CARI TAU YUK ! MANFAAT SINAR MATAHARI BUAT TUBUH KITA

Sinar matahari merupakan karunia Tuhan YME yang besar manfaatnya dan gratis sehingga patut untuk kita syukuri dan kelola dengan baik.

Manfaat sinar matahari baik untuk kesehatan tubuh kita dan merupakan hal yang terlampau sayang untuk dilewatkan. Maka kita semakin bersyukur bahwa Indonesia mempunyai iklim tropis karena kita bisa menikmati sinar matahari sepuasnya sepanjang tahun.

 

Manfaat sinar matahari bagi kesehatan yang perlu kamu antara lain :

  1. Memproduksi vitamin D dalam tubuh.

Vitamin D secara alami tidak banyak diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, sehingga kita perlu mendapatkannya dari pancaran matahari. Paparan sinar matahari dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tulang dan otak serta membantu menyerap kalsium, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, arthritis, multiple sclerosis (MS), kanker pankreas, dan kanker payudara.

  1. Memperbaiki suasana hati

Sinar matahari justru dapat memperbaiki suasana hati, hal ini dikaitkan dengan penurunan serotonin yang dapat menyebabkan Seasonal Affective Disorder (SAD), yang merupakan bentuk depresi yang dipicu oleh perubahan musim.

Memperolah paparan sinar matahari yang cukup akan dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon serotonin, dimana hormone tersebut dapat meningkatkan rasa bahagia, tenang, dan fokus.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Sinar matahari terutama di pagi hari akan merangsang produksi hormon melatonin yang merupakan hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Maka dari itu saat bangun pagi agar tirai dibuka dan menggunakan lampu tidur saat malam hari.

  1. Menyembuhkan gangguan kulit tertentu

Menurut penelitian WHO bahwa sinar matahari dapat mengobati beberapa kondisi kulit, seperti psoriasis, eksim, ikterus, dan jerawat. Namun kamu perlu berkonsultasi kepada dokter untuk memastikannya, karena tidak berlaku sama pada setiap orang.

 

Kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari?

Waktu yang direkomendasikan oleh para ahli sebagai waktu yang tepat mendapatkan manfaat sinar matahari dan mengurangi risiko bahaya paparan sinar ultraviolet adalah mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore. Hal ini karena di awal pagi ketika sinar matahari mulai memancar atau sore menjelang malam, sinar yang dipancarkan hanya UVA dan sangat sedikit sinar UVB yang dapat berdampak pada kesehatan kulit.

 

Cara mendapatkan manfaat sinar matahari yang aman bagi tubuh:

  1. Membatasi paparan matahari.

Kamu bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan berjemur di bawah sinar matahari  kurang lebih dari 30 menit setiap hari. Dengan begitu Kamu bisa mendapatkan dosis yang sehat tanpa menyebabkan potensi kerusakan serius pada kulit.

  1. Menghidari matahari selama jam puncak.

Sinar matahari waktu siang hari tidak perlu dikhawatirkan bila kamu tidak bisa menghindari teriknya. Kamu tetap bisa mendapatkan manfaatnya asalkan tidak terlalu lama terkena. Waktu yang cukup untuk mendapat manfaat adalah antara lima hingga sepuluh menit.

  1. Memakai tabir surya.

Untuk terlindung dari sinar UVA dan UVB dapat diterapkan tabir surya pada anggota badan sebelum pergi ke bawah sinar matahari sesuai dengan petunjuk pemakaian.

  1. Mengenakan perlindungan.

Melakukan berbagai kegiatan di bawah sinar matahari adalah hal tidak dapat terhindarkan, jika kamu ingin memanfaatkan cuaca hangat, tutuplah anggota badan sebelum pergi. Kenakan topi dan pakaian bernapas yang menutupi bahu, dada, perut dari paparan sinar matahari.

 

Ternyata banyak sekali  manfaat sinar matahari yang selama ini mungkin belum kita ketahui. Jadi sekarang di usahakan ya berjemur di waktu senggang , apalagi pas weekend dirumah. 

 

Nah untuk melengkapi weekend kalian, ada promo menarik Netflix On The Go Unlimited dari JavaMifi. Kalian bisa tonton ribuan jam film Netflix tanpa batas. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan bisa langsung cek disini. 

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi seru seputar travelling dan lainnya ya Globers. 

Stay healthy and Stay connected with JavaMifi

 

 

 

 

News, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *