Mengenal Visa Dubai, Panduan Pembuatan, Syarat dan Biaya

Membuat visa Dubai menjadi kegiatan paling penting dilakukan oleh traveler. Terutama jika ingin mengunjungi kota Metropolitan dari Uni Emirat Arab. Tentu kalau ingin berkunjung, dibutuhkan adanya dokumen pendukung di dalamnya.

UEA atau UAE menjadi salah satu negara lokasi liburan terbaik. Pastinya memiliki kelebihan karena punya kemewahan begitu terlihat. Belum lagi ada beragam pesona baik dari bangunan, alam, kuliner maupun budaya.

Salah satu tujuan terbaik adalah menara Burj Khalifa. Apalagi menjadi menara paling tinggi dunia dan letaknya dengan pemandangan luar biasa. Belum lagi ada wisata tepi pantai yang romantis dan menarik.

Kebutuhan visa Dubai dinilai semakin besar dan harus segera dibuat sebelum berkunjung. Terlebih nantinya bisa dipakai pada kebutuhan mengunjungi beragam kawasan. Tentunya tidak perlu mengkhawatirkan apapun karena sudah resmi.

Harus diketahui kalau dalam pembuatan dokumen ini tidaklah sulit dilakukan. Melainkan cukup sederhana asalkan sudah mengetahui tujuan dan budgetnya. Bukan hanya itu, beberapa kebutuhan esensial lainnya juga perlu dilengkapi.

Pastinya setiap negara telah memiliki ketentuan berbeda dalam pembuatan dokumen tersebut. Tidak lain berkaitan dengan persyaratan sampai prosedurnya. Begitu juga berhubungan dengan biaya tentu berbeda sehingga harus dipahami.

Jenis Visa Dubai yang Bisa Dibuat Oleh Orang Indonesia

Saat ini telah terdapat beberapa jenis visa dapat diajukan sesuai kebutuhan yang diinginkan. Pastinya ada perbedaan mengenai perbedaan durasi beserta batasan aktivitas. Tidak heran harus dipahami semua ketentuan dan syaratnya.

1. Visa Turis

Visa turis terbilang sebagai dokumen paling paling banyak dibuat oleh masyarakat. Terutama jika ingin menjadi turis yang berlibur ke Uni Emirat Arab. Karena urusannya sederhana, biasanya paling mudah untuk dibuat.

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat visa Dubai yakni mengenai persyaratan. Jangan lupa juga apapun dokumen yang diminta disiapkan dengan baik. Umumnya memiliki batas masa berlaku maksimal hanya 30 hari.

Apabila sudah memiliki dokumen ini, bukan hanya bisa berkunjung ke Dubai. Melainkan menuju seluruh wilayah UAE dapat dilakukan seperti biasa. Karena fungsinya untuk liburan, jangan untuk bekerja dan urusan sejenis.

2. Visa Kunjungan

Visa kunjungan lebih banyak dipakai dalam urusan spesifik yakni berkunjung. Pastinya dapat memilih dari jangka pendek dan jangka panjang sebagai pilihan. Biasanya bisa dipakai apabila ingin mengunjungi keluarga maupun teman.

Dalam visa Dubai, untuk jangka pendek hanya 30 hari. Tapi jika urusannya jangka panjang, punya batas waktu maksimal 90 hari. Ada perbedaan khusus disebabkan jenis satu ini akan dilengkapi sponsor.

3. Visa Transit

Visa transit memiliki fungsi utama untuk izin tinggal orang Indonesia di Dubai. Tentunya hanya dipakai sementara karena rute penerbangan untuk transit. Jika penerbangan minimal 96 jam, bisa membuat dokumen tersebut.

Anda tentunya membutuhkan sponsor hotel apabila ingin singgah dalam urusan transit. Tapi nantinya harus segera meninggalkan Dubai apabila waktunya telah habis. Tentunya harus segera meneruskan rute penerbangan yang dilakukan.

Dokumen yang Perlu Dilengkapi Membuat Visa ke Dubai

Berkaitan dengan membuat visa Dubai dapat dikatakan cukup banyak Anda siapkan. Tapi jangan takut untuk menyiapkan dan memprosesnya jika dibutuhkan. Berikut ini beberapa dokumen penting dalam pembuatan visa ke Dubai:

1. Membawa pas photo berwarna berukuran 3.5cm x 4.5 cm. Pakaiannya formal gelap tapi latarnya putih.

2. Membawa paspor asli dan fotocopy.

3. Bukti pemesanan tiket perjalanan Pulang dan Pergi. Jika ingin lebih mudah, bisa memakai Emirates.

4. Bukti keuangan menjadi dokumen visa Dubai penting lainnya untuk dilengkapi. Tentunya dijadikan bukti keuangan rekening koran dan sudah legalisir.

5. Bukti booking akomodasi hotel. Tambahkan pemesanan di mana akan melakukan penginapan.

6. Surat Undangan. Hal ini dilakukan jika memperoleh undangan teman, saudara atau kerabat. Bentuknya lampiran dokumen yang telah di scan.

7. Surat Keterangan Kerja atau Pelajar. Tergantung apakah ingin bekerja atau mencari ilmu.

8. Laporan Itinerary. Perencanaan dan agenda apa saja yang dilakukan saat di Dubai. Umumnya terdapat dalam bentuk tabel sehingga semakin mudah dipahami. Pastikan mengisi dengan lengkap tapi jangan terbebani melakukannya.

Berkaitan dengan pembuatan visa Dubai, jangan sampai tertinggal satu saja kelengkapan. Sebelum mengurusnya harus mampu menyiapkan selengkap mungkin. Tentunya jika sudah siap, dapat menyerahkan untuk menjalani proses selanjutnya.

Berhubungan dengan syarat laporan Itinerary, tidak perlu melakukan sama seperti di dalamnya. Apabila ada perubahan, bukan menjadi masalah terlalu besar. Apalagi hanya dijadikan sebagai pacuan atau gambaran dalam skala besar.

Langkah Membuat Visa UEA Terbaru yang Wajib Diikuti

Apabila telah menyiapkan setiap dokumen untuk visa Dubai, tentu bisa segera mengurusnya. Tentunya dapat melakukan yang diperintahkan dan diberikan oleh petugas. Berikut ini langkah-langkah penting saat membuat Visa ke Dubai:

1. Saat ini banyak tempat atau lokasi dapat dijadikan tempat mengurus dokumen tersebut. Pastinya dapat melakukannya secara langsung sehingga lebih mudah. Contohnya jika di Jakarta, ada VFS Global di Mall Kuningan.

2. Meminta formulir permohonan dan mengisinya secara lengkap. Supaya bisa lebih cepat, disarankan download atau unduh langsung secara online. Tapi jika sudah di tempatnya, bisa meminta maupun mengisinya secepat mungkin.

3. Dalam pembuatan visa Dubai, segera melampirkan setiap dokumen persyaratan sebelumnya. Pastikan sudah menyiapkan dan diurutkan dengan benar. Nantinya jika diserahkan, petugas dapat segera mengurusnya dengan cepat.

4. Membayar pengajuan sehingga perlu memastikan telah menyiapkan budget. Pembayaran ini dilakukan langsung sehingga harus disiapkan pada saat itu juga. Apabila sudah dilakukan, proses permohonan dapat segera berjalan.

5. Jika langkah sebelumnya telah dilakukan, tentunya tidak dapat otomatis sudah jadi. Melainkan setidaknya menunggu selama 3-4 hari sampai selesai. Kalau sudah mendapatkan informasi selesai, akan diserahkan dan siap dipakai.

Berkaitan dengan langkah pembuatan ini pada dasarnya tidak ada kesulitan. Hal ini sering terjadi adalah tidak menyiapkan persyaratan atau budget dengan baik. Keduanya jangan sampai terlupakan sehingga prosesnya berjalan lancar.

Perkiraan Biaya Pembuatan Visa ke Dubai Terbaru

Semua jenis visa Dubai tentunya tidak dilengkapi dengan harga atau biaya sama. Apalagi karena masa berlaku dan persyaratannya tidaklah sama. Hasilnya akan membedakan pengeluaran yang digunakan pada kebutuhan tersebut.

Bisa dibilang kalau membandingkan dengan dokumen persyaratan, fungsinya sangat penting. Harus menyiapkan dengan baik karena akan mempercepat proses. Berikut ini perkiraan biaya pembuatan visa tergantung jenisnya:

1. Visa 46 Jam: Kurang lebih Rp. 142.000.

2. Visa 96 Jam: Kurang lebih Rp. 427.000.

3. Visa Turis jangka pendek Rp. 1.200.000.

4. Visa turis jangka panjang Rp. 2.700.000.

5. Harga semacam ini seringkai dibedakan menggunakan kurs dollar.

Pastinya dalam pembuatan visa Dubai, harga dapat berbeda setiap saat. Terutama jika terdapat perubahan kurs maupun kebijakan dari pemerintah Uni Emirat Arab. Anggaran perlu disiapkan demi menyiapkan budget tersebut.

Sebelum berkunjung, tidak ada salahnya juga mengetahui beragam informasi paling penting. Terutama berkaitan dengan kepemilikan dan pemakaian dokumen tersebut. Termasuk mengenai bagaimana langkah untuk mendapatkan sponsor.

Ditambah ada baiknya memahami bagaimana saja batasan kegiatan apabila Anda memakai suatu visa. Pastinya tidak bisa sembarangan melakukan kegiatan apapun saat liburan. Jangan lupa juga agar mampu menyiapkan asuransi perjalanan.

Pada dasarnya melampirkan dokumen asuransi kesehatan akan melengkapi tahapan permohonan visa. Tanggung jawab walaupun hanya sekedar liburan tetap harus terjaga. Terlebih supaya bisa memakai visa Dubai tersebut dengan benar.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *