Daftar Negara dengan Akses Internet Tercepat di Dunia

Di era serba digital seperti sekarang kecepatan internet menjadi salah satu faktor krusial. Pasalnya, saat ini internet tidak hanya digunakan sebagai media hiburan, melainkan sudah menjadi bagian dari infrastruktur komunikasi serta pendorong pertumbuhan ekonomi bagi sebagian besar kalangan.

Bisa dibayangkan betapa repotnya jika akses internet tersendat-sendat. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kualitas informasi yang menyebabkan timbulnya kerugian. 

Di Indonesia sendiri saat ini memiliki rata-rata kecepatan internet mobile sebesar 22,14 Mbps. Hampir sepuluh kali lipat jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan negara dengan koneksi internet tercepat di dunia.

Berikut ini merupakan daftar negara dengan akses internet tercepat di dunia berdasarkan data Speedtest Global Index. Data pengujiannya sendiri dilakukan pada bulan Juli 2021.

Negara dengan Akses Internet Tercepat di Dunia

Langsung saja, yuk kita cari tahu negara mana saja yang memiliki koneksi internet tercepat di dunia.

1.Uni Emirat Arab (193,51 Mbps)

Berdasarkan data Speedtest Global yang dirilis pada Juli 2021, negara dengan akses internet tercepat di dunia ditempati oleh Uni Emirat Arab. Tercatat, kecepatan internet mobile di negara penghasil minyak tersebut ada di angka 193,51 Mbps (Megabit per second).

Angka tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata kecepatan internet di dunia pada periode yang sama, dimana hanya berkisar antara 55,34 Mbps untuk download dan 12,69 Mbps untuk upload.

2.Korea Selatan (180,48 Mbps)

Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia dengan kecepatan internet mobile kelas dunia. Bahkan, koneksi mobile negara ginseng beberapa tahun silam sempat menjadi yang terbaik di dunia.

Saat ini Korea Selatan dinobatkan sebagai juara kedua negara dengan internet mobile paling cepat menurut Speedtest Global. Adapun kecepatan rata-rata yang dinikmati oleh penduduk Korea Selatan setiap harinya ada di kisaran angka 180,51 Mbps. 

3.Qatar (171,76 Mbps)

Qatar
Qatar

Sejak tahun 2007 Qatar sudah mendapat predikat sebagai “most connected country” di seluruh benua Asia. Pertumbuhan dan perkembangan internet di negara ini sendiri bisa dibilang cukup pesat setiap tahunnya dengan dukungan Ooredoo sebagai provider telekomunikasi.

Adapun perkembangan terbaru dari hasil pengujian Speedtest Global pada bulan Juli 2021 silam, mendapati bahwa mayoritas penduduk Qatar sudah menikmati kecepatan internet mobile hingga 171,76 Mbps.

Data tersebut otomatis menempatkan Qatar sebagai negara tiga besar dengan kualitas internet mobile terbaik di seluruh dunia.

4.Norwegia (167,6 Mbps)

Norwegia
Norwegia

Negara dengan koneksi internet tercepat berikutnya adalah Norwegia. Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Speedtest Global, mayoritas penduduk di Norwegia saat ini sudah bisa menikmati koneksi internet dengan kecepatan hingga 167,6 megabit per detik (Mbps).

Angka tersebut tentu lebih dari cukup untuk melakukan streaming video berkualitas tinggi tanpa buffering serta melakukan upload berbagai jenis file pekerjaan dalam waktu singkat. 

Berkat dukungan infrastruktur internet yang baik, maka tidak heran jika saat ini negara yang berada di kawasan Skandinavia tersebut menjadi salah satu tempat dengan kualitas hidup terbaik di dunia.

5.Siprus (161,8 Mbps)

Siprus
Siprus

Ketika mayoritas penduduk di Indonesia masih mengeluhkan susah sinyal, di sisi lain masyarakat di Republik Siprus sudah jauh lebih maju dengan kecepatan internet hingga 161,8 Mbps. 

Predikat sebagai salah satu negara dengan akses internet tercepat di dunia ini tidak semata-mata diperoleh Republik Siprus dalam semalam. Beberapa tahun silam, mereka juga pernah merasakan hari-hari dimana kecepatan internet hanya berkisar 4 Mbps.

6.Tiongkok (159,47 Mbps)

Tiongkok
Tiongkok

Sebagai salah satu pemimpin ekonomi dunia, tidak heran jika Tiongkok masuk dalam jajaran negara dengan akses internet tercepat di dunia. 

Untuk menunjang kebutuhan ekosistem digital serta produksi manufaktur berbasis teknologi, Tiongkok tercatat sudah mengembangkan infrastruktur internet mobil hingga menyentuh rata-rata sebesar 159,47 Mbps atau tercepat keenam menurut Speedtest Global.

Pencapaian tersebut tentu sangat luar biasa mengingat Tiongkok memiliki cakupan wilayah yang sangat luas dengan berbagai tantangannya.

7.Arab Saudi (153,18 Mbps)

Arab Saudi
Arab Saudi

Arab Saudi tidak hanya kaya akan kandungan minyaknya. Menilik dari data Speedtest Global, negara tujuan utama bagi setiap umat muslim di dunia tersebut memiliki kecepatan internet hingga 153,18 megabit per detik (Mbps) yang siap digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan.

Sejauh ini, Arab Saudi sendiri memang belum termasuk dalam jajaran negara yang memiliki peran besar soal kemajuan teknologi digital. Akan tetapi, ketersediaan infrastruktur internet mobil yang sangat baik bisa menjadi modal penting untuk mendukung pariwisata serta kebutuhan komunikasi masyarakat yang tinggal di sana.

8.Kuwait (137,51 Mbps)

Kuwait
Kuwait

Sebagai negara di kawasan Timur Tengah yang memiliki jumlah penduduk sekitar 4,2 juta jiwa, Kuwait memiliki peningkatan cukup serius dalam hal kecepatan akses internet mobile. 

Ketika sedang liburan atau melakukan urusan bisnis di Kuwait, kamu akan mendapatkan dukungan akses internet mobile hingga 137,51 Mbps. Angka ini tentu jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata kecepatan internet di Indonesia.

9.Australia (127,14 Mbps)

Australia
Australia

Australia merupakan salah satu negara yang cukup dekat dengan Indonesia. Meski begitu, jika bicara soal infrastruktur internet mobile, negeri kanguru unggul jauh dengan rata-rata kecepatan mencapai 127,14 Mbps.

Angka tersebut diperoleh dari data Speedtest Global yang dirilis pada bulan Juli 2021, sehingga ada peluang bahwa saat ini kecepatan internet di Australia semakin meningkat lagi.

10.Luksemburg (112,64 Mbps)

Luksemburg
Luksemburg

Negara-negara di kawasan Eropa saat ini memang sudah memiliki akses internet dengan kecepatan tinggi. Nah, salah satu negara yang paling maju soal koneksi internet adalah Luksemburg.

Sebagai informasi, Luksemburg sendiri merupakan salah satu negara terkecil di Eropa dengan luas hanya sekitar 2.586 km2. Kendati demikian, berdasarkan data pengujian Speedtest Global mayoritas penduduknya saat ini sudah bisa menikmati akses internet hingga 112,64 megabit per detik (Mbps).

Itulah berbagai negara yang dinobatkan memiliki akses internet tercepat di dunia berdasarkan data Speedtest Global yang dirilis pada Juli 2021. Jika kamu sedang berada di salah satu negara dengan akses internet tercepat seperti di atas, aktivitas browsing seperti apa yang akan kamu lakukan?

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *