Nepal van Java, Wisata Alam Eksotis di Lereng Gunung Sumbing

Nepal van Java adalah salah satu tempat wisata yang tengah ramai di kunjungi oleh banyak orang pada saat ini. Wisata yang satu ini dijuluki demikian karena memiliki tempat yang sangat mirip seperti apa yang ada di negara asalnya yaitu Nepal.

Tempat wisata yang satu ini sebenarnya adalah sebuah perkampungan yang tepat di lereng Gunung Sumbing yang berada di dusun Butuh. Tempat yang satu ini adalah salah satu objek yang paling dicari oleh para pemburu spot foto keren untuk Instagram.

Dusun Butuh adalah salah satu perkempungan yang sangat unik bila mana di lihat dari kejauhan seolah tempat tersebut adalah sebuah perkampungan yang bertumpuk satu sama lain sehingga menciptakan kesan yang aesthhetic karena ada di lereng gunung.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar kota dan beberapa ada yang dari mancanegara. Para wisatawan datang setiap harinya ke lokasi yang dibilang mirip dengan apa yang ada di Nepal sehingga di sebut Nepal van Java.

Berikut Lokasi Nepal van Java

Wisata viral yang satu ini memiliki alamat lengkap di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang Jawa Tengah. Tempat wisata alam eksotis ini menjadi salah satu tempat yang paling ramai di kunjungi apabila cuaca sedang cerah.

Apabila sebelumnya Anda pernah berkunjung ke tempat wisata Silancur Highland, maka kawasan tersebut tidak berlokasi jauh dari kawasan wisata Dusun Butuh ini karena masih terletak satu kecamatan dengan jarak tempuh yang relatif cukup singkat.

Ada dua opsi bagi para pengunjung yang ingin datang ke tempat Nepal van Java ini yaitu bisa melalui arah Semarang, dan juga bisa ditempuh melalui arah Yogyakarta yang keduanya sama-sama memiliki akses yang sudah bisa dilalui dengan cukup mudah.

Jika pengunjung yang datang dari arah Yogyakarta maka memerlukan perjalanan dengan waktu tempuh selama 2 jam. Sedangkan jika pengunjung datang dari arah Semarang melalui tol maka waktu tempuh perjalanan memakan waktu hingga 2,5 jam.

Apabila pengunjung sudah sampai di pusat Kota Magelang, maka pengunjung tinggal mengikuti rute menuju Pasar Kaliangkrik saja yang dimana jarak tempuh antara pusat Kota Magelang menuju Pasar Kaliangkrik memiliki jarak tempuh 12 kilometer dari kota.

Jika sudah berada di Pasar Kaliangkrik maka pengunjung tinggal mengikuti jalur hingga sampai di sekolah dasar Desa Temanggung. Untuk sampai di kawasan Nepal van Java maka pengunjung ambil rute arah kanan kemudian naik sekitar 6 kilometer lagi.

Pengunjung terus naik menuju arah basecamp Gunung Sumbing via jalur Dusun Butuh. Sementara untuk lokasi dari kawasan wisata Dusun Butuh yang viral tersebut hanya berjarak sekitar 400-500 meter saja dari basecamp Gunung Sumbing Dusun Butuh ini.

Harga Tiket Masuk Nepal van Java

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan apabila berkunjung ke tempat yang satu ini. Salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan adalah berfoto dengan background perkampungan Dusun Butuh yang ada di bawah lereng Gunung Sumbing.

Sementara untuk tiket masuk kawasan Nepal van Java juga bisa dikatakan cukup terjangkau. Karena untuk bisa sampai sini Anda hanya memerlukan sedikit uang yang digunakan untuk beberapa tarif seperti yang berikut ini.

1. Harga tiket masuk: Rp.8.000

2. Parkir sepeda motor: Rp.3.000

3. Parkir mobil: Rp.10.000

4. Jasa ojek: Rp.10.000-Rp.30.000

5. Teras Nepal: Rp.2.000

Beberapa tempat estetik yang bisa Anda gunakan untuk spot berfoto di kawasan Nepal van Java ini adalah seperti di Gapura Dusun Butuh, Teras Nepal, Teras Masjid, Taman Depok, dan Gapura Pendakian Gunung Sumbing via Dusun Butuh ini.

Disekitaran kawasan ini juga menyediakan beberapa macam kedai yang bisa Anda singgahi untuk mengisi perut setelah puas berkeliling dikawasan yang satu ini. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dikantong dan rasanya juga sangat enak.

Perlu Anda ketahui bawah jalur Nepal van Java yang ada di Dusun Butuh ini juga sekaligus sebagai jalur pendakian Gunung Sumbing via Dusun Butuh. Dan apabila pengunjung ingin melakukan pendakian maka ada biaya registrasi sebesar Rp.15.000.

Selain itu disini juga tersedia fasilitas basecamp dan parkir yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Jika Anda ingin mengunjungi kawasan wisata yang satu ini maka Anda perlu melakukan beberapa persiapan yang cukup penting seperti berikut ini.

Tips Saat Akan Berkunjung ke Nepal van Java

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap pengunjung yang akan datang ke tempat wisata eksotis yang ada di lereng Gunung Sumbing yang satu ini.

Maka dari itu agar kegiatan wisata ke Nepal van Java dapat berjalan dengan baik dan lancar, maka Anda harus melakukan beberapa persiapan dan juga harus mengetahui beberapa hal seperti yang akan kami sampaikan di bawah ini.

1. Periksa Kondisi Kendaraan Terlebih Dahulu

Hal yang harus diperhatikan setiap wisatawan adalah cek kondisi kendaraan yang akan dipakai dan pastikan kendaraan tersebut dalam kondisi prima dan kuat menanjak karena wisata yang ada di Dusun Butuh ini terletak di ketinggian 1.600 mdpl.

2. Waspada Rem Blong

Karena letaknya yang berada dikawasan dataran tinggi pegunungan maka pengunjung yang datang ke tempat ini harus mewaspadai terjadinya rem blong di kendaraan mereka. Pastikan pengunjung membawa kendaraan dalam kondisi yang normal dan juga prima.

3. Berkunjung Saat Cuaca Cerah

Tips berikutnya yang harus Anda ketahui adalah supaya berkunjung di saat kondisi cuaca sedang cerah. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca yang cerah akan membuat view dari Gunung Sumbing dapat terlihat dengan lebih jelas sehingga hasil foto lebih bagus.

4. Datang Pada Pagi Hari

Pengunjung juga disarankan untuk mengunjungi kawasan wisata yang satu ini pada pagi hari. Karena selain bisa menikmati suasana alam dengan udara yang sejuk, matahari yang berada di timur juga akan membuat foto terlihat lebih bagus hasilnya.

5. Ramah Kepada Masyarakat

Tips terakhir yang harus diketahui oleh setiap pengunjung adalah dengan menjaga tutur kata perilaku dan harus ramah kepada masyarakat lokal. Karena kawasan wisata ini masih terletak di perkampungan sehingga harus tetap menjaga kesopanan di tempat ini.

Jadi itulah beberapa tips yang harus diketahui oleh semua pengunjung yang ingin singgah di tempat wisata viral yang satu ini. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata alam dengan menikmati suasana yang sangat sejuk.

Pastinya tempat yang satu ini jarang sekali ditemui ditempat manapun di Indonesia. Karena suasana perkampungan Dusun Butuh yang terletak di bawah kaki Gunung Sumbing sangatlah mirip seperti kondisi yang ada di negara Nepal.

Sehingga tidak heran apabila banyak wisatawan yang datang setiap harinya ke tempat ini meskipun kondisi hujan sekalipun. Karena tempat ini sangatlah cocok untuk dikunjungi dan pantas saja dijuluki sebagai Nepal van Java.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *