Ini Dia 5 Cara Mudah Mendapatkan Akses Internetan Saat Liburan ke Luar Negeri, Point 5 Traveler Wajib Tahu
banner 468x60

Apa yang kamu lakukan ketika mendapat libur yang panjang? Menikmati me time, berkebun, menghabiskan waktu bersama kerabat dekat, atau pergi liburan ke luar negeri? Untuk sebagian orang, liburan ke luar negeri merupakan opsi yang paling tepat untuk melepas penat dari lelahnya bekerja. 

Liburan ke luar negeri memiliki beberapa keuntungan seperti pengalaman, wawasan, dan pengetahuan yang tidak diketahui di negeri sendiri. Selain itu, kamu juga bisa melihat secara langsung landmark-landmark terkenal di seluruh dunia, merasakan dinginnya salju, mencoba makanan khas di negeri tersebut, atau sekedar berjalan-jalan di taman dan berbicara dengan penduduk lokal. Oleh karena itu, banyak orang-orang yang rela menabung dan mempersiapkan liburan ke luar negeri jauh-jauh hari.

banner 336x280

Namun, ketika liburan ke luar negeri, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan ketika hendak liburan ke luar negeri, salah satunya yaitu internet. Terdapat beberapa cara untuk mengakses internet di luar negeri.

Cara Mendapatkan Akses Internetan Saat Liburan ke Luar Negeri

Buat kamu yang hendak liburan ke luar negeri dan ingin tetap selalu online di internet, ini dia 5 cara mendapatkan akses internetan saat liburan ke luar negeri.

1. Manfaatkan WiFi di Tempat Penginapan

Saat pergi ke luar negeri, pastinya kamu akan membutuhkan tempat tinggal sementara atau tempat penginapan untuk tidur. Pada umumnya, penginapan di luar negeri (terlebih lagi tempat wisata) pasti menyediakan jaringan internet gratis berupa WiFi untuk para pengunjung yang menginap. Fasilitas WiFi juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung, sehingga hotel atau tempat penginapan lainnya menjadikan WiFi sebagai nilai tambah. Cari tahu cara WiFi tersambung tanpa internet dapat diatasi dengan mudah.

internet luar negeri

Jika kamu membutuhkan jaringan internet, kamu bisa menggunakan WiFi penginapan sebagai jaringan utama untuk berbagai tujuan seperti rekreasi, edukasi, maupun bisnis. Karena jaringan WiFi di tempat penginapan ditujukan untuk para pengunjung, maka tidak heran kecepatan internetnya mengalami penurunan kecepatan dikarenakan bandwidth internet terbagi-bagi dengan pengunjung yang lain. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan waktu menggunakan internet pada jam-jam lengang seperti tengah malam atau pagi hari agar kecepatannya maksimal. Namun, jika kamu berada di penginapan yang memiliki jaringan di setiap kamar, maka kamu bisa menggunakannya internet dengan nyaman.

 2. Menggunakan WiFi di Tempat Umum

Selain ada di tempat penginapan, jaringan internet juga bisa didapatkan di tempat-tempat umum dan fasilitas publik seperti bandara, taman, transportasi umum, tempat hiburan bahkan museum. Biasanya, jaringan internet yang berada di tempat umum berupa WiFi, karena WiFi merupakan jaringan yang tepat untuk digunakan banyak orang dalam satu tempat. Keberadaan jaringan WiFi di tempat umum bisa kamu gunakan untuk bersosial media, chatting, atau mengirim e-mail yang sifatnya tidak membutuhkan pekerjaan yang berat. Simak tips menggunakan WiFi bandara.

internet luar negeri

Jaringan WiFi publik pada umumnya tidak menggunakan keamanan yang rumit, sehingga kamu bisa menggunakan jaringan WiFi publik tanpa memasukan password. Karena hal itu, keamanan WiFi publik tidak terjamin dengan baik sehingga jaringan internet di tempat umum rentan terhadap serangan siber. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan WiFi di tempat umum.

3. Menggunakan Jaringan Roaming

Mungkin untuk beberapa orang, menggunakan jaringan internet publik seperti di tempat bandara, taman, maupun transportasi umum merupakan jaringan internet yang sifatnya opsional dan hanya dipakai ketika sedang dibutuhkan saja. Supaya tetap terhubung meski sedang ke luar negeri, kebanyakan para traveler menggunakan jaringan roaming. Jaringan roaming adalah jaringan internet yang menggunakan operator jaringan internasional tapi masih berasal dari SIM card yang sama.

internet luar negeri

Biasanya, jaringan roaming ini dipilih oleh para traveler karena enggan untuk membeli SIM card lokal atau menggunakan jaringan WiFi publik yang rentan diretas. Keuntungan menggunakan layanan roaming yakni mudah digunakan, tidak perlu membeli paket internet tambahan, atau membeli kartu SIM lokal. Namun, kekurangan menggunakan layanan roaming yaitu penggunaannya yang boros yang bisa mengakibatkan tagihan kamu jebol.

4. Membeli Kartu SIM Lokal

Selain menggunakan jaringan internet publik dan layanan roaming, kamu juga bisa mengaktifkan internet dengan membeli kartu SIM lokal. Kamu dapat membeli kartu SIM lokal yang di dalamnya sudah terdapat paket internet untuk digunakan di negara tempat kamu liburan. Tapi sebelum itu, pastikan handphone kamu sudah support dual SIM, jika kamu membeli kartu SIM lokal yang masih berbentuk fisik.

internet luar negeri

Sama seperti jenis jaringan internet luar negeri lainnya, membeli kartu SIM lokal juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Keuntungan menggunakan kartu SIM lokal yaitu lebih mudah mendapat sinyal. Hal ini dikarenakan infrastruktur kartu SIM lokal lebih baik sehingga kecepatan internet ketika menggunakan SIM card lokal lebih stabil. Selain itu, harga kartu SIM lokal lebih murah dibandingkan menggunakan jaringan roaming. Namun, kekurangan menggunakan kartu SIM lokal yaitu ribet untuk mengganti kartunya. Terlebih, jika handphone kamu tidak mendukung dual-sim sehingga mau tidak mau kamu harus mengorbankan slot kartu utama dengan kartu SIM lokal hanya untuk mengakses internet di luar negeri.

5. Menggunakan Global WiFi by JavaMifi

Dari beberapa opsi di atas untuk mengakses internet di luar negeri, terdapat cara yang lebih ampuh untuk menangani permasalah menggunakan internet di luar negeri yaitu menggunakan Global WiFi. Global WiFi adalah penyedia internet luar negeri yang berbentuk modem sehingga mudah dibawa ke mana-mana saat liburan ke luar negeri. Selain itu, biaya sewa Global WiFi bisa dibilang setara atau bahkan lebih murah dibandingkan menggunakan layanan roaming, mobile hotspot, atau membeli SIM card lokal.  Dengan harga Rp.25.000 kamu sudah dapat menikmati internet di luar negeri hingga 100 GB. Cari tahu perbedaan WiFi dan MiFi.

internet luar negeri

Untuk menemani perjalanan liburan kamu ke luar negeri, kamu harus memiliki koneksi internet yang stabil dan unlimited. Maka dari itu, gunakan Global WiFi by JavaMifi. Global WiFi by JavaMifi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global Wifi dapat menjangkau lebih dari 200 negara. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi by JavaMifi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagai internet dengan keluarga kamu. Ditambah, Global WiFi by JavaMifi memiliki kuota internet yang unlimited dan sinyal yang kuat sehingga kamu tidak terganggu dengan notif kuota internet habis atau sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global WiFi ini yaitu cara penggunaanya yang mudah. Cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect. Jika kamu mengalami kendala, kamu bisa menghubungi CS Support yang siap siaga selama 24 jam.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

banner 336x280
News, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *