5 Safari Terbaik di Afrika yang pesonanya Hangatkan Jiwa

Ada berbagai destinasi wisata safari terbaik di Afrika dengan pesona menghangatkan jiwa. Negara sekaligus benua ini menghadirkan pesona alam yang sangat mempesona. Dibandingkan dengan benua lain, Afrika lebih banyak memiliki nuansa alam eksotis.

Untuk yang suka berlibur ke alam dan melihat banyak satwa, kami akan merekomendasikan lima tempat terbagus di Benua Hitam ini. Rekomendasi tempat yang kami berikan ini bisa menjadi referensi ketika berkunjung untuk pertama kali atau melakukan kunjungan lanjutan.

5 Destinasi Safari Terbaik di Afrika

Wisata mengunjungi dan mengenal satwa dari berbagai wilayah memang bisa dilakukan di Indonesia. Ada banyak kebun binatang hampir setiap kota, tetapi sensasi datang langsung ke Benua Hitam akan berbeda. Contohnya, keajaiban alam lima tempat ini:

1.  Kenya

Kenya bukan nama asing ketika dikaitkan dengan Benua Hitam. Kenya terbilang sebagai salah satu destinasi safari terbaik di Afrika, khususnya Taman Nasional Nairobi. Taman Nasional Nairobi, Kenya sudah ada sejak tahun 1946 dan tercatat sebagai taman nasional pertama.

Lokasi dari Kota Nairobi yang merupakan ibu kota Kenya sekitar 7 kilometer dan sangat bersahabat untuk dikunjungi wisatawan. Taman Nasional Nairobi membatasi ruang gerak satwa dengan pagar besi sehingga pengunjung bisa melihat satwanya dengan aman.

Sejak lama taman nasional ini didesain untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung melihat satwa. Artinya, satwa-satwa yang ada di Taman Nasional Nairobi juga sudah didesain terbiasa melihat hilir mudik manusia yang datang berkunjung.

Taman nasional seluas 117,21 kilometer ini memiliki banyak jenis satwa. Sebagai salah satu destinasi safari terbaik di Afrika, pengunjung bisa menemukan badak hitam timur, kuda nil, macan tutul, kijang, babon, zebra grant, hartebeest cook, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika berkunjung pada musim kemarau maka Anda akan banyak menemukan berbagai jenis hewan herbivora. Pada lahan basah Hippo Pool akan ditemukan sekitar 400 spesies burung dan Anda bisa mengabadikan momen tersebut untuk diunggah ke media sosial.

Satwa paling khas Taman Nasional Nairobi Kenya adalah badak hitam. Bahkan tempat ini menjadi perlindungan badak hitam yang dengan julukan Kifaru Ark. Kifaru sendiri memiliki arti badak jika dalam Bahasa Kiswahili atau bahasa yang digunakan oleh orang Afrika.

Sebagai salah satu destinasi wisata safari terbaik di Afrika, Taman Nasional Nairobi memberikan daya tarik dari berbagai aspek. Baik fauna maupun floranya sama-sama menarik perhatian. Tidak semua flora dan fauna bisa ditemukan juga dalam Indonesia.

Berlibur ke Afrika, khususnya Taman Nasional Nairobi, Kenya akan lebih berkesan ketika Anda berhasil mengabadikan momen live ke media sosial. Tapi, untuk melakukan live ini butuh koneksi internet stabil. Persiapkan segala perlengkapan sebelum berangkat.

2.  Delta Okavango, Botswana

Delta Okavango, Botswana menjadi destinasi berikutnya yang menarik untuk dikunjungi. Jika ingin melihat populasi dan habitat hewan besar, Anda bisa mengunjungi tempat ini. Ada banyak jenis hewan bisa dikunjungi, seperti gajah, jerapah, zebra, wildebeest, dan lainnya.

Salah satu wisata safari terbaik di Afrika ini juga menjadi habitat bagi berbagai predator liat, seperti singa, hyena, juga macan tutul. Delta Okavango disebut juga sebagai Padang Rumput Okavango dengan kontur rawa dengan bagian tengah cekungan.

Cekungan ini yang membuat seluruh arus air menyatu ke tengah, bukan mengalir ke laut. Komposisi air dalam cekungan lama-kelamaan menguap dan bertranspirasi. Delta Okavango masuk ke dalam salah satu dari tujuh keajaiban kawasan Afrika.

UNESCO secara resmi memasukkan Delta Okavango ke dalam Situs Warisan Dunia yang keseribu pada 22 Juni 2014. Delta Okavango juga masuk ke dalam kawasan Danau Makgadikgadi, danau kuno yang sudah kering sejak Zaman Holosen awal.

Salah satu wisata safari terbaik di Afrika ini juga diyakini sebagai delta pedalaman terbesar di dunia, selain Sungai Nil dan Sudan Selatan. Anda bisa mengunjungi dan menikmati pesona keindahan alamnya dengan perjalanan sendiri maupun liburan bersama rombongan.

Menjadi salah satu habitat satwa liar, sayangnya Delta Okavango kerap menjadi destinasi ekspedisi ambisius yang mengancam kehidupan para satwa. Ambisi manusia melakukan ekspedisi bahkan juga merusak tatanan flora pada salah satu warisan dunia tersebut.

Pesan moral untuk siapapun ketika memiliki kesempatan berkunjung ke Delta Okavango untuk tidak mengganggu kehidupan flora dan fauna setempat. Akan lebih baik jika hanya mengabadikan momen melalui foto maupun video di kamera handphone.

Merekam keindahan dan kenangan di salah satu safari terbaik di Afrika ini bisa dikenang selamanya. Anda juga bahkan bisa berbagi kebahagiaan dengan teman dan keluarga di Indonesia dengan mengirimkan video maupun foto selama di Benua Hitam.

Asalkan mempersiapkan perangkat dan koneksi internet terlebih dahulu, perjalanan pasti terasa lebih menyenangkan. Banyak hal baru di Afrika yang menarik dilakukan dan untuk mencarinya bisa memanfaatkan google maps yang terkoneksi ke internet.

3.  Gurun Kalahari

Gurun Kalahari menjadi destinasi safari terbaik di Afrika berikutnya yang tidak kalah menarik. Gurun ini menjadi penghubung langsung ke Samudera Hindia dimana lokasi tepatnya ada di Afrika bagian Selatan.

Ini adalah salah satu gurun terbesar di Benua Hitam yang tidak mengizinkan adanya kehidupan modern. Jadi, Anda masih memiliki kesempatan luas untuk menikmati keindahan gurunnya secara alami. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah mendaki gurun.

Ada banyak cagar alam juga bisa dinikmati di sini. Gurun atau sabana ini memiliki luas 900 ribu kilometer persegi dengan sebagian besar lokasinya di Botswana dan bagian lainnya masuk ke Namibia. Iklim di Gurun Kalahari ini semi kering, setelah hujan akan terlihat padang rumput.

Sabana ini bukan sepenuhnya gurun pasir, setiap tahunnya masih ada hujan dengan curah mencapai 110 sampai 200 mm per tahun. Kalahari memiliki suku asli bernama Bushmen dengan mata pencaharian sebagai pemburu atau pengumpul.

Salah satu destinasi safari terbaik di Afrika ini terlalu sayang untuk dilewatkan. Karena selain memberikan pesona melalui keindahan alamnya, Anda juga bisa menikmati kekayaan budayanya. Uniknya kehidupan Suku Bushmen masih nomaden atau berpindah-pindah.

Tidak ada masyarakat setempat yang memelihara hewan, justru masyarakatnya berpindah-pindah untuk bertahan hidup. Bisa dibayangkan betapa uniknya kehidupan mereka, sementara di Indonesia saja sistem hidup nomaden sudah lama ditinggalkan.

Di sini Anda bisa menemukan hewan unik, seperti meerkat, babi hutan, hyena hitam, antelop, jackal, dan masih banyak lagi. Banyak hal unik bisa ditemukan di sini, baik dari segi kekayaan alam dan budayanya.

Bukan hanya cocok dijadikan sebagai tujuan safari terbaik di Afrika, namun tempat ini juga cocok disebut sebagai wisata sejarah sekaligus wisata budaya. Hal langka yang mustahil didapatkan di Indonesia, namun Anda bisa mengenangnya selamanya.

Membagikan momen bahagia selama liburan di Afrika akan lebih menyenangkan lagi jika bisa langsung posting ke media sosial. Atau sekadar berbagi foto dan video ke kontak teman serta keluarga. Namun, pastikan dulu bahwa Anda terkoneksi dengan internet stabil.

4.  Taman Nasional Odzala Kokoua, Kongo

Destinasi lainnya yang menjadi rekomendasi ketika mengunjungi Benua Hitam adalah Taman Nasional Odzala Kokoua, Kongo. Pada tempat ini Anda memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan gorila asli Benua Hitam serta melihat gajah hutan.

Taman Nasional Odzala Kokoua ini ditetapkan sebagai taman nasional hutan tropis terbesar kedua setelah Amazon. Spesies gajah hutan yang ditemukan saat melakukan safari terbaik di Afrika ini termasuk gajah dalam perlindungan dari kepunahan akibat perburuan.

Taman dengan luas 13.600 kilometer ini menarik perhatian turis lokal maupun asing. Anda berkesempatan datang sendiri atau bersama rombongan dari Indonesia. Taman Nasional ini sudah didirikan sejak tahun 1935 dan ditetapkan sebagai cagar biosfer pada tahun 1977.

Ada banyak fenomena alam bisa ditemukan di sini, diantaranya bukit, padang rumput, juga hutan. Pemerintah Kongo sendiri baru mengelola Taman Nasional Odzala Kokoua sejak 2010 untuk kemudian melakukan pembangunan serta pengembangan kawasan taman.

Taman Nasional Odzala Kokoua menjadi salah satu destinasi safari terbaik di Afrika yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Salah satu pariwisata Andalan Benua Hitam ini pernah mengalami krisis kunjungan wisatawan sekitar tahun 2011 ketika virus ebola mendunia.

Sekarang, Anda bisa mengunjungi destinasi alam ini kapan saja. Siapkan juga berbagai perlengkapan untuk membuat liburan lebih berkesan. Salah satunya bisa menyiapkan perangkat dan jaringan internet stabil untuk memposting kegiatan selama liburan.

Siapkan semua hal dari Indonesia, termasuk pemilihan perangkat agar liburan lebih tenang dan nyaman. Mempersiapkan koneksi internet dengan baik bukan hanya bisa jadi sarana unggah kegiatan, tetapi juga bisa menjadi sarana memperlancar komunikasi.

Kunjungan ke salah satu destinasi safari terbaik di Afrika bisa dilakukan kapan saja, namun sebaiknya lakukan saat curah hujan tidak begitu lebat. Tempat ini bukan hanya menyediakan keragaman fauna dan floranya, tapi Anda juga sudah bisa bermalam dekat tamannya.

Benua Hitam menjadi salah satu destinasi terbaik jika ingin menyaksikan kemurnian alam. Taman Nasional menjadi tempat dilestarikannya berbagai kehidupan flora serta fauna. Sementara manusia semakin padat, pembangunan semakin ramai, alam semakin tergerus.

5.  Amakhala Game Reserve

Terakhir, rekomendasi wisata alam saat datang ke Benua Hitam adalah Amakhala Game Reserve. Ini adalah tempat terbersih yang memberikan jaminan bebas penyakit malaria. Tempat yang cocok bagi wisatawan dengan adrenalin tinggi.

Amakhala Game Reserve menjadi tempat tinggalnya satwa liar sekaligus destinasi safari terbaik di Afrika bagi jiwa petualang. Tempat ini juga dijadikan sebagai wilayah konservasi untuk mendukung keberlangsungan hidup flora maupun fauna.

Wisatawan dengan keinginan menjauh dari hiruk pikuk kota akan sangat cocok mengunjungi Amakhala Game Reserve. Meskipun jauh dari perkotaan, Anda tetap bisa update kegiatan melalui unggahan foto dan video selama melakukan aktivitas liburan.

Tentunya aktivitas tersebut akan lebih lancar jika didukung oleh produk wifi maupun eSIM dari JavaMifi. Wifi dari JavaMifi memiliki keunggulan berupa layanan CS 24 jam, kuota unlimited, koneksi sampai ke lima perangkat, penyesuaian jaringan, dan koneksi di 200 negara.

Sementara eSIM memiliki keunggulan support CS 24 jam, kuota unlimited, bisa tethering, tidak perlu ganti kartu bisa langsung scan. Kelebihan lainnya untuk mendukung safari terbaik di Afrika adalah akan menyesuaikan dengan jaringan terbaik sesuai daerahnya.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *