Tips Penting untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Traveling ke Luar Negeri

Bila Anda baru pertama kali traveling ke luar negeri, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan. Bisa pergi liburan ke luar negeri bersama orang-orang tercinta memang impian sebagian besar orang.

Namun berlibur ke luar negeri tentunya sangat berbeda dengan berlibur ke luar kota. Sebab berbeda negara pastinya berbeda pula kondisinya, mulai dari perbedaan kultur, cuaca dan sebagainya.

Maka dari itu Anda harus penuh persiapan, tidak hanya budget yang perlu disiapkan. Dalam artikel ini kita akan bahas beberapa tips yang perlu diperhatikan bila ingin liburan ke luar negeri.

Tips Penting untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Traveling ke Luar Negeri

Berpergian ke luar negeri tentu membutuhkan persiapan ekstra, karena berbeda dengan pergi ke luar kota. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan jika ingin liburan ke luar negeri :

1.      Jangan lupa persiapkan semua dokumen penting

Bagi yang baru pertama kali traveling ke luar negeri, tips pertama jangan lupa persiapkan segala dokumen penting pendukung perjalanan. Sebelum Anda mencari tiket pesawat dan juga akomodasi.

Beberapa dokumen penting yang wajib disiapkan antara lain paspor, visa, KTP serta SIM bila dibutuhkan. Tetapi cari tahu terlebih dulu negara yang ingin dikunjungi wajib menyertakan visa atau tidak.

Sebab terdapat beberapa negara yang memperbolehkan orang Indonesia masuk ke dalam negaranya tanpa harus apply visa. Antara lain seperti Maldives, Singapura dan juga Malaysia. Bila belum memiliki paspor.

Maka Anda dapat mengurus pembuatannya kurang lebih 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan. Begitu pula dengan visa, jangan apply visa dekat jadwal keberangkatan agar Anda tidak terburu-buru.

2.      Pesanlah tiket jauh-jauh hari

Sesudah menyiapkan seluruh dokumen perjalanan yang diperlukan, baru ke tahap tips berikutnya. Bagi Anda yang baru pertama kali traveling ke luar negeri, jangan lupa pesan tiket jauh-jauh hari.

Kadang di beberapa negara, bagian imigrasi akan menanyakan tentang tempat penginapan. Jadi jangan lupa tentukan penginapan dengan benar-benar baik. Untuk bisa memperoleh penginapan serta tiket pesawat dengan harga ekonomis.

Anda wajib memesan tiket jauh-jauh hari, atau Anda juga bisa sering-sering mengecek promo deals dari pihak travel. Hal tersebut dapat dilakukan agar Anda cepat memperoleh informasi terkini.

Terkait tiket pesawat serta promo hotel. Memudahkan sekali jika ingin mendapatkan harga miring, apalagi untuk yang berencana backpacker. Sebab bagi sebagian traveler harga tiket merupakan aspek penting yang wajib dipertimbangkan.

3.      Tentukan besaran budget untuk liburan

Karena Anda baru pertama kali traveling ke luar negeri, jangan lupa tentukan besaran budget untuk liburan. Sesuaikan saja budget dngan kebutuhan Anda, jangan sampai budget untuk liburan melebihi kemampuan.

Jangan lupa hitung pula biaya-biaya tidak terduga, di antaranya seperti biaya makanan dan minuman, biaya transportasi lokal. Serta biaya untuk membeli oleh-oleh atau souvenir khas negara tersebut untuk orang rumah.

4.      Buatlah daftar barang yang perlu dibawa

Sebelum berangkat, jangan lupa buat daftar barang yang perlu dibawa traveling. Seperti perlengkapan pribadi misalnya pakaian, alat mandi, obat-obatan dan juga perlengkapan elektronik seperti adapter serta charger.

Jangan lupa juga untuk memeriksa batasan berat bagasi di penerbangan, sehingga Anda tidak kelebihan bagasi dan perlu membayar biaya tambahan. Sebab bila kelebihan bagasi, Anda harus keluar uang lagi.

5.      Bawalah obat dan perlengkapan dasar lainnya

Ketika baru pertama kali traveling ke luar negeri, bukan tidak mungkin Anda mengalami beberapa masalah kesehatan. Di antaranya mabuk perjalanan, diare atau sakit kepala. Maka dari itu, pastikan membawa obat-obatan.

Yang dibutuhkan, apalagi jika Anda menderita penyakit parah, jangan lupa juga bawa air minum kemasan isi ulang atau botol minum. Jika perlu, bawalah resep dari dokter.

Bila Anda memerlukan obat-obatan tertentu. Tidak hanya itu, pastikan untuk membawa obat-obatan sesuai dengan peraturan yang ada di tempat tujuan. Sebab beberapa obat dilarang dibawa ke luar negeri.

Jadi sebelum menyiapkan berbagai macam obat untuk dibawa keluar negeri, pastikan dulu apakah obat tersebut boleh dibawa ke sana. Karena beberapa negara tidak mengizinkan turisnya membawa obat-obat tertentu.

6.      Istirahat cukup sebelum keberangkatan

Sebelum keberangkatan, jangan lupa istirahat yang cukup, apalagi Anda baru pertama kali traveling ke luar negeri. Dengan istirahat yang cukup, Anda akan bisa tampil lebih bugar dan segar.

Ketika melakukan perjalanan jauh, tidak hanya itu pastikan untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Sebab pastinya Anda akan melakukan berbagai macam kegiatan di lokasi tujuan untuk menghabiskan waktu liburan.

7.      Buatlah daftar itinerary wisata

Karena zaman sudah semakin canggih dan serba instan, hal tersebut pastinya memudahkan Anda yang baru pertama kali traveling. Untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya terkait destinasi yang dituju lewat Internet.

Riset mendalam terkait daftar destinasi wisata apa yang akan dikunjungi penting untuk dilakukan. Mulai dari harga tiket, jarak tempuh dari hotel dan juga pilihan transportasi.

Hal tersebut penting dilakukan agar Anda tidak bingung dan bisa memudahkan ketika bepergian. Tidak hanya itu, bila masih ragu menentukkan negara tujuan tanya kepada diri sendiri.

Misal ingin pergi ke negara seperti apa, jauh dari Indonesia atau sebaliknya? Lebih suka destinasi wisata seperti apa? Ingin bersantai di pantai, kuliner atau mendaki? Pertanyaan tersebut akan membantu Anda.

8.      Pelajarilah bahasa negara tujuan

Bila baru pertama kali traveling, tidak ada salahnya Anda belajar bahasa negara yang ingin dituju. Siapa tau itu bisa membantu Anda dalam berkomunikasi, pelajarilah komunikasi dasar seperti sapaan dan sebagainya.

Itu juga tergantung negara yang akan dituju, jika ingin traveling ke English speaking country. Anda tinggal gunakan saja bahasa Inggris, namun jika traveling ke negara yang minim penggunaan bahasa Inggris.

Antara lain seperti Korea Selatan, Cina dan juga Jepang, maka tidak ada salahnya bila Anda belajar bahasa lokal. Sambil membawa buku kamus, itu akan memudahkan Anda ketika berada di sana.

9.      Pastikan uang Anda bisa digunakan di sana

Tips selanjutnya, jangan tukarkan uang lokal Indonesia ke mata uang negara yang dituju. Karena pertama kali traveling, mungkin Anda masih bingung bagaimana caranya. Cukup datangi bank-bank.

Yang mau menerima layanan penukaran uang asing. Jangan lupa bawalah uang cash seperlunya, sisa uangnya nanti tetap dapat disimpan di ATM, agar ketika uang habis, Anda dapat melakukan tarik tunai.

Bagaimana cara melakukan tarik tunai di luar negeri? Pertama cari tahu ATM dari bank di sana yang bekerja sama dengan BI. Antara lain ATM berlogo Visa, MasterCard Plus, Cirrus serta sebagainya.

10.  Bawa botol minum dan tumbler

Membawa botol minum atau tumbler juga bisa menghemat pengeluaran, apalagi Anda pertama kali traveling. Bila dibandingkan harus membeli minum setiap kali Anda merasa haus. Terutama ketika musim panas.

Atau akan traveling ke negara tropis. Di beberapa negara terdapat keran yang layak minum. Seperti di Jepang, Singapura dan hampir semua negara di Eropa, cukup isi air di keran.

11.  Cadangkan seluruh dokumen penting

Beberapa dokumen pendukung traveling seperti paspor, KTP, visa, dan juga tiket itu merupakan dokumen yang sangat penting. Sangat bahaya bila kehilangan dokumen penting tersebut, sebab mengurusnya sangat merepotkan.

Dan juga membutuhkan waktu cukup lama. Apalagi jika Anda kehilangannya tanpa mempunyai file cadangan. Maka dari itu, untuk menghindari hal buruk tersebut, cadangkan beberapa dokumen penting tersebut.

Lewat aplikasi Cloud, salah satunya seperti Google Drive, pastikan bahwa Anda menscan semua dokumen penting tersebut. Mulai dari paspor, visa yang telah dicap, KTP hingga tiket perjalanan.

12.  Unduh apk penting pendukung traveling

Karena Anda baru pertama kali traveling ke luar negeri, jangan lupa untuk mengunduh apk penting pendukung traveling. Sebab apk semacam itu tentu akan dapat membantu Anda agar tidak tersesat.

Aplikasi utama yang tidak boleh terlewatkan ialah Google Maps, sebab apk ini akan membantu Anda menavigasi perjalanan selama traveling. Google Maps sudah mendukung layanan offline sehingga saat tersesat jangan panik.

13.  Akses internet di luar negeri

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan agar tetap dapat update feed di sosial media. Pertama, Anda dapat mencari tahu kartu sim lokal yang mendukung layanan roaming di luar negeri.

Namun kekurangan paket roaming kartu sim Indonesia ini ialah biayanya cukup mahal serta akses internet juga terbatas. Cara berikutnya yang dapat dicoba ialah dengan menggunakan wifi portable.

Salah satu wifi portable terbaik yang cocok digunakan ialah JavaMifi. JavaMifi ini mempunyai berbagai macam kelebihan dibanding merk lain, antara lain bisa konek hingga 5 devices, tanpa batasan kuota.

Bahkan bisa konek di lebih dari 200 negara, customer service juga siap sedia melayani Anda 24 jam. Bila di tempat yang sinyalnya jelek, Javamifi ini akan langsung switch ke operator paling kuat di area tersebut. Dengan begini Anda yang baru pertama kali traveling ke luar negeri, tidak perlu setting sim card, langsung gunakan saja Wifi Portable dari Javamifi.

 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *