
javaSIM

Sebagai penyedia eSIM travelling pertama di Indonesia, JavaMifi juga menawarkan berbagai kelebihan. Mulai dari praktis tanpa SIM card fisik, SIM khusus untuk keluar negeri yang bisa connect hingga 100+ negara dan langsung aktif dengan kuota unlimited.

eSIM travelling dari JavaMifi juga sangat mudah didapatkan. Para penggunanya bisa dengan mudah memesan melalui situs website resmi atau official shop JavaSIM di berbagai marketplace yang ada.

Jika sudah memesan, nantinya eSIM akan dikirimkan dalam bentuk QR kode melalui email pengguna. Cara mengaktifkannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu scan QR kode lalu ikuti petunjuk autentifikasi yang ada.

Saat ini layanan eSIM dari JavaMifi sudah terhubung ke lebih dari 100 negara. Jadi para penggunanya bisa menikmati kemudahan akses internet dimanapun dan kapanpun. Cukup scan QR kode, langsung connect. Cukup mudah bukan?

Itulah beberapa ulasan mengenai eSIM travelling yang akan memudahkan kamu saat bepergian ke luar negeri. Namun, sayangnya fitur ini belum bisa digunakan untuk sembarang ponsel. Jadi pastikan terlebih dulu bahwa smartphone kamu sudah didukung dengan fitur ini ya.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *