3 Bahaya WiFi Luar Negeri, Jangan Berani Coba-coba

JavaMifi – Tahukah kamu, Globers, bahaya wifi luar negeri mengintai kamu kalau tidak berhati-hati dalam mengakses internet di publik. Bila kamu teledor, data pribadi kamu bisa dilihat bahkan dimodifikasi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Kalau kamu tidak mau hal itu terjadi, maka kamu harus tahu dulu bahaya wifi luar negeri kalau di akses sembarangan ini.

Bahaya wifi luar negeri memang jadi momok mengerikan ketika kita sedang berlibur. Hal ini terbukti pada ajang Piala Dunia 2018 kemarin, karena akses wifi publik yang ada di Rusia, setidaknya 25 juta serangan terdeteksi membahayakan pengguna internet yang datang ke Rusia. Resiko dari serangan ini bervariasi, tetapi yang pasti akan sangat merugikan pihak korban.

Founder JavaMifi, Suhartanto Raharjo mengatakan bahwa kejahatan siber seperti itu dapat begitu merugikan untuk wisatawan saat mereka sedang ke luar negeri. Hal ini diperparah dengan pihak berwenang akan sulit untuk melacak pelakunya karena pengguna wifi publik di luar negeri sangat banyak dan sulit untuk ditelusuri.

“Internet memang membawa kemudahan yang praktis tetapi masyarakat ada baiknya memerlukan pengetahuan dan sikap bijak dalam menggunakan wifi publik agar dapat meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan,” Jelas Suhartanto.

Setidaknya, ada 3 bahaya yang mengintai kamu saat menggunakan wifi publik selama di luar negeri, yaitu:

  1. Pencurian Identitas

Salah satu cara hacker untuk mencuri data adalah dengan menjadi penyedia wifi palsu. Apabila ada device yang terkoneksi dengan wifi tersebut, maka dapat dipastikan segala aktivitas browsing hingga data privasi bisa dilihat oleh hacker. Bahkan lebih jauh lagi, keamanan data-data pribadi akan terancam digunakan untuk hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

 

  1. Virus

Selain data pribadi bisa terancam, perangkat kamu pun bisa terkena virus seperti malware. Virus ini dapat mencuri file penting yang terdapat di dalam perangkat. Selain itu ada pula Ransomware, yaitu sejenis malware yang mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar.

 

  1. Pembajakan Media Sosial

Para hacker bisa memindai dan memindahkan data mulai dari nama akun, password, media sosial, hingga nomor kartu kredit ketika kamu menggunakan WiFi publik. Tak jarang data-data tersebut digunakan para hacker untuk menipu orang-orang terdekat dengan mengaku bahwa itu adalah kamu.

 

Dengan demikian, sangat penting untuk diperhatikan untuk wisatawan yang ingin berlibur ke luar negeri mengenai koneksi pada wifi publik. JKamu bisa mencoba menggunakan travel wifi yang aman dan terpercaya sehingga terbebas dari kejahatan siber. Tentunya bukan hanya aman, tetapi juga bisa memberikan segala kemudahan sehingga kamu juga nyaman.

Untuk itu, ada baiknya kamu membawa traveling Wifi JavaMifi kemanapun kamu berpergian ke luar negeri. Selain akses internetnya yang bisa diandalkan dan sudah mencakup lebih dari 160 negara, JavaMifi juga menyediakan paket traveling Wifi yang cukup murah dan dapat digunakan secara praktis.

Kamu bisa mengambil dan mengembalikan JavaMifi di 10 bandara, 7 kantor cabang JavaMifi,  20.000 minimart lebih. Kamu juga bisa mengambil dan mengembalikan melalui layanan pengantaran. Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan, bisa dibuka di situs JavaMifi. dan membaca ulasan menarik lainnya di blog JavaMifi ya.

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi seru seputar traveling lainnya ya. Have a safe flight Globers!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *