Aare, Sungai Swiss dengan Sejuta Keindahan Memanjakan Mata

Membahas tentang sungai Swiss tentu Anda akan langsung mengingat tentang sungai Aare. Tidak dapat dipungkiri memang daya tarik sungai ini mampu menarik wisatawan lokal dan juga sampai internasional.

Meskipun di Indonesia juga banyak memiliki sungai-sungai besar namun Aare sangat berbeda jika dibandingkan dengan sungai di Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan dari Indonesia sangat tertarik mengunjungi sungai ini.

Jika Anda ingin menjadikan Aare sebagai salah satu tujuan wisata maka harus mengetahui berbagai informasinya. Seperti bagaimana kondisi sungai tersebut, apa saja yang bisa dilakukan hingga berbagai fakta menarik lainnya.

Simak ulasan singkat tentang sungai Swiss satu ini sebagai bekal sebelum Anda berwisata kesana.

Sekilas Tentang Sungai Aare yang Terkenal di Swiss

Aare atau disebut juga Aar dalam bahasa Jerman adalah sungai terpanjang yang dimiliki negara Swiss. Panjangnya mencapai 295 km atau 183 mil dan air sungainya berasal langsung dari pegunungan Alpen.

Berada di tengah kota Bern, Swiss membuat Anda tidak akan kesulitan menemukan lokasinya. Bahkan masyarakat di negara Swiss mengetahui lokasi sungai ini karena memang terkenal sebagai tempat wisata terutama pada saat musim panas.

Aare memiliki kualitas air sangat bagus karena terjaga dari pencemaran lingkungan dan limbah sampah. Serta berasal dari pegunungan Alpen dengan warna hijau tosca, dapat dibayangkan bagaimana kesegarannya.

Bahkan air dari sungai Swiss satu ini jika tertelan tidak akan membuat Anda sakit. Kota Bern juga memiliki lebih dari 100 sumur yang airnya bisa diminum secara langsung.

Aare juga merupakan anak sungai dari Rhine dan merupakan sungai terpanjang juga di benua Eropa. Bermuara di Gletser Aare dengan melintasi 4 danau yaitu Danau Wohlen, Brienz, Biel dan Thun.

Selain itu juga melintasi 3 kantin yaitu Aargau, Solothurn dan juga Bern. Nantinya akhir dari aliran sungainya berakhir di Koblenz serta memasuki sungai Rhine.

Anda bisa mengunjungi tempat ini kapanpun dan selalu terbuka untuk wisatawan umum. Namun disarankan untuk datang pada saat musim panas agar Anda bisa menikmati keindahan sungai dengan nyaman.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan disana dengan tidak membuang sampah di sungai. Karena pemerintah sangat menjaga kebersihan sungai Swiss baik Aare maupun sungai-sungai lain di negara tersebut.

Apakah Diperbolehkan Berenang di Sungai Aare?

Menikmati keindahan sungai tentu akan kurang jika tidak mencoba berenang disana. Banyak pertanyaan tentang apakah diperbolehkan berenang dan apakah cukup aman untuk para wisatawan?

Di tahun 2017 UNESCO menetapkan adanya tradisi berenang di sungai Aare dan menjadi bagian warisan budaya. Tidak heran jika Anda akan menemukan banyak turis yang sengaja datang untuk berenang.

Karena aliran sungainya berasal dari pegunungan Alpen, tidak heran jika kondisi airnya sangat sengar dan cenderung dingin. Biasanya wisatawan akan berenang pada saat musim panas karena kondisinya lebih hangat.

Penduduk sekitar sungai Swiss memiliki cara tersendiri ketika akan berenang yaitu dengan meloncat dari jembatan. Mereka berenang dengan mengikuti aliran sungai dan perlahan akan menepi.

Ada beberapa titik yang dapat dijadikan acuan untuk mulai memasuki sungainya. Namun masyarakat lokal maupun wisatawan asing harus mengikuti petunjuk agar bisa berenang dengan aman dan selamat.

Mengingat memiliki arus yang cukup kuat maka disarankan perenang berpengalaman saja. Sedangkan untuk pemula tidak direkomendasikan dan sebaiknya selalu menggunakan jaket pelampung.

Sebelum Anda memasuki air sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu suhu tubuh dengan suhu airnya. Karena suhu air cukup dingin dengan melakukan penyesuaian membuat tubuh tidak akan kaget ketika berenang.

Sebaiknya juga melakukan pemanasan karena resiko kram cukup tinggi mengingat suhu didalam air berubah-ubah. Bisa saja ada bagian yang terkena panas sehingga lebih hangat dan ada bagian air sangat dingin.

Ragam Wisata Terdapat di Sekitar Sungai Aare

Ketika mengunjungi sungai Swiss satu ini, Anda tidak hanya sekedar menikmati pemandangan aliran sungainya saja. Namun tersedia banyak tempat wisata yang terletak di sekitar area sungai ini antara lain:

1. Rose Garden

Seperti namanya Rose Garden memiliki banyak bunga yang harum dan dianggap sebagai tempat romantis. Tempat ini biasa digunakan sebagai tempat kencan atau tempat pertemuan ketika pulang dari bekerja.

Memiliki lebih dari 400 jenis mawar dan juga ada beberapa jenis bunga lain seperti bunga iris dan rhododendron. Anda juga bisa menemukan sebuah kolam teratai dan ada air mancurnya dengan area rumput sangat luas.

2. Bern Animal Park

Berwisata ke sungai Swiss bersama anak-anak, tentu saja Anda wajib mampir ke Bern Animal Park. Anak-anak tentu akan sangat menyukai taman satwa karena terdapat beberapa jenis hewan didalamnya.

Seperti burung hantu, macan tutul, berbagai jenis burung, elang, anjing laut, monyet, beruang dan lainnya. Lokasi Bern Animal Park terdapat di tepi sungai Aare sehingga cukup berjalan kaki saja.

3. Marzili

Di tepi sungai Aare juga terdapat Marzili yang merupakan fasilitas kolam renang luar ruangan dengan berbagai pilihan ukuran kolamnya. Tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat libur musim panas.

4. Resto Schwellenmatteli

Menikmati keindahan sungai Swiss dan berjalan-jalan disekitarnya tentu saja akan menguras energi. Jangan khawatir karena di tepi sungai terdapat resto Schwellenmatteli dengan berbagai menu lezat.

5. Einsteinhaus

Tahukah Anda kalau Albert Einstein pernah tinggal di kota Bern dan saat ini rumah tersebut dijadikan sebagai museum. Mengunjungi tempat ini Anda dapat belajar sejarah secara langsung dari fisikawan terkenal.

Berbagai Fakta Menarik Tentang Sungai Aare Wajib Diketahui

Sungai Swiss satu ini memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai fakta menarik yang ingin diketahui wisatawan. Terkenal memiliki air berwarna biru jernih dan sangat bersih ternyata masih ada beberapa fakta menarik lainnya.

– Memiliki arus yang cukup kuat sehingga banyak wisatawan memanfaatkannya untuk berkegiatan arung jeram. Bentuk sungainya pun berliku-liku sehingga sangat cocok jika Anda ingin bermain arung jeram.

– Tidak hanya arung jeram, sungai ini bisa digunakan untuk rafting bahkan sudah berhasil memecahkan rekor. Pada tahun 2012 sekitar 1.268 orang mengarungi sungai menggunakan perahu karet secara bersama-sama.

– Terdapat 17 jembatan besar dan kokoh membentang diatasnya mengingat Aare merupakan sungai Swiss paling panjang. Jembatan tertua di Swiss yaitu Untertor menghubungkan antara Altenberg dengan Matte.

– Fakta menarik lainnya yaitu sungai ini digunakan sebagai sumber listrik kereta gantung. Kereta ini memiliki rute pendek yaitu hanya 105 m menghubungkan antara Marzili dengan Pusat Kota Bern dan Gedung Parlemen.

– Dataran yang ada disekitar sungai Aare dijadikan sebagai sebagai kawasan konservasi. Di sekitar area dataran tersebut memang terdapat ekosistem yang sangat sensitif sehingga harus dilindungi.

Pemerintah setempat meminta masyarakat di sepanjang aliran sungai Aare untuk berperan aktif menjaga sungainya. Termasuk tidak membuang sampah serta tidak melakukan kegiatan yang dapat merusak ekosistem didalamnya.

Tingginya kesadaran masyarakat inilah yang membuat sungai ini sangat terjaga kebersihan bahkan kualitas airnya. Jadi tidak ada salahnya Anda menjadikan sungai Swiss satu ini sebagai tujuan berwisata ketika berada di Swiss.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *