Budget 5 Juta Bisa Keliling Asia Tenggara Lho, Ini Tipsnya!

JavaMifi – Keliling Asia Tenggara menjadi pilihan terbaik buat kamu yang mau jalan-jalan ke luar negeri tetapi memiliki budget yang pas-pasan. Selain alasan visa, keliling Asia Tenggara bisa terbilang murah karena memiliki nilai mata uang yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Lalu, apa bisa keliling Asia Tenggara hanya dengan budget Rp 5 jutaan?

Sebenarnya keliling Asia Tenggara bisa menjadi murah ataupun mahal tergantung gaya kamu bertahan hidup di luar negeri. Namun kalau Globers mau menghabiskan uang sehemat-hematnya, ada baiknya kamu harus dapat berstrategi sebelum memulai keliling Asia Tenggara. Apa saja yang harus dipersiapkan? Yuk disimak penjabaran berikut ini.

Cari Promosi

Ini salah satu bagian terpenting dari rencana keliling Asia Tenggara dengan budget mepet. Kamu harus awas dengan berbagai promosi yang ada pada platform-platform travelling. Kalau beruntung, rencana jalan-jalan keliling Asia Tenggara dengan budget 5 jutaan bisa terwujud. Biasanya, kamu bisa menemukan tiket perjalanan pulang-pergi seharga Rp 500 ribu – Rp 700 ribu sekali jalan atau Rp 1 juta – Rp 1,4 juta untuk dua kali perjalanan.

Pesawat: Rp 1 juta – Rp 1,4 juta

 

Susun Itinerary Sekali Jalan

1. Singapura

Untuk keliling Asia Tenggara, Itinerary yang biasa digunakan biasa dipilih dimulai dari Malaysia ataupun Singapura. Namun untuk pertama kali, lebih baik coba memulai dari Singapura. Untuk menikmati perjalanan keliling Asia Tenggara, pastikan kamu mendapatkan tiket ke Singapura pada jam penerbangan subuh hari.

Di Singapura, kamu bisa datang ke Marina Bay Sands, salah satu ikon wisata popular yang ada disana. Selain bisa menikmati pemandangan di sana, banyak street food yang bisa kamu pilih. Jangan khawatir, di sana kamu bisa menemukan berbagai restoran halal seperti yang sudah JavaMifi tulis ini 

Jajan di Singapura: Rp 200 ribu – Rp 500 ribu

 

2. Singapura – Malaysia

Keunggulan dari keliling Asia Tenggara adalah kamu bisa menempuh perjalanan melalui jalur darat. Tentu biaya perjalanan darat ini menjadi kunci keliling Asia Tenggara dengan budget murah. Dari Singapura, kamu bisa naik Sri Maju Group, Starmart Express, ataupun Star Qistna Express dengan biaya sekitar 10 dolar Singapura – 12 dolar singapura atau Rp 100 ribuan – Rp 130 ribuan.

Kamu juga bisa bermalam di Kuala Lumpur dengan harga yang murah, Globers. Karena, di sekitaran sana, tersedia beberapa hostel yang mematok harga 80 Ringgit – 100 Ringgit atau sekitar Rp  270 ribu – Rp 400 ribuan. Di negara serumpun ini, kamu juga bisa lebih leluasa memilih jajanan halal dibanding Singapura.

Malaysia: Rp 100 ribuan – Rp 130 ribuan

 

 3. Malaysia – Thailand

Di Malaysia, kamu bisa naik bus lokal dari Kuala Lumpur menuju Penang (stasiun Butterworth). Dari sana, kamu bisa menuju ke Padang Besar yang merupakan perbatasan Thailand. Dari sana, kamu dikenakan tarif kisaran Rp 100 ribu – Rp 150 ribu. Menariknya dari jalur Padang Besar ini, ada banyak pilihan perjalanan yang bisa kamu tempuh untuk ke Thailand. Anda bisa pergi ke Bangkok ataupun Hat Yai

Malaysia – Thailand: Rp 100 Ribu – Rp 150 ribu

 

4. Thailand – Kamboja

Destinasi Thailand bisa dibilang ramah dengan turis berbudget pas-pasan. Karena negara ini cukup terkenal dengan wisata budaya dan sejarah seperti kuil-kuil yang bisa didatangi secara gratis. Buat kamu yang ingin memperbanyak feed Instagram, kamu bisa menyambangi sekitaran Grand Palace karena banyak tempat yang cukup Instagramable untuk feed kamu.

Jangan buru-buru ingin ke Kamboja, karena moda transportasi antara dua negara ini tidak tersedia dalam 24 jam penuh. Ada baiknya anda menginap di hostel. Jangan khawatir, hostel di Thailand terbilang cukup terjangkau. Untuk harganya, kamu mungkin akan merogoh kocek sekitar Rp 200 ribu – Rp 300 ribu. Sedikit tips untuk mencari hostel di Thailand, pastikan kamu mengecek review mereka di berbagai platform penginapan online.

Paginya, kisaran pukul 09.00 waktu setempat, kamu bisa menggunakan bis ke Kamboja dengan biaya sekitar Rp 400 ribu – Rp 550 ribu. Jangan lupa untuk memastikan baterai gadget kamu penuh sebelum perjalanan. Karena, perjalanan dari Thailand ke Kamboja bisa memakan waktu 8 jam sampai 12 jam, tergantung dari situasi lalu lintas.

Biaya di Thailand dan pergi ke Kamboja: Rp 400 ribu – Rp 550 ribu

 

5. Kamboja

Di Kamboja, sebenarnya ada banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati. Namun untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan, sepertinya kamu gak perlu menghabiskan waktu lama di kota ini dan langsung beranjak ke Vietnam. Untuk itu, ada baiknya kamu menghabiskan waktu di Angkor Wat demi menikmati suasana malam kuil yang magis dan terlalu indah untuk di lewatkan.

Kamu bisa pergi ke Vietnam dengan menggunakan transportasi darat. Kamu bisa berangkat dari Bavet atau Moc Bai menuju Ho Chi Minh. Karena memakan waktu sampai 6 jam lebih, bus antar negara yang kamu naiki biasanya menyediakan air mineral, snacks dan tisu basah untuk menyegarkan wajah. Kalau beruntung, bahkan kamu bisa mendapatkan akses WiFi di dalam bis lho. Untuk naik bis ini, biasanya dibebankan biaya sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu.

Transportasi Kamboja – Vietnam Rp 200 ribu – Rp 300 ribu

 

6. Vietnam

Destinasi penutup adalah Vietnam. Jangan takut, walaupun ini negara terakhir, tetapi negara ini tidak akan membuat kamu menyesal Globers. Ada baiknya, kamu datang ke kota pesisir Mui Ne. Meskipun kecil, kota ini seperti harta karun Vietnam yang bisa dijelajahi tiap incinya dengan pengalaman-pengalaman baru dan seru.

Kalau mau mengeksplorasi kota ini, disarankan untuk merental sepeda motor sewaan dengan biaya kisaran Rp 100 ribu – Rp 120 ribuan. Dengan menggunakan sepeda motor, kamu bisa mendatangi daerah-daerah yang nggak terjamah transportasi umum. Selain itu, biaya yang kamu habiskan jatuhnya lebih murah.

Biaya sewa Sepeda Motor: Rp 150 ribu – Rp 200 ribu

 

Dengan Itinerary seperti di atas, kamu bisa mengelilingi Asia Tenggara dalam 7 malam. Untuk biaya penginapan sangat variatif untuk 7 malam tersebut. Namun untuk rinciannya, mungkin kamu menghabiskan kisaran Rp 800 ribu – Rp 1,2 juta. Untuk komsumsi dan jajan, asumsikan kamu menghabiskan Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu sehari atau Rp 700 ribu – Rp 1.050 juta selama 7 malam.

Internet

Karena perjalanan mengelilingi Asia Tenggara ini memiliki banyak aktivitas, pastinya kamu akan sangat jarang di hostel untuk mendapatkan koneksi internet dari wifi publik. Selain itu, belum tentu hostel-hostel murah memiliki koneksi internet yang baik atau bahkan belum tentu menyediakan akses wifi publik.

Karena itu, kamu butuh membawa travel wifi agar bisa tetap berkomunikasi selama berkeliling di Asia Tenggara, bisa melihat maps untuk menentukan arah tujuan kamu, dan juga tetap bisa memberikan update di media sosial kamu. Untuk itu, kamu perlu membawa JavaMifi, Globers.

Dengan asumsi kamu menghabiskan waktu 7 malam mengelilingi Asia Tenggara. Kamu hanya perlu merogoh kocek senilai Rp 280 ribu untuk akses internet unlimited FUP 600MB. Keunggulan dari JavaMifi, kamu gak perlu takut dengan biaya roaming atau registrasi setiap pindah negara.

Selain itu, untuk pengambilan dan pengembalian juga sangat mudah. JavaMifi bisa diambil dan dikembalikan di 10 bandara, 7 kantor cabang JavaMifi, dan 20 ribu lebih gerai minimart yang tersebar di seluruh Indonesia. Kamu juga bisa mengambil dan mengembalikan JavaMifi melalui layanan pengiriman. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat di JavaMifi.

Bila digabungkan, semua biaya perjalanan keliling Asia Tenggara:

  • Tiket pesawat: 1 juta
  • Jajan di Singapura: 200 ribu
  • Transportasi Singapura – Malaysia: Rp 100 ribu
  • Transportasi Malaysia – Thailand: Rp 100 ribu
  • Transportasi Thailand – Kamboja: Rp 400 ribu
  • Transportasi Kamboja – Vietnam: Rp 200 ribu
  • Sewa sepeda motor di Vietnam: Rp 150 ribu
  • Biaya menginap 7 malam: Rp 800 ribu
  • Biaya komsumsi dan jajan 7 malam: Rp 700 ribu
  • Biaya internet 7 hari: Rp 280 ribu

 

Rp 3,930.000. Biaya yang dikeluarkan akan bertambah sesuai update harga yang berubah tiap waktunya. Selain itu, uang yang kamu keluarkan juga akan sangat bergantung dengan gaya hidup kamu di luar negara. Namun bila kamu bisa hemat dan memangkas biaya tidak perlu, kamu bahkan bisa menghabiskan waktu seminggu di Asia Tenggara dengan kurang dari Rp 5 juta. Tertarik Globers?

Cullinary, Itinerary, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *