Itinerary Singapura 5 Hari 4 Malam

Singapura merupakan negara yang memiliki berbagai tempat wisata yang sudah mendunia. Bahkan, bandara Singapura, yaitu Changi Airport sudah menyandang banyak penghargaan bergengsi internasional. Tidak tanggung-tanggung, penghargaan yang sudah diperoleh Changi Airport sejak dibuka yaitu 620 penghargaan, termasuk 28 penghargaan bandara terbaik di dunia. Bisa terlihat dari penghargaan yang diperoleh oleh bandara Changi Airport, bahwa Singapura serius dalam menangani perjalanan luar dan dalam negeri. Itu baru dari bandaranya, belum tempat wisata yang ada di Singapura. 

Singapura menjadi pilihan destinasi liburan bagi turis mancanegara. Ini terlihat Singapura menjadi pilihan liburan para wisatawan luar negeri ketika berada di Asia Tenggara baik dari maupun menuju ke Eropa, atau liburan penuh di Singapura.

Untuk mengelilingi Singapura tidak cukup sehari, bahkan untuk menikmati seluruh wahana Sentosa Island membutuhkan waktu setidaknya 1-3 hari. Maka dari itu, bila kamu hendak mengunjungi Singapura, pastikan kamu berlibur selama lebih dari 3 hari. Untuk itu, berikut kami sajikan itinerary Singapura 5 hari 4 malam.

Agar itinerary kamu berjalan sesuai rencana, berikut kami contoh itinerary Singapura 5 hari 4 malam:

  • Day 1: Chinatown, Tanjong Pagar, dan Clarke Quay
  • Day 2: Gardens by the Bay, Marina Bay Sands, dan Waterfront Promenade
  • Day 3: Little India, Kampong Glam, dan Night Tour
  • Day 4: Joo Chiat Katong, Fort Canning Park, National Museum Singapore
  • Day 5: Sentosa Island atau Orchard Road, Changi Airport

Day 1: Mengunjungi kuil yang ada di Chinatown, hunting foto di Tanjong Pagar, dan menikmati keindahan malam di Clarke Quay

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Pertama-tama kamu bisa mengunjungi Chinatown. Chinatown adalah pusat imigran yang berasal dari Tiongkok, Singapura. Di Chinatown terdapat bangunan yang bernuansa oriental seperti bangunan bersejarah, kuil, klinik pengobatan tradisional. Namun, di Chinatown juga terdapat berbagai restoran modern, bar, dan café dengan gaya masa kini. Chinatown ini dapat dicapai dengan menaiki MRT dan turun di Chinatown Station menggunakan Ez-Link atau Nets FlashPay card. Cari tau juga cara jalan-jalan murah di Singapura dengan transportasi umum.

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Salah satu kuil populer di Chinatown ini adalah Sri Mariamman Temple. Kuil ini merupakan salah satu kuil Hindu tertua di Singapura sejak 1827 yang menampilkan detail arsitektur yang indah. Kuil ini dibuat untuk dipersembahkan kepada Dewi Mariamman. 

Kuil suci ini terkenal sebagai tempat untuk mengobati berbagai penyakit. Keindahan kuil ini terletak pada pahatan patung serta lukisan yang berada di dinding dan atap-atap kuil. Sebelum kamu masuk ke kuil ini, kamu diharuskan untuk melepas sepatu karena walau bagaimanapun, kawasan ini adalah kawasan suci bagi umat Hindu. Untuk masuk ke Sri Mariamman Temple gratis.

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Tempat wisata yang masih berada Chinatown selanjutnya yaitu Buddha Tooth Relic Temple & Museum. Buddha Tooth Relic Temple & Museum merupakan tempat beribadah yang megah bagi agama Buddha yang menjadi pusat kearifan serta menjadi rumah bagi artefak-artefak yang dimuliakan. Walaupun Buddha Tooth Relic Temple & Museum ini terlihat seperti bangunan yang berumur ratusan tahun, sebenarnya bangunan ini dibuat pada tahun 2007. Bangunan Buddha Tooth Relic Temple & Museum ini terinspirasi dari gaya arsitektur Dinasti Tang. 

Sesuai namanya, kuil ini memiliki benda yang dianggap umat Buddha sebagai taring sebelah kiri Sang Buddha yang ditemukan dari sisa kremasinya di Kushinagar, India. Saat ini gigi tersebut diletakkan di lantai empat. Selain itu, di lantai paling atas yaitu lantai 4, kamu bisa menikmati pemandangan Singapura dari atas. Dalam bangunan ini juga terdapat relik suci yang penting bagi Chinese dan Buddhis Tibet, juga terdapat blueprint yang digunakan untuk membangun bangunan Buddha Tooth Relic Temple & Museum. 

Sebelum masuk ke Buddha Tooth Relic Temple & Museum, pastikan kamu memakai syal dan sarung yang sudah disediakan di pintu masuk. Untuk masuk ke kuil dan museum Buddha Tooth Relic Temple & Museum gratis, tapi kamu bisa memberikan donasi sebagai bentuk menghargai. Di Buddha Tooth Relic Temple & Museum diperbolehkan untuk memfoto bagian-bagian dalam bangunan dengan syarat mematikan flash. Namun, hal tersebut tidak diperbolehkan ketika berada di lantai 4 di mana gigi Buddha berada/disimpan.

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Jika kamu sudah lelah dan membutuhkan tenaga tambahan, kamu bisa makan siang di Maxwell Hawker Centre yang terletak di seberang Buddha Tooth Relic Temple sebelum menuju ke Tanjong Pagar

Dari Maxwell Food Centre, jalan 15 menit di sepanjang jalan Neil Road, lalu belok ke kiri menuju Everton Road. Di sepanjang jalan Everton Road terdapat karya seni jalanan yang dilukiskan melalui mural. Di sini kamu bisa menikmati liburan dengan dikelilingi karya seni jalanan di sepanjang jalan Chinatown dan Tanjong Pagar.

Area Tanjong Pagar menjadi indah karena di sekitar jalan Blair Road dan Everton Road terdapat bangunan dengan warna yang cerah, pintu yang masih terbuat dari kayu, serta dipadukan dengan warna kanopi yang selaras dengan keseluruhan warna bangunannya menjadikan daerah ini seperti kembali tahun 80-an. 

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Setelah dari Tanjong Pagar, rute selanjutnya yaitu Clarke Quay. Clarke Quay merupakan daerah yang memiliki spot foto yang menakjubkan ketika malam hari. Kamu akan disajikan pemandangan malam yang indah dengan cahaya lampu yang terefleksi dari Singapore River. Selain itu, kamu juga akan diselingi dengan musik-musik yang berasal dari pinggir sungai sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan. Untuk menuju ke Clarke Quay dari Tanjong Pagar, ambil Purple Line dari Outram Park Station menuju Clarke Quay Station (arah Punggol) yang memakan waktu 15 menit.

Day 2: Jalan-Jalan di Gardens by the Bay, rekreasi edukasi di Art Science Museum, bersantai di Marina Bay Sands, serta berswafoto dengan Patung Merlion di Waterfront Promenade

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Perjalanan hari kedua di Singapura mengunjungi tempat wisata yang menjadi ikon negara Singapura yaitu Gardens by the Bay. Gardens by the Bay memiliki banyak landmark, wahana, dan tempat wisata yang menawan. Tempat rekreasi di Gardens by the Bay memiliki perpaduan antara gaya futuristik dengan tumbuhan hijau. Ini terlihat dari lanskap taman yang berada di luar maupun dalam ruangan yang berfokus pada efisiensi energi untuk membuat tempat menjadi lebih nyaman dengan suasana yang alami ditambah ditambah pemandangan yang indah. Simak juga tempat 7 wisata seru di Singapura.

Untuk menuju Gardens by the Bay dari Clarke Quay MRT Station jalan menuju Chinatown Station (memakan waktu 7 menit) lalu ambil Downtown blue line menuju Bayfront Station (menuju Bukit Panjang). Ikuti petunjuk jalan menuju Gardens by the Bay dan kamu akan menemukan Marina Bay Sands Hotel. Gardens by the Bay dibuka dari pukul 05:00-02:00, jadi kamu memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan Gardens by the Bay dari berbagai area tanpa kerumunan orang.

Terdapat beragam tempat rekreasi di Gardens by the Bay diantaranya:

  • Supertree Grove: Meliputi 12 taman dan 18 pohon futuristik.
  • Supertree Observator: Sebuah elevator observasi yang membawamu ke atas Supertree dengan pemandangan Singapura 360. Harga tiket masuk Supertree Observatory sekitar SGD 18.
  • OCBC Skyway: Skywalk yang berada di bawah Supertree dengan pemandangan Gardens by the Bay yang indah. Harga tiket masuk OCBC Skyway SGD 18.
  • Cloud Forest: Sebuah konservasi yang menampilkan gunung kecil dengan ditumbuhi tanaman eksotis dari seluruh dunia. Harga masuk Cloud Forest SGD 28.
  • Flower Dome: Sebuah observatory yang menampilkan berbagai bunga dari seluruh dunia berdasarkan musimnya. Harga masuk Flower Dome SGD 28
  • Floral Fantasy: Lanskap yang diselimuti beragam bunga mulai dari tembok sampai atap hingga seperti berada dalam dunia fantasi.
  • Dragonfly & Kingfisher Lakes: Sebuah danau yang memiliki fauna air yang menarik dengan pantulan Supertree yang indah.
  • Serene Garden: Taman yang dibentuk gaya Japanese Zen Garden.
  • Garden Rhapsody: Ketika sore hari, taman akan dihiasi dengan musik dan hiasan lampu yang atraktif.

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Destinasi selanjutnya yaitu Art Science Museum. Bentuknya yang menyerupai bunga lotus menjadikan Art Science Museum Singapore menjadi menarik untuk dikunjungi. Di Art Science Museum, kamu akan mendapat galeri yang dilengkapi dengan VR dan peralatan sains yang sering digunakan. 

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Setelah mengunjungi Art Science Museum, kamu bisa menjelajahi Marina Bay Sands. Marina Bay Sands merupakan hotel mewah yang dibuat pada tahun 2010 dan menjadi simbol sekaligus kebanggan negara Singapura. Yang ikonik dari Marina Bay Sands yatu atap tower panjang yang di dalamnya terdapat kolam renang dan bar sehingga menampilkan kesan yang mewah. Di dalam Marina Bay Sands juga terdapat toko-toko dari brand internasional ternama, restoran, hingga tempat rekreasi hiburan yang menarik. Tidak ketinggalan, di Marina Bay Sands juga terdapat klub malam untuk kamu yang menginginkan hiburan pada malam hari.

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Setelah menikmati Marina Bay Sands, destinasi akhir di hari kedua yaitu Waterfront Promenade & Merlion. Liburan ke Singapura tidak afdol jika tidak berkunjung melihat patung Merlion yang menjadi simbol Singapura Warga lokal percaya, bahwa air mancur dari Patung Merlion membawa berkah, kesejahteraan, dan kemakmuran . Jarak dari Marina Bay Sands ke Patung Merlion dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 15 menit. Di kawasan Waterfront Promenade, kamu bisa melihat Singapore Flyer yang berada di kawasan Marina Bay.

Day 3: Mengunjungi dan berbelanja kawasan Little India dan Kampong Glam, serta menikmati pemandangan malam Singapura dengan Night Bus Tour

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Kamu dapat memulai perjalanan liburan di hari ketiga dimulai dengan mengunjungi Little India. Di Little India, kamu akan menemukan toko-toko, kuil, dan keramaian orang-orang yang datang ke Little India. Jika kamu dari Clarke Quay, naik MRT Purple Line utara (arah Punggol) menuju Farrer Park Station, dilanjutkan dengan jalan kaki 8 menit menuju Sri Vadapathira Kaliamman Temple.

Jika kamu menyukai keindahan arsitektur kuil, di sini terdapat banyak sekali kuil dengan arsitektur yang indah. Disarankan menjelajahi Little India dengan berjalan kaki sehingga akan memudahkan kamu untuk pergi ke tempat wisata berikutnya yang berada di Kampong Glam.

Di Little India, terdapat berbagai kuil yaitu:

  • Sri Vadapathira Temple
  • Sri Srinivasa Perumal Temple
  • Sri Veeramakaliamman Temple
  • Sakya Muni Buddha Gaya Temple
  • Leong San See Temple
  • Tan Teng Niah

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Setelah dari Little India, kamu beranjak pergi menuju Kampong Glam. Seperti halnya Little India yang dihuni oleh etnis India, Kampong Glam juga dihuni oleh etnis Malay, Bugis, dan Arab. Sedikit cerita tentang sejarah, pada tahun 1822 Gubernur Thomas Stamford Raffles membuat Raffles Town Plan atau dikenal dengan Jackson Plan, yaitu rencana untuk mengatasi ketidakaturan yang parah di Singapura. Kemudian oleh Raffles dibuat pemukiman-pemukiman berdasarkan etnisnya. Maka terciptalah Chinatown, Little India, dan Kampong Glam ini. 

Di Kampong Glam, kamu akan mendapati suasana timur tengah yang kental dengan adanya toko kain karpet, keramik, toko perhiasan, bumbu masak khas timur tengah, dan peralatan rumah tangga. 

Di Kampong Glam, berikut kami berikan rekomendasi kegiatan liburan apa saja yang harus dilakukan di Kampong Glam:

  • Berfoto di depan kubah emas Sultan Mosque
  • Mengunjungi Malay Heritage Centre
  • Berbelanja di Arab Street
  • Hunting foto di Haji Lane
  • Makan siang di Sushi Airways
  • Berbelanja souvenir murah di Bugis Street

Sedikit tips, kebanyakan toko dan restoran hanya menyediakan metode pembayaran cash/tunai. Mesin ATM terdekat berada di Victoria Street.

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Setelah dari Kampong Glam, kegiatan paling direkomendasikan dan worth it yaitu naik Singapore Night Bus Tour. Singapore Night Bus Tour ini akan dengan pemandangan malam Singapura yang mengesankan. Sepanjang jalan naik Night Bus Tour, kamu akan menikmati arahan dari guide yang informatif dan lucu. Perjalanan menggunakan Night Bus Tour ini memakan waktu 3 jam. Bus ini bertingkat dua dengan atap terbuka di lantai dua.

Rute Singapore Night Bus Tour:

  • War Memorial Park
  • Marina Bay Barrage
  • Raffles Hotel
  • Merlion
  • Waterfront Promenade
  • Lau Pa Sat
  • Gardens by the Bay

Bus akan berhenti di tempat-tempat populer seperti Clarke Quay, Chinatown, Raffles Hotel, dan lain-lain. Harga naik Singapore Night Bus Tour SGD 53. Singapura indah pada siang hari, tapi akan lebih indah pada malam hari.

Day 4: Shopping dan Strolling di kawasan Joo Chiat Katong, dilanjutkan dengan mengunjungi Fort Canning Park dan National Museum Singapore 

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Pada hari ke-empat pada pagi hari, sebaiknya kamu mengunjungi kawasan Joo Chiat Katong. Seperti halnya dengan perumahan yang berada di Peranakan House, kamu akan menemukan rumah-rumah yang disulap menjadi toko souvenir seperti peralatan rumah dan baju-baju yang dijual di butik lokal.

Untuk menuju ke Joo Chiat Katong, jika kamu dari Clarke Quay, kamu menuju Raffles Place Station dan pilih Green Line menuju Eunos Station (arah Pasar Ris). Dari sini, dilanjutkan ke arah selatan ke Koo Seng Road yang memakan waktu 15 menit, dari situ akan terlihat deretan rumah-rumah yang menjadi ikon Joo Chiat Katong.

Berikut merupakan aktivitas yang dapat kamu lakukan Joo Chiat Katong:

  • Melihat bangunan terkenal Painted Ladies Peranakan House di sepanjang jalan Koo Seng Road
  • Berbelanja peralatan rumah Singapura
  • Beristirahat di coffee shops yang berada di Joo Chiat Katong
  • Berhenti di Ruma Bebe di East Coast Road untuk makan siang

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Pada sore hari, destinasi selanjutnya yaitu Fort Canning Park yang bisa kamu tuju melalui kereta atau taksi. Fort Canning menjadi saksi bisu dari beberapa kejadian yang sudah tercatat di dala sejarah Singapura mulai dari Singapura yang dahulu menjadi bagian dari wilayah Kerajaan Malaysia hingga menyerahnya Inggris kepada Jepang pada Perang Dunia 2. Harga tiket masuk Fort Canning Park gratis.

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Tidak jauh dari situ, terdapat National Museum of Singapore yang bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 5 menit dari Fort Canning Park. National Museum of Singapore ini buka dari jam 10:00-19:00. Jika kamu menyukai sejarah, tempat ini akan menjadi museum favorit. DI Museum Nasional Singapura ini terdapat exhibition yang menceritakan sejarah Singapura secara garis besar kronologisnya. Berikut sejarah garis besar Singapura berdasarkan eksibisi di Museum Nasional Singapura:

  • Pada akhir abad-13, ditemukan pulau yang bernama Singapura
  • Invasi Bangsa Portugis dan Era Sultan
  • Kolonialisasi Inggris dari tahun 1819
  • Pendudukan Jepang atas kemenangan Perang Dunia 2 di tahun 1942-45.
  • Bergabungnya Singapura dengan Malaysia setelah perang
  • Meraih kemerdekaan pada tahun 1965

Day 5: Berbelanja di kawasan Orchard Road atau berpetualang ke Sentosa Island, lalu diakhiri dengan menikmati fasilitas Changi Airport sebelum take off 

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Hari terakhir dalam liburan ke Singapura tiba. Kamu bisa menikmati hari-hari terakhir di Singapura dengan berbelanja di Orchard Road atau berpetualang di Sentosa Island untuk bersenang-bersenang selama beberapa jam, kemudian diakhiri dengan menikmati suasana di Changi Airport sebelum kamu terbang pulang. Simak juga tempat belanja hemat terbaik di Singapura.

Singapura dikenal memiliki mall yang bagus untuk shopping dan rekreasi hiburan seperti kasino layaknya di Las Vegas. Bila kamu dari Clarke Quay MRT Station, ambil Purple Line (arah Punggol) menuju Dhoby Ghaut Station. Kemudian pindah ke jalur Red Line (Jurong East Direction) dan turun di Orchard Station.

Berikut merupakan beberapa mall yang berada di Orchard Road:

  • ION Orchard
  • Orchard Central
  • Wisma Atria
  • Paragon Shopping Centre
  • 313@somerset
  • Mandarin Gallery

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Atau, bila kamu ingin melengkapi perjalanan liburan kamu dengan melakukan aktivitas keseruan yang maksimal, kamu dapat mengunjungi Sentosa Island. 

Untuk mencapai Sentosa Island, terdapat berbagai cara yaitu:

  • Naik taksi
  • Naik kereta, lalu ambil Purple Line (arah Harbourfront) dan turun di Harbourfront Station. Kemudian dilanjutkan naik cable car dengan harga SGD 26
  • Naik Bus Sentosa warna kuning dengan gratis

Hal yang bisa kamu lakukan di Sentosa Island:

  • Menghabiskan waktu di Universal Studios Singapore
  • Memacu adrenalin dengan Skyline Luge, Giant Swing, atau Mega Zipline
  • Mendaki Mount Imbiah Nature Trail
  • Menikmati Petualangan 4D
  • Berjalan menyeberangi Henderson Waves Bridge
  • Menghabiskan waktu di salah satu bar di pantai

itinerary singapura 5 hari 4 malam

Destinasi paling akhir dari itinerary ini selanjutnya yaitu Changi Airport. Cara paling cepat menuju Changi Airport yaitu naik taksi. Di pintu masuk bandara, kamu akan disambut dengan air terjun yang berasal dari atap dan menikmati pemandangan tersebut sebelum kamu beranjak terbang dari Bandara Changi.

Beberapa tempat yang bisa kamu nikmati di Jewel Changi yaitu:

  • HSBC Rain Vortex dan Shiseido Forest Valley
  • Canopy Park dan Mastercard Canopy Bridge. Harga tiket masuk SGD 6.
  • Bouncing Net, Hedge Maze, Mirror Maze dan lain-lain.

Itu dia Itinerary Singapura 5 Hari 4 Malam di Singapura. Oh ya, satu hal penting yang luput yaitu koneksi internet. Tentu akan sangat disayangkan bila kamu sudah jalan-jalan liburan ke Singapura tanpa memotret momen tersebut lalu membagikannya ke media sosial. Ketika kamu sedang asik jalan-jalan, tentu perjalananmu tidak mau dihambat oleh data internet yang habis dong. Maka dari itu, gunakan Global Wifi. Global Wifi ini adalah modem internet luar negeri yang mampu menangkap sinyal lebih dari 200 negara termasuk Singapura. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi dengan modem internet lain yaitu bisa tethering hingga 5 device, internet yang unlimited, dan cara pemakaiannya yang cukup mudah yaitu hanya scan QR code, internet langsung connect. Baterainya pun dapat bertahan hingga 13-15 jam. Ditambah, kamu tidak perlu melakukan deposit di awal. Jika kamu mengalami kendala, customer support kami siap siaga selama 24 jam.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tinggal scan QR dan internet langsung connect. 

Selain itu, terdapat cara baru yang lebih simple untuk scan QR Code. Jika kamu pengguna iOS 17, kamu bisa memanfaatkan fitur terbaru tanpa harus memiliki 2 device untuk foto QR Code atau print QR Code-nya. Caranya yaitu ke setting > cellular > add SIM > Use QR Code > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Untuk android sendiri, fitur tersebut sudah ada di Android 13 ke atas. Karena terdapat berbagai merk android, secara garis besar caranya seperti berikut ini. Setting > Connections > SIM manager > Add e-SIM > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Terdapat juga 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024. Ke luar negeri makin praktis, tinggal scan langsung connect.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik travelling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Itinerary, Singapura, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *