5 Tips Liburan Hemat ke Singapura

Siapa bilang jalan-jalan ke luar negeri itu mahal? Kamu bisa mewujudkan perjalanan impianmu ke negara yang kamu idam-idamkan sejak dulu. Jika kamu bingung untuk memilih traveling pertamamu, mungkin negara Singapura bisa menjadi pilihannya. Selain jaraknya yang dekat dengan Indonesia, Singapura memilih tempat wisata yang beragam dari yang oriental hingga yang modern.

Seperti yang sudah diketahui, negara Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki cost yang mahal mulai dari tempat penginapan, makanan, hingga denda pelanggaran publik. Kamu pasti sudah familiar mendengar bahwa Singapura menerapkan aturan yang keras terkait tata tertib kebersihan pada ruang publik yaitu dilarang mengunyah permen karet dan meludah sembarangan. Tidak tanggung-tanggung, denda yang dikenakan yaitu mulai dari 10.000-100.000 SGD atau sekitar Rp.111.000.000-Rp.1.110.000.000 atau penjara maksimal 2 tahun. Simak juga tips travelling ke Singapura.

Walaupun begitu, tentu kamu masih bisa berkesempatan untuk liburan ke Singapura. Kamu bisa meminimalisir pengeluaran dengan promo maupun diskon yang berlaku. Atau jika kamu jeli, kamu bisa memilih penerbangan, transportasi, dan tempat penginapan yang lebih murah. Untuk itu, berikut kami sajikan tips hemat liburan ke Singapura.

1. Cari Penerbangan Murah ke Singapura

Untuk yang Globers yang belum tau, saat ini rute Jakarta-Singapura melayani belasan maskapai penerbangan sehingga persaingan harga tiket pesawat terbang lumayan sengit. Namun, hal tersebut tergantung dari tujuan penumpang. Ada penumpang yang naik pesawat dari maskapai penerbangan yang terkenal, ada penumpang yang naik maskapai penerbangan apa saja asalkan sampai ke tempat tujuan, dan ada penumpang yang memilih penerbangan berdasarkan jadwalnya.

tips hemat liburan ke singapura

Pada umumnya, harga tiket pesawat Jakarta-Singapura yaitu $140-300 per orang dengan full service airlines yang sudah termasuk bagasi, makan, dan airport transfer. Berikut adalah maskapai penerbangan yang berada di kisaran harga $140-300:

  • Garuda Indonesia
  • Singapore Airlines
  • Lufthansa
  • Qatar Airlines
  • Etihad Airlines

Untuk tiket pesawat yang lebih murah, terdapat maskapai penerbangan dengan harga yang lebih terjangkau mulai dari Rp.700.000-Rp.2.000.000 untuk satu arah (tergantung promosi dan seasonnya). Mengingat harganya yang lebih murah, pastinya fasilitas yang didapat tentu tidak lengkap, seperti tidak dapat makan dan minum, allowance bagasi yang terbatas, jam penerbangan pada pagi dini hari, serta delay tanpa ganti rugi. Berikut merupakan maskapai penerbangan yang berada di kisaran harga Rp.700.000-Rp.2.000.000:

  • Lion Air
  • AirAsia
  • Scoot, (anak perusahaan Singapore Air)
  • JetStar
  • Citilink

Tiket pesawat rata-rata sudah dapat dibeli secara online karena terdapat promo dan diskon yang ditawarkan. Untuk itu, buat kamu yang sedang mencari tiket murah, tidak ada salah mengecek website masing-masing maskapai penerbangan untuk mendapatkan tiket yang lebih murah. Pembelian tiket menggunakan kartu kredit diperbolehkan via internet, pastikan juga kamu menggunakan kartu kredit pribadi karena terdapat beberapa maskapai penerbangan yang melakukan pengecekan kartu kredit di bandara.

2. Hotel Murah di Singapura

Umumnya kebanyakan orang Indonesia cenderung lebih menyukai menginap di hotel mewah berbintang ketimbang memilih menginap di hotel yang terjangkau, hal ini juga berlaku bagi beberapa turis dari negara lain. Ditambah, hotel-hotel murah yang ada di Singapura masih terbatas. Namun, jika kamu jeli dan gencar mencari info tentang hotel yang murah, kamu bisa mendapatkan kamar dengan harga yang terjangkau.

Di Singapura, hotel yang murah adalah hotel yang kamar double-nya kurang dari dari SGD 90 atau sekitar Rp.600.000. Jika di Indonesia, untuk harga tersebut sudah mendapat hotel bintang 3, sedangkan di Singapura hanya mendapat hotel bintang 2 ke bawah.

tips hemat liburan ke singapura

Untuk pemilihan lokasinya pun sebenarnya tidak masalah, karena Singapura adalah negara yang kecil yang luasnya dapat ditempuh mobil dalam waktu 40 menit dari timur sampai barat. Namun, beberapa distrik ditujukan khusus untuk menjadi cluster hotel, yaitu:

Balestier

Pada awalnya, daerah dipakai untuk private condominium yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia. Seiring berjalannya waktu, kawasan tersebut berubah menjadi cluster hotel yang terjangkau. Balestier ini cukup nyaman ditempati karena terdapat berbagai macam tempat makan di Balestier Road. Namun, kawasan ini memiliki akses MRT yang cukup jauh. Stasiun terdekat dari Balestier adalah Novena dan Newton yang bisa dicapai dengan 15 menit jalan kaki. Namun, jika naik bus, terdapat beberapa rute yang melewati kawasan yang langsung menuju Vivo City, Orchard, dan Chinatown. Untuk kamu yang baru pertama kali ke Singapura, simak dulu tips jalan-jalan murah di Singapura dengan transportasi umum.

Geylang

Distrik Geylang terkenal dengan kawasan yang menyediakan hiburan malam. Geylang merupakan red-light district dengan banyaknya para pekerja seks yang berada di pinggir jalan. Banyak hotel murah yang bertebaran di distrik ini. Sangat tidak disarankan mengunjungi daerah ini ketika membawa keluarga dan anak-anak. Meskipun begitu, kawasan ini memiliki banyak tempat makan yang enak. Jalan-jalan di distrik Geylang yang berjumlah ganjil (1,3,5) merupakan jalan yang menyajikan tempat makan yang enak, sedangkan jalan berjumlah genap (2,4,6) merupakan kawasan hiburan malam. Begitu pun hotel-hotel murah yang berada di distrik Geylang terdapat di jalan berjumlah genap. Untuk mencapai Geylang, kamu dapat naik MRT dan turun di Stasiun Kalang, lalu lanjut berjalan kaki sekitar 10 menit.

Joo Chiat

Kawasan ini juga menyediakan berbagai hiburan malam seperti bar dan klub malam, tapi tidak sebanyak di Geylang. Di sini juga terdapat hotel-hotel murah. Kekurangan daerah kawasan ini yaitu stasiun MRT jaraknya cukup jauh.

Bugis

Kawasan ini masih terdapat hostel-hostel yang terjangkau. Daerah ini menjadi pusat tempat tinggal karena letaknya yang berada di tengah-tengah kota. Selain itu, banyak tempat makan, shopping, juga akses menuju ke sini juga mudah. Contoh hotel yang berada di Bugis yaitu Ibis Bencoolen, hotel Fragrance, dan Hotel 81 di area Bencoolen.

Little India

Selain karena menjadi tempat berkumpulnya orang-orang India, tempat ini menawarkan penginapan murah dengan suasana yang berbeda serta terdapat tempat makan yang murah. Di sini juga terdapat toserba yang populer yaitu Toko Mustafa, yang menjual berbagai barang dengan harga yang terjangkau.

Orchard Rd

Tidak seperti tempat-tempat di atas, kawasan ini tarifnya sedikit lebih mahal untuk hotel. Hotel-hotel yang berada di kawasan ini pun adalah hotel bintang 3 dengan kisaran harga $200. Di kawasan ini juga terdapat tempat makan dan tempat shopping. Semuanya lengkap, tetapi budget yang dikeluarkan akan terasa jika tinggal di kawasan ini.

Berikut merupakan rekomendasi hotel terjangkau di Singapura:

  • Hotel 81 Chinatown, lokasinya cukup strategis dan dekat dengan MRT Chinatown walau kamarnya kecil. Untuk harganya sendiri tergantung dari promosi.
  • Fragrance Hotel – Emerald, meski kamarnya kecil, tapi nyaman dan bersih. Hotel ini bisa dipilih sebagai tempat istirahat ketika sedang tur perusahaan.
  • Fragrance Hotel – Oasis, terletak di kawasan Balestier. Hotel ini memiliki kualitas standar yang baik.
  • Value Hotel, Hotel ini terdapat di 3 lokasi yang berdekatan yang terletak di Balestier Road.

3. Hostel untuk Backpacker

Untuk kamu yang sedang backpacker, terdapat beberapa hostel-hostel murah di Singapura. Umumnya berbentuk dorm dengan ranjang yang disusun bertingkat atau satu ruangan berisi 4-8 kasur. Terdapat juga hostel yang campur atau khusus perempuan saja.

tips hemat liburan ke singapura

Beberapa hostel juga memiliki fasilitas dapur sehingga dapat memasak sendiri. Untuk keamanannya sendiri menjadi tanggung jawab masing-masing, meskipun tidak ada kasus pencurian.

Rekomendasi hostel untuk backpacker di Singapura:

  • Hangout@Emily di kawasan Little India, tipe dorm dengan harga SGD 40 (sudah termasuk makan pagi).
  • Footprint, tidak jauh dari Hangout, harganya sekitar SGD 30-40.
  • Incrowded Backpackers Hostel, berada di kawasan Little India.
  • Bugis Backpacker, harga sekitar SGD 20-40 per orang.
  • ABCBackpackers, berada di kawasan Bugis.

4. Hotel Bagus di Singapura

Persoalan murah atau mahal merupakan permasalahan yang subjektif. Ada orang yang rela berhemat untuk berbelanja, tapi mau menginap di hotel yang berbintang, atau sebaliknya. Simak juga 6 tempat belanja hemat terbaik di Singapura.

tips hemat liburan ke singapura

Dalam daftar ini harga kamar merupakan harga termurah tipe double, tapi kemungkinan besar kamu mendapat harga yang lebih mahal. 

Berikut merupakan rekomendasi hotel bagus di Singapura:

  • V Hotel Lavender, bintang 4) per malam SGD 150, hotel ini memiliki lokasi yang strategis, persis berada di atas MRT Lavender Station. Meskipun kamarnya tidak terlalu besar, tetapi jumlah kamarnya sangat banyak.
  • Resort World Genting Jurong Hotel, hotel ini terletak di area Jurong (Singapura barat). Hotel ini memiliki nuansa seperti hotel yang berada di Sentosa tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Lokasinya dekat dengan MRT Station. Selain itu, juga tersedia shuttle bus yang menuju  ke Resort World Sentosa dari hotel ini.
  • Meritus Mandarin Hotel, bintang 5 per malam SGD 260, terletak di Orchard.
  • Crowne Plaza-Changi, bintang 5 per malam kurang lebih 170, berada di Bandara Changi. Hotel ini merupakan satu-satunya yang terhubung dengan bandara, sehingga hotel ini sangat cocok bagi yang ingin transit dan tidak perlu repot-repot membawa koper ke tengah kota.
  • Siloso Beach Resort Hotel, bintang 4 per malam SGD 200, terletak di Pulau Sentosa. Kelebihan hotel ini yaitu suasana resort yang kental dan lebih tenang. Kekurangannya yaitu susah untuk mencari tempat makan di luar hotel.
  • Holiday Inn-Atrium, bintang 4 per malam SGD 160, terletak di Clarke Quay.
  • Grand Mercure Roxy, bintang 4 per malam SGD 140, terletak di Marine Parade. Lokasinya yang berada di East Coast dan dekat dengan shopping center di Marine Parade. Tersedia juga shuttle bus gratis menuju airport.

5. Internet di Singapura

Internet merupakan hal yang penting ketika sedang travelling ke luar negeri untuk mencari informasi dan berkomunikasi dengan kerabat. Sayangnya, beberapa SIM di luar negeri memiliki harga yang lebih mahal serta memiliki aturan yang ketat seperti harus memasukan data diri dan paspor.

Untuk internet sendiri, di Indonesia sudah tersedia Global Wifi. Global Wifi merupakan modem internet yang mampu menangkap sinyal dengan baik dan stabil dengan jangkauan hingga 200 negara termasuk Singapura. Selain itu, Global Wifi juga bisa tethering hingga 5 device. Jadi kamu tidak perlu khawatir membawa banyak device atau berbagai internet dengan teman travelling kamu. Selain itu, cara penggunaannya pun cukup mudah. Tinggal nyalakan,masukkan password, dan internet langsung connect. Ditambah, kamu tidak perlu melakukan deposit di awal. Jika kamu mengalami kendala, customer support kami siap siaga selama 24 jam.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan eSIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik travelling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Singapura, Tips & Trick, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *