Tahapan Mengurus Visa Amerika dan Tabungan yang Wajib Dimiliki

Bagi Anda yang berencana membuat visa Amerika, kami akan memberi informasi mengenai tahapan apa saja harus dilalui. Dalam pembuatan dokumen ini, tentu pihak pemohon wajib mengetahui dokumen apa saja harus dilampirkan dan ketentuan yang ada.

Selain itu biasanya sebagai pihak yang mengajukan visa, kita ingin tahu berapa biaya akan dikeluarkan dalam pengajuannya. Perlu Anda ketahui, bahwa dalam pembuatan dokumen ini pemohon wajib mengetahui jenis visa yang akan dipilih untuk perjalanan ke Amerika.

Sebagai negara yang memiliki pengunjung tingkat tinggi dari berbagai negara, tentu Amerika memiliki aturan tersendiri bagi para wisatawannya. Dalam pembuatan visa Amerika, ada beberapa aturan cukup berbeda jika dibandingkan dengan negara lain.

Bagi Anda yang memiliki rencana perjalanan atau sekedar berlibur ke Amerika, pastikan jika semua persiapan direncanakan dengan sebaik mungkin. Karena dalam pembuatan berkas ini, Anda tidak bisa sembarangan dalam menjalani setiap tahapannya.

Tahapan Mengurus Visa Amerika untuk Berlibur

Apapun tujuan Anda ke suatu negara, tentu pihak Kedutaan Besar wajib mengetahuinya dan hal tersebutlah yang akan menentukan apakah pengajuan Anda akan disetujui atau tidak. Ada beberapa kasus dimana pengajuan visa tidak kunjung turun, dan bisa disebabkan hal tersebut.

1. Pilih Jenis Visa

Ada dua jenis visa berlaku di Amerika, pertama adalah Non-Imigran. Diberikan jika Anda hanya sekedar berkunjung dan tidak menetap, jenis ini cocok apabila berencana berlibur atau melakukan perjalanan bisnis sementara waktu.

Jenis berikutnya adalah Imigran, digunakan jika Anda berencana untuk menetap cukup lama di Amerika, biasanya jenis dokumen ini menjadi awalan untuk mendapat kewarganegaraan.

2. Membayar Biaya Aplikasi

Visa Amerika akan diberikan jika sudah membayar biaya aplikasi, untuk tipe Non-Imigran dikenakan biaya Rp 2,3 juta, sedangkan untuk tipe Imigran biayanya adalah Rp 2,8 juta. Biaya aplikasi ini bisa dibayarkan dengan transfer bank, atau secara cash ke CIMB Niaga.

3. Mengisi Formulir DS-160

Tahap berikutnya mengisi formulir bisa ditemukan di https://ceac.state.gov/genniv/, pastikan data yang diisi sama dengan paspor dan data yang masuk tidak dapat diubah lagi.

Diisi menggunakan bahasa Inggris, dan untuk upload foto gunakan foto dengan latar belakang putih, jika sudah maka catat 10 digit nomor formulir untuk digunakan membuat akun visa.

4. Membuat Akun

Tahap berikutnya membuat visa Amerika yaitu, akses https://cgifederal.secure.force.com/ dan buat akun visa secara online. Pilih Pengguna Baru atau New User, lalu siapkan nomor paspor, bukti pembayaran visa, dan 10 digit nomor formulir DS-160 tadi.

5. Wawancara

Jika proses sudah selesai, nantinya Anda akan mendapat jadwal wawancara setelah membuat akun. Lokasi wawancara dapat dipilih, yaitu Kedutaan Besar Amerika yang berlokasi di Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Dokumen yang Didapat Setelah Proses Wawancara

Setelah menjalani berbagai tahapan diatas, tentu saja Anda wajib mengetahui apakah visa tersebut diterima atau tidak. Ada beberapa jenis dokumen yang akan pemohon dapat setelah menjalani wawancara, dan dari warna pada dokumen tersebut, Anda bisa mengetahuinya.

1. Putih

Untuk warna putih, menyatakan bahwa pengajuan visa Anda disetujui dan didalam dokumen dijelaskan bagaimana mengambil paspor dengan visa tersebut. Jika mendapatkan warna pada berkas tersebut, maka perjalanan Anda bisa terlaksana dengan lancar.

2. Hijau

Jika mendapat warna hijau, maka Kedutaan masih membutuhkan informasi tambahan sebelum keputusan akhir diambil. Dengan begitu visa Amerika belum bisa langsung diambil, karena informasi tambahan yang dibutuhkan tersebut yang akan mempengaruhi keputusan.

3. Kuning

Bagaimana jika Anda mendapatkan warna kuning? Permohonan masih membutuhkan waktu dalam memprosesnya, biasanya berlangsung beberapa hari dan maksimal 60 hari atau sekitar 2 bulan, maka dari itu jangan mengajukan berkas ini dengan waktu berdekatan.

Jika mengajukannya dari jauh-jauh hari setidaknya 3 bulan sebelumnya, maka masih tersisa waktu yang dimiliki sebelum keberangkatan. Anda juga masih memiliki waktu untuk memberi informasi tambahan, jika sekiranya pihak Kedutaan masih membutuhkan informasi.

4. Merah Muda

Adapun warna merah muda, artinya visa Amerika Anda ditolak dan perjalanan dapat terancam dibatalkan. Pemohon bisa mengetahui penyebab dari ditolaknya dokumen tersebut, agar nantinya bisa memperbaiki kesalahan telah terjadi.

5. Biru

Jika mendapatkan warna biru, setidaknya masih ada harapan perjalanan bisa dilanjutkan karena artinya permohonan belum lengkap dan harus dilengkapi agar proses bisa kembali berjalan, maka dari itu segera lengkapi dokumen persyaratan selengkap mungkin.

Siapkan Dokumen Persyaratan, agar Pengajuan Visa Berjalan Lebih Cepat

Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa pembuatan visa Amerika membutuhkan beberapa dokumen persyaratan perlu dilengkapi sebaik mungkin. Jangan meremehkan ketentuan yang ada, karena nantinya Anda sendirilah yang merasa kesulitan.

Dokumen yang dibutuhkan adalah paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan, tentu saja dokumen inilah yang menjadi identitas bagi Anda selama berada di negeri orang.

Siapkan pas foto berukuran 5×5 dengan latar belakang putih, gunakan kemeja yang rapi dan pastikan tidak ada pola pada latar belakang. Sertakan rekening koran tabungan atas nama pribadi, atau milik penanggung jawab Anda jika belum bekerja atau dibawah umur.

Lalu jika Anda melakukan perjalanan bisnis, pastikan menyertakan Surat Keterangan Pegawai. Syarat lainnya dalam pembuatan visa Amerika, siapkan dokumen rencana perjalanan selama di Amerika, aktivitas apa saja yang akan dilakukan agar tujuan perjalanan Anda jelas.

Jangan lupa sertakan tiket berangkat dan pulang ke dalam rencana perjalanan, meski belum tau apakah visa Anda akan diterima atau tidak, namun memiliki tiket pesawat dibutuhkan dalam pengajuannya, maka dari itu siapkan dengan baik agar dokumen ini bisa diturunkan.

Tabungan Minimum yang Wajib Dimiliki saat Mengajukan Visa Amerika

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, apakah ada kisaran nominal tertentu yang wajib dimiliki oleh pihak pemohon? Sebab kita diminta untuk menyertakan rekening koran tabungan saat mengajukannya, pastinya akan dilihat berapa saldo tabungan Anda.

Pada dasarnya tidak ada saldo minimal tabungan yang wajib dimiliki, namun setidaknya Anda memiliki tabungan sekitar 10.000 US Dollar. Biaya hidup di Amerika tidak murah apalagi jika dibandingkan dengan Indonesia, maka dari itu memiliki saldo tabungan sangat penting.

Siapkan tabungan yang mencukupi jika ingin membuat visa Amerika, disana Anda tidak hanya sekedar berkunjung namun juga harus memikirkan bagaimana menjalani hidup disana.

Tentu Amerika melalui Kedutaan tidak ingin, jika banyak wisatawan yang tidak bisa kembali ke negara asalnya karena masalah biaya. Maka dari itu melihat kondisi keuangan pemohon visa sangat penting, untuk memastikan bahwa mereka bisa memenuhi kebutuhannya.

Inilah yang membuat banyak orang menilai, bahwa pembuatan dokumen ini untuk negara Amerika terbilang sulit. Karena adanya aturan-aturan tertentu, namun jika mendapatkannya, maka dokumen tersebut bisa digunakan sampai 5 tahun lamanya.

Bahkan proses pembuatan visa ke negara lain akan jauh lebih mudah, jika sudah memiliki visa ke Amerika. Meski tabungan bukanlah satu-satunya parameter utama, namun keuangan yang sehat akan menjamin bahwa visa Amerika Anda bisa diterima nantinya.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *