7 Tips Memilih Wifi Backup sebagai Internet Cadangan 2024
banner 468x60

Kebutuhan internet menjadi sangat vital untuk berbagai bidang, salah satunya yaitu bisnis. Di era sekarang, kehadiran internet sangat dibutuhkan karena membantu operasional perusahaan terutama para pekerja di kantor. Hampir semua divisi di perkantoran membutuhkan koneksi internet untuk berkomunikasi dengan partnership, klien, dan sebagainya. Maka dari itu, penting di dalam lingkungan perkantoran mempunyai jaringan internet wifi sebagai alat komunikasi bisnis. 

Meski begitu, mempunyai backup wifi merupakan hal yang wajib bagi setiap perusahaan. Wifi backup adalah perangkat wifi yang dapat memberikan koneksi internet untuk sementara waktu dengan kecepatan yang stabil dan dapat sharing internet hingga beberapa device. Ketahui penyebab kenapa internet lambat. Wifi backup ini sangat penting ketika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik atau hal lain yang menyebabkan jaringan internet di kantor terhenti.

banner 336x280

Tips Memilih Wifi Backup sebagai Internet Cadangan

Saat ini terdapat berbagai provider internet yang menyediakan koneksi internet yang bisa dijadikan sebagai wifi backup. Untuk itu, berikut adalah tips untuk memilih wifi backup sebagai internet cadangan.

1. Kecepatan Internet

Saat memilih wifi backup, pastikan kamu mengetahui berapa kecepatan internet yang ditawarkan. Karena terdapat berbagai macam provider internet yang menyediakan kecepatan internet yang berbeda-beda tergantung paket yang dipilih.

internet wifi backup

 Agar lebih nyaman, pilih wifi backup yang sudah memiliki jaringan 4G LTE untuk GSM atau EVDO untuk CDMA. Atau jika tersedia, pilihlah wifi backup yang sudah memiliki 5G. Semakin tinggi jaringan internetnya, maka semakin bagus. 

2. Connect and Play

Wifi backup yang bagus adalah wifi yang tidak memerlukan proses instalasi yang rumit, baik itu menggunakan driver CD-ROM atau port USB. Terlebih lagi, wifi backup yang baik adalah wifi yang langsung bisa digunakan. Untuk itu, pilihlah wifi backup yang praktis. 

Sekarang, sudah banyak bermunculan provider internet yang menyediakan jaringan internet berupa Mifi. Mifi adalah perangkat portabel yang berfungsi sebagai router nirkabel atau perangkat yang mengirimkan data internet yang terhubung menggunakan jaringan seluler seperti 3G,4G, 5G dan lain-lain. Cara menggunakan Mifi pun cukup mudah, cukup nyalakan modem dan internet langsung connect. Dengan begitu, Mifi dapat dijadikan sebagai wifi backup. Simak perbedaan Mifi dan WiFi.

3. Sinyal Operator yang Stabil

Satu hal yang sering dilewatkan oleh para user yaitu kesesuaian antara infrastruktur operator dengan lokasi wifi backup yang digunakan. Sering kali terjadi di perkantoran bahwa jaringan internet yang digunakan sinyalnya lemah, sehingga berpengaruh terhadap para pekerja. Hal ini dikarenakan kekuatan sinyal operator berbeda-beda di setiap wilayahnya.

internet wifi backup

Untuk itu, ada baiknya Globers mengetahui operator mana saja yang memiliki sinyal yang kuat di lokasi perusahaan tempat Globers bekerja. Pemilihan operator ini sangat penting untuk menghindari kerugian karena budget yang terbuang percuma dan koneksi internet yang tidak stabil. Tentunya Globers tidak mau hal tersebut terjadi bukan? 

4. Sistem Operasi yang Kompatibel

Selain terkait sinyal operator, pastikan juga wifi backup yang Globers miliki juga mendukung operasi sistem yang kompatibel. Caranya yaitu dengan mengetahui bahwa perangkat wifi backup tersebut bisa kompatibel untuk sistem operasi Windows, Mac OS, atau Linux. Meski terdengar sepele, tapi hal ini perlu Globers perhatikan dengan cermat.

internet wifi backup

Namun, pada umumnya hampir semua wifi backup dari berbagai bentuk termasuk modem, sudah mendukung sistem operasi Windows dan Mac OS. Sementara untuk pengguna Linux atau Unix, harus lebih berhati-hati dalam memilih wifi backup yang cocok. Karena tidak semua modem cocok digunakan untuk operasi sistem tersebut.

5. Desain Minimalis

Selain fungsionalitasnya, sebuah produk juga dinilai berdasarkan look atau tampilannya. Desain yang ergonomis membuat sebuah produk memiliki nilai tambah. Begitu juga dalam memilih wifi backup. 

Desain sebuah produk tidak hanya terpaku pada segi warna saja, melainkan dari sisi fisik. Contohnya seperti berat, ringan, lebar, tinggi, dan lain-lain. Untuk sebuah wifi backup sendiri, Globers bisa memilih modem yang ringan, mudah dipindahkan, dan tetap memiliki fungsi yang sama seperti wifi utama. 

6. Mudah Digunakan

Semua orang pasti ingin menggunakan sebuah produk teknologi dengan mudah. Sama seperti penggunaan modem atau hotspot portabel yang mudah dipasang atau dioperasikan. 

Pada umumnya, kebanyakan wifi backup yang ada sekarang memiliki proses instalasi atau pemasangan yang lebih mudah. Pemakaian wifi backup yang praktis tersebut tidak mengharuskan pengguna untuk melakukan proses instalasi yang rumit seperti menginstall driver terlebih dahulu atau melalui disc yang terpisah.

7. Sesuaikan Budget

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih wifi backup sebagai internet cadangan yaitu sesuaikan dengan budget yang ada. Jika Globers berada di daerah atau wilayah yang memiliki infrastruktur yang kurang memadai dan hanya tersedia jaringan 3G, Globers dapat memilih modem dengan jaringan 3G saja. Sedangkan jika Globers berada di daerah yang memiliki fasilitas infrastruktur teknologi yang lebih modern dengan tersedianya jaringan 4G atau bahkan 5G, Globers dapat memilih wifi backup atau modem yang sudah memiliki jaringan GSM +, 4G LTE, atau 5G. 

internet wifi backup

Globers udah tahu belum, kalau JavaMifi juga memiliki wifi backup lho. Namanya Mobile WiFi Indonesia by JavaMifi. Mobile WiFi by JavaMifi Indonesia adalah modem broadband yang dapat digunakan di rumah, mobil, apartemen, kantor, bahkan saat meeting. Mobile Wifi Indonesia by JavaMifi ini mudah digunakan dan langsung connect lho. Selain itu, Mobile WiFi Indonesia by JavaMifi juga sudah menjangkau seluruh kota di Indonesia, serta dapat dikirim dengan free delivery service ke rumah lho Globers.

Dengan harga mulai dari Rp.199.000 kamu akan mendapat kuota internet hingga 50GB. Jika kamu mengalami kendala dalam menggunakan Mobile WiFi Indonesia by JavaMifi, kamu dapat menghubungi CS Support yang selalu siap siaga selama 24 jam.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

banner 336x280
Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *