Info Lengkap Wisata Kawah Ijen Lokasi, Tiket dan Penginapan

Kawah Ijen adalah salah satu spot destinasi wisata yang berada di kawasan Gunung Ijen yang sudah sangat terkenal. Wisata yang satu ini sudah menjadi salah satu ceklist wajib bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan kawah berwarna biru ini.

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang ke tempat ini melainkan juga banyak wisatawan mancanegara yang rela jauh-jauh datang untuk menikmati keindahan alamnya. Kawah yang satu ini memang sudah sangat tersohor diseluruh penjuru dunia.

Kawah ini adalah salah satu wisata alam yang menyuguhkan keindahan sebuah danau asam yang memiliki warna hijau terang kebiruan. Danau ini memiliki diameter ukur sebesar 700 meter dan memiliki luas sekitar 5.466 hektar yang sangatlah besar.

Sedangkan untuk kedalaman danaunya sendiri diperkirakan memiliki kedalaman 200 meter dengan 36 juta kubik air mengisi danau eksotis yang satu ini. Dengan hal tersebut membuat kawah ini menjadi salah satu kawah vulkanik yang ukurannya sangat besar.

Kawah Ijen adalah sebuah kawah yang terbentuk dari letupan Gunung Ijen yang masih aktif hingga sampai saat ini. Letupan tersebutlah yang akhirnya membuat sebuah cekungan secara alami yang lama kelamaan kemudian menjadi danau seperti saat ini.

Rute Lokasi dan Jam Operasional Kawah Ijen

Karena memiliki ukuran yang sangat luas sehingga tempat wisata yang satu ini masuk ke dalam dua kabupaten yang berada di Jawa Timur. Kedua kabupaten yang terlintas kawah ini adalah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.

Meskipun masuk ke dalam dua wilayah yang berbeda tetapi kebanyakan wisatawan akan masuk melalui Kabupaten Banyuwangi yang lebih terkenal. Sehingga tempat wisata yang satu ini lebih populer menjadi wisata khas dari Kabupaten Banyuwangi.

Rute Lokasi dari tempat wisata yang satu ini terbagi menjadi dua bagian yaitu rute yang menuju lokasi wisata dan rute yang menuju ke puncak kawah. Anda bisa memilih rute mana yang ingin Anda tuju untuk melakukan rekreasi ke tempat wisata yang satu ini.

Para wisatawan yang ingin mengunjungi Kawah Ijen bisa langsung berangkat dari Stasiun Banyuwangi Kota yang kemudian dari situs tinggal meneruskan perjalanan menuju Kecamatan Licin dan Desa Banyusari Kabupaten Banyuwangi.

Setelah sampai di Desa Banyusari kemudian pengunjung bisa melanjutkan rute ke arah Paltuding. Jika berangkat dari arah Surabaya maka pengunjung bisa mengambil rute tol Probolinggo yang melewati Bangil dan juga Pasuruan.

Kemudian keluar tol dan masuk ke arah Krasakan setelah itu Besuki sampai tiba di Bondowoso. Dari pusat Kota Bondowoso Anda tinggal meneruskan perjalanan dengan mengambil rute ke arah Paltuding untuk bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini.

Sedangkan bagi para wisatawan yang ingin mengambil rute menuju puncak pendakian kawah ini maka bisa melakukannya dari pos pertama yang ada di Paltuding. Kemudian dari pos pertama pendakian ini maka pengunjung tinggal mengikuti saja rute pendakian.

Pendakian untuk bisa sampai ke puncak Kawah Ijen membutuhkan waktu antar 2-4 jam lamanya. Biasanya para pendaki akan memulai pendakian setelah lewat jam 12 malam untuk bisa mendapatkan spot sunrise yang sangat indah di puncak kawah ini.

Sebelum memulai pendakian ada baiknya perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan kondisi fisik yang prima karena akan menguras banyak energi. Selain itu suhu di puncak kawah ini juga sangat dingin maka sebaiknya persiapkan pakaian yang tebal.

Jangan lupa untuk membawa berbagai persiapan yang dibutuhkan tetapi jangan terlalu membawa banyak barang agar tidak terlalu menguras tenaga. Dan yang paling penting harus selalu sedia masker karena di sekitaran kawah terdapat aroma bau belerang.

Setelah mengetahui rute lokasi dan jam operasionalnya maka Anda juga harus mengetahui harga tiket dari tempat wisata alam ini seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen

Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah. Harga tiket masuk antara hari Senin-Jumat sebesar Rp.5.000 dan harga tiket masuk untuk hari Sabtu-Minggu adalah sebesar Rp.7.500.

Harga tiket masuk Kawah Ijen tersebut hanya berlaku untuk wisatawan lokal saja tetapi bagi wisatawan mancanegara yang ingin datang berkunjung dikenai tarif sebesar Rp.100.000 untuk hari biasa dan tiket masuk sebesar Rp.150.000 untuk akhir pekan.

Kawah ini memiliki pemandangan yang sangat indah maka tidak heran apabila ada beberapa orang yang menggunakan background pemandangan di kawah ini untuk keperluan foto prewedding atau keperluan lainnya karena sangat begitu indahnya.

Tetapi bagi para wisatawan yang ingin mengambil gambar dengan kepentingan komersial akan dikenai biaya tambahan yang bisa mencapai Rp.10.000.000. tetapi bagi yang ingin mengambil gambar hanya untuk pribadi maka tidak masalah hal tersebut.

Rekomendasi Penginapan Disekitar Objek Wisata Kawah Ijen

Karena dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya maka sangatlah dibutuhkan akomodasi yang tersedia bagi para pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Dan tentu saja banyak akomodasi yang bisa Anda gunakan ketika berkunjung ke tempat ini.

Oleh karena itu bagi Anda yang ingin berkunjung tetapi masih bingung untuk memilih tempat penginapan yang dekat dengan wisata Kawah Ijen, maka di bawah ini akan kami rekomendasikan beberapa pilihan akomodasi yang mungkin cocok untuk Anda gunakan.

1. Ijen Mansjestic B&B

Akomodasi dekat dengan lokasi wisata kawah pertama yang kami rekomendasikan adalah Ijen Mansjestic B&B. Penginapan yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan biaya permalam yang murah antara Rp.140.000 hingga Rp.165.000 saja.

2. Tropical Paradiso Homestay

Tempat selanjutnya adalah Tropical Paradiso Homestay yang memiliki desain dan interior bergaya modern kekinian. Tempat penginapan yang satu ini bisa Anda dapatkan di rentan harga Rp.185.000 hingga Rp.240.000 saja untuk permalam nya.

3. Betah Homestay

Bagi Anda yang ingin bermalam didekat kawasan Kawah Ijen maka bisa memilih Betah Homestay ini. Tempat akomodasi yang satu ini memiliki gaya yang sangat instagramable sekali yang bisa Anda dapatkan di Rp.245.000 sampai Rp.258.000 saja.

4. Kampoeng Joglo Ijen

Penginapan terakhir yang kami rekomendasikan adalah Kampoeng Joglo Ijen. Tempat ini sangat asri karena dikelilingi oleh pepohonan dan juga aliran sungai yang ada disitu. Untuk biaya permalam basis Anda dapatkan dengan harga Rp.178.000 saja per malam.

Selain tempat akomodasi yang kami sebutkan diatas tentu saja masih ada banyak pilihan akomodasi lainnya yang bisa Anda pilih. Tetapi pilihan kami diatasi berdasarkan jarak yang paling dekat dengan lokasi wisata kawah tersebut.

Dengan biaya yang sangat terjangkau membuat berwisata ke kawasan Ijen ini sangat bisa Anda lakukan. Karena mulai dari harga tiket dan juga akomodasi yang tersedia bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau sehingga sangat ramah dikantong.

Untuk itu bagi Anda yang masih bingung untuk memilih tempat rekreasi yang paling cocok, maka bisa memilih tempat yang kami rekomendasikan ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit banyak orang yang telah banyak berkunjung ke Kawah Ijen ini.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *