Menikmati 5 Kemudahan Transportasi dari Bandara Incheon ke Seoul

Bandar udara atau singkatan dari bandara adalah fasilitas untuk pesawat udara dan helikopter untuk lepas landas dan mendarat di sebuah daerah atau negara. Selain untuk mendarat dan lepas landas transportasi udara, bandara juga dapat digunakan untuk bongkar muatan barang dan perpindahan intra serta antarmoda transportasi. Bagi para turis dan wisatawan, bandara merupakan pintu awal masuk untuk mengunjungi suatu negara.

Bandara Incheon merupakan bandara terbesar di Korea Selatan dan salah satu bandara tersibuk di dunia yang menangani sebanyak 63 maskapai penerbangan dan melayani penerbangan ke bandara ini. Jika kamu hendak liburan ke Korea Selatan khususnya Seoul, kemungkinan besar kamu akan turun di Bandara Incheon karena bandara ini merupakan penghubung langsung ke Kota Seoul.

Namun setelah sampai di Bandara Incheon, untuk mencapai ke tempat tujuan kamu, diperlukan transportasi tambahan.  Maka, fungsi intra dan antarmoda memainkan peran penting dalam transisi perjalanan wisatawan dari bandara ke tempat lain. Kamu juga perlu mengetahui transportasi dari Bandara Incheon ke Seoul.

Korea Selatan mempunyai transportasi publik yang mumpuni dan mampu memberikan pengalaman liburan yang  menyenangkan. Terdapat berbagai pilihan transportasi yang dapat digunakan mulai dari kereta, bus, taksi, dan lain-lain.

Berikut merupakan 5 rekomendasi transportasi dari Bandara Incheon ke Seoul.

 

1. Airport Railroad Express (AREX) Train

transportasi bandara incheon

Pilihan pertama dan paling populer yaitu Airport Railroad Express Train atau disingkat AREX. AREX adalah kereta cepat yang terhubung langsung ke Kota Seoul. AREX mempunyai dua jenis kereta. Tipe kereta pertama yaitu Express Train yang melintasi Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Incheon yang langsung menuju ke Seoul atau sebaliknya. Tipe kereta kedua yakni All Stop Train. Kereta ini berhenti di semua stasiun kereta bawah tanah yang menuju Kota Seoul. Kereta All Stop Train berhenti di 13 stasiun sepanjang perjalanan dari Terminal 2 Bandara Incheon menuju Stasiun Seoul.

Jika kamu tiba di Terminal 1 di Bandara Incheon, setelah mengambil bagasi, carilah papan petunjuk yang bertuliskan Airport Railroad. Butuh sekitar 7-10 menit untuk mencapai stasiun. Setelah itu, kamu akan menemukan 2 persimpangan yang sebelah kiri bertuliskan All Stop Train berwarna biru dan sebelah kanan Airport Express berwarna oranye. Gerbangnya berbeda dan menggunakan tiket kereta yang berbeda juga. Jadi, kamu harus menentukan kereta mana yang akan digunakan. Jika kamu tiba di Terminal 2, peron kereta bandara berada di lantai B1. Papan petunjuk dapat dilihat di langit-langit dan tiang. Harga tiket untuk Express Train 9.000 won dan untuk All Stop Train 4.500 won.

 

Express (Non Stop)

Kereta Express Non Stop dimulai dari Terminal 2 Bandara Incheon yang langsung menuju ke Stasiun Seoul dalam jangka waktu 45 menit. Menggunakan kereta ini akan efisien jika tujuan kamu di sekitar Stasiun Seoul termasuk transfer ke Myeongdong adan Dongdaemun.

Tiket Express Non Stop bisa dibeli di mesin tiket ketika tiba di bandara karena tidak bisa menggunakan T-Money. Tiket juga dapat dipesan melalui pembelian voucher 2 bulan sebelum tanggal keberangkatan sehingga kamu dapat membelinya jauh-jauh hari. Saat tiba di Bandara Incheon, kamu dapat menukarkan voucher yang sudah dibeli dengan tiket fisik di Transportation Center of Incheon International Airport di lantai B1F.

Tidak ada tambahan deposit yang dibebankan di tiket ini. Potongan harga juga diberikan kepada penumpang yang menunjukkan tiket dari Jeju Air, Korean Air, Asiana Airlines, T’way Air, dan Eastar Jet untuk keberangkatan dalam 7 hari.

Interval waktu keberangkatan kereta Express Non Stop setiap 40 menit sekali. Kelebihan kereta ini adalah posisi kursi yang menghadap depan dan belakang sehingga tidak tercampur dengan komuter train yang lain. Kamu akan mendapat kursi bila membeli tiket 1-2 jam sebelum digunakan. Di tiap gerbong juga tersedia tempat penyimpanan bagasi.

Pusat pelayanan AREX kereta Express Non Stop tersedia di Terminal 1 Bandara Incheon dan Travel Center Airport Railroad.

Jam operasional kereta AREX Express Non Stop :

Stasiun Terminal 1 Bandara Incheon : Kereta pertama (05:23) – Kereta akhir (22:48)

Stasiun Terminal 2 Bandara Incheon : Kereta pertama (05:15) – Kereta akhir (22:40)

Lokasi pembelian tiket kereta AREX Express Non Stop:

Travel Center AREX Stasiun Terminal 1 Bandara Incheon (Transportation Center B1)

AREX Travel Center Stasiun Terminal 2 Bandara Incheon

Metode pembayaran pembelian tiket kereta AREX Express Non Stop:

Dapat menggunakan kartu kredit dan uang tunai

Harga tiket kereta AREX Express Non Stop :

Dewasa 9.000 won

Anak-anak 7.000 won

 

All Stop Train

Kereta All Stop berhenti di tiap stasiun kereta bawah tanah selama dalam perjalanan dari Bandara Incheon menuju Stasiun Seoul. Enam dari 13 stasiun yang ada, kamu dapat berpindah jalur menuju daerah di sekitar Seoul.

Kereta All Stop Train merupakan kereta metro yang seperti pada umumnya. Posisi kursinya berhadap-hadapan seperti MRT, juga penumpangnya bercampur dengan orang-orang yang dari maupun ke bandara, atau orang-orang yang rumahnya berada di Incheon. Layaknya KRL di Indonesia, jika sedang jam sibuk kerja maka kemungkinan tidak akan mendapat tempat duduk.

Jika kamu ingin ke tempat lain selain Stasiun Seoul, kamu dapat menggunakan kereta All Stop Train. Keuntungan memilih kereta ini ada biayanya yang lebih murah dari Express Train sehingga kamu bisa hemat budget ketika liburan ke Korea, tetapi memakan waktu yang lebih lama karena banyak berhenti di banyak pemberhentian.

Untuk naik kereta ini, pastikan kamu memiliki kartu transportasi seperti kartu T-Money dan MPASS yang khusus untuk turis internasional. T-Money dapat dibeli di mesin penjual otomatis (vending machine) di dekat pintu masuk dan tersedia di convenience store. Convenience store yang dekat dengan pintu masuk yaitu GS25.

Untuk pembelian tiket All Stop Train bisa dibeli di mesin tiket yang berada di samping pintu masuk. Mesin ini juga dapat digunakan untuk mengisi saldo atau top up T money.

Jadwal keberangkatan kereta dari Terminal 2 Incheon ke Stasiun Seoul bisa dilihat di kaca pembatas peron. Terdapat perbedaan jadwal keberangkatan antara weekday dan weekend atau holiday. Untuk mencapai tujuan akhir membutuhkan waktu 66 menit. Di dalam kereta juga terdapat layar monitor yang menampilkan informasi stasiun saat ini. Untuk ibu hamil, terdapat kursi yang khusus bagi para ibu hamil.

Jam operasional kereta AREX All Stop :

Stasiun Terminal 1 Bandara Incheon : Kereta pertama (05:25) – Kereta akhir (22:40)

Stasiun Terminal 2 Bandara Incheon : Kereta pertama (05:18) – Kereta akhir (22:32)

Lokasi pembelian kartu kereta AREX All Stop :

Transportation center di B1F Bandara Incheon Terminal 1 dan Terminal 2 untuk perjalanan tunggal, mini market dalam bandara (T-Money), dan pusat informasi tuirs dekat gate 5 dan 10 di IF Terminal 1 Bandara Incheon (MPASS).

Metode pembayaran tiket kereta AREX All Stop :

Uang tunai dengan membeli kartu T-Money dan MPASS.

Harga tiket kereta AREX All Stop :

Dewasa 4.150 won-4.750 won.

 

Daftar Pemberhentian dan Perkiraan Waktu Kereta AREX

english.seoul.go.kr

2. Bus Bandara Incheon

transportasi bandara incheon

Selain kereta, cara lain untuk mencapai Seoul dengan budget terjangkau yaitu naik bus bandara agar travelling Korea Selatan kamu murah dan menyenangkan. Kursi di bus ini juga sangat nyaman sehingga kamu bisa bersantai sepanjang perjalanan menuju Seoul. Bus bandara ini sangat cocok bagi kamu yang booking hotel di luar pusat kota karena ada banyak rute bus yang bisa kamu pilih.

Terdapat dua jenis bus bandara yaitu bus standar dan bus deluxe. Perbedaan keduanya yaitu bus standar lebih memiliki banyak rute sehingga banyak berhenti. Sedangkan bus deluxe lebih sedikit berhenti karena langsung menuju pusat kota di Seoul. Rute bus deluxe melewati hotel-hotel besar dan tempat wisata populer di Seoul. Selain itu kursi di bus deluxe besar dari bus standar sehingga bisa meregangkan kaki dengan nyaman.

Harga tiket :

Bus standar : 9.000 – 10.000 won

Bus deluxe : 14.000 – 16.000 won

Jam operasional :

5:05 pagi – 11:20 malam

Lokasi pembelian tiket bus Bandara Incheon :

Terminal 1 : Kantor penjualan di pintu Exit 4 dan 9 di dalam Arrival Hall

Terminal 2 : Transportation Center (lantai B1)

Cara naik bus Bandara Incheon :

  • Periksa rute bus dan lakukan pembelian tiket di stan tiket.
  • Periksa nomor boarding bus yang tertera pada tiket
  • Menuju ke lokasi boarding bus dan periksa kembali rute bus dan waktu keberangkatan
  • Ketika berada di dalam bus, dengarkan instruksi dari petugas

 

3. Airport Limousine Bus Incheon

Bila kamu pergi dengan seseorang dengan bagasi yang besar, kamu bisa mempertimbangkan airport limousine bus terutama jika perjalanan kamu ada transfer metro. Harga tiket tergantung dari bus dan tempat tujuan, berkisar dari 5.000 – 18.000 won. Tiket airport limousine bus bisa dibeli lewat mesin tiket di bandara dengan metode pembayaran tunai, kartu kredit, dan T-Money. Waktu tempuh bus limosin bandara ini dari 60 – 80 menit tergantung dari rute, region, dan tingkat kemacetan.

 

4. Taksi Bandara Incheon

 

Jika kamu membutuhkan transportasi yang cepat tanpa ribet untuk menuju tempat tujuan, kamu dapat menggunakan taksi dari bandara yang berada di depan bandara di kedua terminal Bandara Incheon.

Kamu dapat memilih jenis-jenis taksi yang tersedia mulai dari taksi reguler, deluxe, taksi jumbo, atau jika kamu ingin taksi yang supirnya bisa berbahasa Inggris, Jepang, atau China kamu dapat memesan taksi internasional di konter nomor 23 dan 44. Taksi internasional juga bisa dipesan secara online.

Harga tarif taksi Bandara Incheon:

Taksi reguler : Mulai dari 3.000 won, jika di atas jam 24:00 – 04:00 naik sebesar 20%

Taksi deluxe dan jumbo : Mulai dari 5.000 won, lebih besar dan lebih mahal 40-50% dari taksi reguler,  tersedia hingga 8 kursi.

Taksi internasional : Lebih mahal 20% dari taksi reguler.

Taksi internasional reguler : 55.000 – 75.000 won

Taksi internasional deluxe/jumbo : 80.000 – 110.000 won

Cara pemesanan taksi internasional Bandara Incheon :

Hubungi +82-2-1644-2255 atau kunjungi www.intltaxi.co.kr

 

5. City Check In Seoul Station

City Check In Seoul Station adalah fasilitas transportasi umum di mana pengunjung pada penerbangan tertentu dapat melakukan check-in bagasi mereka di Stasiun Seoul sebelum berangkat ke bandara serta melalui imigrasi untuk mempercepat masuk bandara. Fasilitas ini cocok buat kamu ketika kamu melakukan destinasi wisata bersama keluarga di Korea.

Bila kamu melakukan penerbangan dari Seoul menggunakan Korean Air, Asiana, atau Jeju Air, ada fasilitas city check in di Stasiun Seoul. Jika kamu berada di Stasiun Seoul, cari petunjuk arah “City Airport Terminal.”

Dengan adanya city airport terminal, kamu dapat memaksimalkan waktu travelling kamu di sekitar Seoul Station, bebas belanja dan jalan-jalan tanpa koper/bagasi yang berat sebelum tiba waktunya untuk ke Bandara Incheon. Syaratnya kamu harus memiliki tiket Airport Express Non Stop dan dilakukan minimal 3 jam sebelum waktu penerbangan dengan menggunakan maskapai yang disebutkan di atas.

Agar perjalananmu lebih menyenangkan, kamu pasti membutuhkan internet untuk mencari tau informasi tentang transportasi yang murah dan rute perjalanan di Korea Selatan. Untuk menunjang kebutuhan liburan di Korea Selatan, gunakan Global Wifi. Dengan Global Wifi, kamu bisa bebas berselancar di internet, scroll timeline sosmed, atau video call dengan keluarga dan teman-teman ketika berada Korea Selatan tanpa takut sinyal putus.

Jika smartphone kamu sudah support eSim, kamu juga bisa menggunakan eSIM Travel dengan internet unlimited dan jangkauan internet yang mencakup lebih dari 160 negara. Cukup dengan scan QR code dan langsung connect tanpa perlu ribet registrasi atau lepas pasang SIM Card

Korea Selatan, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *