Jenis Visa Turki dan Bagaimana Cara Membuatnya

Visa Turki merupakan syarat wajib bagi wisatawan Indonesia yang ingin mengunjungi Cappadocia atau Hagia Sophia. Menariknya mulai Januari 2022, Anda dibebaskan dan diberikan izin tinggal sesuai ketentuan berlaku.

Seperti diketahui bahwa, Visa merupakan dokumen perizinan bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu negara, mengapa sangat penting? Karena berisi identitas serta berapa lama mereka diperbolehkan tinggal.

Dengan dibebaskannya dokumen tersebut, membuat para pengunjung dapat menghemat biaya perjalanan. Seperti diketahui, biaya pembuatannya sendiri mulai dari Rp100 ribu, tergantung dari negara tujuannya mana, paling mahal Rp1 juta.

Bila dana tersebut berkurang, maka pengeluaran juga lebih hemat, apalagi Turki dikenal dengan negeri islam paling indah. Rasanya, mendengar kabar tersebut sedikit lega, setidaknya saat pergi ke sana sedikit terjangkau.

Bebas Visa Turki Perhatikan Ini

Sebelum memutuskan pergi dan membuat dokumen penting ini, perhatikan dulu berbagai ketentuannya seperti apa. Dengan begini, Anda tidak akan melanggar berbagai macam ketentuan yang sudah ditetapkan, seperti

1. Izin tinggal untuk wisatawan Indonesia adalah 90 sampai 180 hari, tetapi dengan kebebasan ini Pemerintah Turki hanya memperbolehkan untuk menetap selama 30 hari saja

2. Perlu diketahui, bebas Visa Turki ini hanya untuk wisatawan dengan tujuan pariwisata saja, selebihnya mengikuti ketentuan aturan yang berlaku yaitu mengurusnya langsung ke kedutaan, misalnya untuk belajar atau bekerja.

3. Tidak perlu adanya formulir kesehatan, Anda langsung dapat masuk begitu saja.

4. Paspor harus aktif setidaknya 150 hari kedepan, perhitungannya dimulai sejak kedatangan wisatawan di Turki. Misal datang bulan akhir Mei, maka harus aktif setidaknya sampai awal November

Jadi mohon diperhatikan terlebih dulu bagaimana ketentuan Visa Turki. Jika sudah lebih dari 30 hari harap segera pulang, bila liburan Andai belum selesai atau masih eksplore lagi, dapat pulang sebentar lalu kembali

Jenis Visa dan Cara Mendapatkannya

Dalam pembuatannya Anda harus mengetahui dulu apa saja jenisnya, karena dalam proses pembuatannya juga berbeda. Termasuk berapa harga yang perlu Anda bayarkan ke pihak pemerintah dan jasa.

Maka dari itu, kami akan membahas secara lengkap apa saja jenis serta bagaimana cara mendapatkannya. Dengan begini Anda dapat menimbang sendiri mana yang diinginkan, dan sesuai kebutuhan.

1. E-Visa

Electronic Visa Turki menjadi pilihan bagi seluruh wisatawan dari berbagai mancanegara karena prosesnya memang sangat mudah. Pemohon bisa melakukannya hanya dari rumah saja, tanpa perlu datang ke dubes.

Tetapi, sebelum proses pembuatannya Anda harus melengkapi beberapa persyaratan terlebih dulu. Seperti, membawa paspor yang masih aktif setidaknya 6 bulan dan harus dalam kondisi bagus, selanjutnya siapkan alat pembayaran.

Bisa berupa Master card, Visa, atau Union Pay Pilih salah satu saja, untuk prosesnya agar cepat. Setelah dua syarat tersebut sudah terselesaikan, saatnya Anda membuat dokumen penting ini, begini caranya.

2. Kunjungi Situs Resminya

Karena pemohon tidak perlu harus datang ke dubes secara offline, maka diwajibkan untuk membuka situs resminya. Lakukan pengajuannya melalui situs resmi di www.evisa.gov.tr. Lanjutkan semua prosedurnya sesuai ketentuan.

Jangan lupa untuk mengisi kolom nama negara indonesia dan ikuti berbagai langkahnya. Selanjutnya, tentukan tanggal kapan Anda akan melakukan prosesnya. Biasanya sudah tertera di sana, tinggal pilih.

Sesuaikan juga dengan waktu Anda sendiri, sehingga tidak perlu mengulanginya dari awal. Berikutnya adalah memberikan informasi secara lengkap. Inilah cara pihak kedubes akan menentukan berapa biayanya.

Dalam mengisi seluruh informasi Visa Turki jangan sampai salah, teliti dulu dengan benar. Setelah itu, nantinya akan keluar berapa biayanya. Kalau memang sudah setuju, langsung pilih menyimpan semua informasi tersebut.

3. Isi Formulir dan Pembayaran

Langkah terakhir, sebagai pelengkap agar pengajuan ini diterima adalah mengisi formulir. Pastikan data diri serta isiannya lengkap, jangan lupa save and continue. Nantinya akan dikonfirmasi melalui email.

Poin terakhir yang harus dilakukan oleh wisatawan adalah melakukan pembayaran. Inilah alasannya mengapa Anda harus mempunyai kartu kredit. Karena untuk membayarnya akan terpotong dari sini, nilainya kurang lebih 25,70 USD.

Berikutnya tinggal menunggu konfirmasi dari kedubes yang nantinya akan dikonfirmasi melalui email yang sudah terdaftar. Bila sudah berhasil maka, pemohon bisa langsung mencetaknya. Bagaimana cukup mudah bukan caranya?

4. Visa On Arrival

Berikutnya ada Visa Turki On Arivval, artinya Anda tidak perlu kemana-mana, baik itu ke Kedubes atau melalui online, cukup melakukan prosesnya saja di Bandara setempat, sangat mudah sekali bukan?

Jadi, setelah tiba di Bandara, Anda akan diarahkan ke kantor pembuatan VOA. Nantinya pemohon akan diminta melakukan pembayaran dengan nominal kurang lebih 35 USD. Setelah itu, siapkan paspor.

Nantinya, pihak VOA akan melakukan cap stempel di bagian lama kosong dokumen tersebut. Perlu diketahui, waktu tinggal hanya diizinkan selama 30 hari saja. Harus diakui sedikit lebih mahal dibandingkan online.

Tetapi, bila melihat dari sisi kemudahan dan waktu. Pengurusan di Bandara seperti ini memang lebih efektif, karena dari sisi waktunya sendiri jauh lebih cepat. Setidaknya hanya perlu waktu beberapa jam.

Banyak wisatawan yang sering membuat Visa Turki di Bandara, hanya saja lihat dulu waktunya. Misalkan, saat liburan pasti banyak orang akan datang sehingga membutuhkan antrian cukup panjang.

5. Melalui Travel Agent

Pilihan terakhir adalah melalui travel agent, saat ini sudah banyak yang melakukannya sebagai salah satu upaya menjaring wisatawan. Hanya saja, sebelum membuat cari tahu terlebih dulu informasinya agar tidak salah.

Karena negara ini sendiri mempunyai beberapa kebijakan hanya pihak ketiga saja yang diperbolehkan untuk membuatnya. Untuk tahap pengurusannya sendiri sebenarnya sangat mudah, perhatikan berbagai persyaratannya, meliputi

• Paspor Asli

• Rekening Koran 3 bulan terakhir

• Fotokopi KTP, KK, akta kelahiran

Dokumen tersebut diperlukan sebagai data pihak travel agent agar pengurusan di sana dapat berjalan dengan lancar. Prosesnya sendiri juga cukup singkat, sayangnya biaya jasanya cukup mahal.

Tetapi, akan sebanding karena tidak perlu lama menunggu. Jangan lupa untuk membawa berkas kembali Anda sehingga tidak disalahgunakan. Satu catatan penting yang perlu diketahui adalah lihat travel agent tersebut.

Artinya Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih. Penipuan semacam ini sekarang sangat banyak mereka melakukan berbagai macam janji, tetapi hasilnya sangat mengecewakan jangan melihat soal harga.

Lebih baik bertanya kepada teman atau keluarga lain yang pernah melakukan perjalanan dan mengurus Visa Turki di Travel Agent. Mungkin, uang tidak seberapa tetapi data Anda sangat penting dan berharga.

Berikut Kemudahan Proses Pembuatan Dokumen

Proses pembuatan dokumen penting bagi wisatawan ini sangat penting, baik dari sisi wisatawan atau pengelola objek. Keduanya dapat saling bertemu dan berinteraksi satu sama lain tanpa harus terhalang soal biaya.

Tetapi, perlu diketahui bila Anda adalah wisatawan yang baru pertama kali pergi ke kawasan Asia-Eropa ini maka kami menyarankan agar dalam proses pembuatan Visa Turki melalui sistem elektronik saja.

Lebih aman dan pastinya mendapatkan jaminan keamanan, dibandingkan dengan travel agent atau pergi langsung ke Bandara. Jika, masih bingung langsung saja melakukan proses ke kedubes. Nantinya, Anda akan diarahkan.

Harus diakui Laut merah, Hagia Sophia, dan lain sebagainya merupakan destinasi yang sangat indah, apalagi Cappadocia yang terlihat mengesankan. Tetapi, sebelum menikmatinya perhatikan dulu cara membuat Visa Turki tersebut.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *