8 Tips Nonton Konser Coldplay di Singapura 2024

Setelah mengunjungi Indonesia pada tahun lalu, grup band Coldplay akan mengadakan konsernya kembali di kawasan Asia Tenggara yaitu di Singapura, tepatnya di National Stadium Singapore pada tanggal 23,24,26,27,30 & 31 Januari 2024. Konser ini merupakan bagian dari tur Music of the Sphere yang sudah bergulir sejak 2022 lalu.

Singapura sendiri sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan konser-konser di negaranya. Terlebih lagi, konser Coldplay kali ini akan diadakan di National Stadium Singapore, yang merupakan stadion kebanggan negara Singapura. Stadion ini tidak hanya digunakan untuk konser, tetapi juga dipakai untuk perhelatan olahraga.

Untuk kamu yang tidak mendapat tiket di Indonesia atau ingin menyaksikan kembali performa Coldplay yang meriah di Singapura, berikut kami sajikan beberapa tips nonton konser Coldplay di Singapura.

1. Budget Planning

Seperti yang sudah diketahui, tiket untuk menonton konser tidaklah murah. Terlebih, yang ditonton adalah musisi kelas dunia yaitu Coldplay. Selain itu, lokasinya berada di luar negeri, mengharuskan kamu untuk mengatur budget dengan tepat. Untuk itu, budget planning penting untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan budget planning jauh-jauh hari dengan membuat tabungan khusus untuk menonton konser.tips nonton konser coldplay di singapura Jika tersedia, kamu bisa membeli tiket konser presale/early bird karena harganya yang lebih murah. Pada umumnya, ketika konser akan diselenggarakan, terdapat kategori-kategori khusus berdasarkan letak tempat duduk untuk menonton konser.

Semakin dekat jaraknya dengan panggung, maka harganya tiketnya semakin mahal. Untuk itu, kamu dapat menyesuaikan kategori berdasarkan budget yang kamu miliki. Hal yang tidak kalah penting yaitu asuransi perjalan. Sebelum berangkat, pastikan kamu memiliki asuransi perjalanan sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika sesuatu terjadi pada diri kamu.

2. Membawa Dokumen Penting

Karena kamu akan menonton konser di Singapura, maka kamu setidaknya membutuhkan paspor dan visa. Untuk visa sendiri, jika kamu warga negara Indonesia, kamu tidak perlu khawatir karena negara Singapura mengadakan program bebas visa untuk warga negara Indonesia yang datang ke Singapura dengan jangka waktu tertentu.

tips nonton konser coldplay di singapura

Dengan begitu, kamu hanya perlu memastikan masa berlaku paspor kamu lebih dari 6 bulan. Selain itu, kamu juga harus mengisi formulir SG Arrival Card (SGAC) 3 hari sebelum kedatanganmu. 

3. Menyiapkan Biaya Akomodasi

Setelah selesai dengan budgeting dan dokumen-dokumen penting, langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan tiket pesawat, booking hotel di sekitar venue, dan biaya transportasi di Singapura. Setelah mendapat tiket untuk menonton konser, kamu tinggal membeli tiket pesawat yang tanggal keberangkatannya sebelum konser dimulai.

tips nonton konser coldplay di singapura

Selain itu, kamu bisa memilih tempat penginapan yang jaraknya dekat dengan tempat diadakannya konser Coldplay, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan transportasi untuk menuju ke tempat konser Jika kamu punya budget lebih, kamu bisa mempertimbangkan untuk berbelanja di 4 tempat belanja tersembunyi di Singapura.

Rekomendasi hotel dekat dengan National Stadium Singapore:

  • Five/6 Hotel Splendour: harga mulai dari RP.1.700.000/malam
  • K Hotel 8: harga mulai dari RP.729.000/malam
  • Ibis Budget Singapore Emerald: harga mulai dari RP.898.000/malam
  • Hotel 81 Premier Hollywood: harga mulai dari RP.845.000/malam
  • Ibis Budget Singapore Sapphire: harga mulai dari RP.898.000/malam

Karena konser Coldplay akan diadakan di National Stadium Singapore, seharusnya akses menuju tempat konser tidak menjadi masalah. Hal ini dikarenakan National Stadium Singapore memiliki stasiun MRT sendiri, sehingga untuk mencapai National Stadium Singapore, kamu hanya perlu naik MRT dan turun di Stadium MRT Station di Circle Line. Menariknya lagi, stasiun MRT ini berada persis di kawasan National Stadium Singapore. Ketika kamu keluar dari stasiun MRT, kamu akan langsung tiba di National Stadium Singapore ini. Kamu juga bisa mengunjungi destinasi wisata menarik di Singapura.

4. Cari Teman Konser

Momen menonton konser musik akan lebih seru jika bersama-sama. Semakin ramai, semakin seru. Sangat disayangkan bila menonton konser sendirian di tengah kemeriahan penonton lain. Maka dari itu, kamu bisa mengajak teman, saudara, keluarga, atau pasangan kamu untuk menonton konser Coldplay bareng.

tips nonton konser coldplay di singapura

Selain itu, dengan mengajak partner nonton konser, kamu bisa membagi biaya akomodasi seperti tiket pesawat, booking hotel, dan transportasi sehingga mengurangi biaya pengeluaran.

5. Siapkan Fisik yang Sehat dan Pakaian yang Nyaman

Ketika konser Coldplay, tentu Globers pasti akan lompat-lompat karena musik yang ditampilkan Coldplay adalah musik yang fun, ceria, dan meriah. Untuk itu, penting buat kamu mempersiapkan fisik yang prima agar tidak cepat lelah ketika konser sedang berlangsung.

Agar nyaman ketika menonton konser, gunakanlah pakaian dan alas kaki yang nyaman mengingat konsernya berlangsung lebih dari satu jam. Sebelum konser, pastikan kamu makan dan minum air yang cukup karena menonton konser Coldplay pasti akan menghabiskan banyak energi. Kamu juga bisa membawa botol air minum yang dibolehkan dibawa masuk ke arena konser.

6. Membawa Power Bank 

Selain mempersiapkan barang-barang esensial seperti di atas, kamu juga harus membawa barang-barang penting lainnya yang akan dibutuhkan ketika konser seperti power bank dan tas kecil. Ketika sedang mengabadikan momen, tentu kamu tidak mau terganggu dengan baterai hp yang lemah.

tips nonton konser coldplay di singapura

Dengan adanya power bank, kamu bisa sepuasnya merekam suasana konser tanpa harus khawatir baterai habis. Barang penting lainnya yaitu tas kecil. Tas kecil ini berfungsi untuk menyimpan perangkat kecil yang praktis seperti hp, power bank, dompet, dan lain-lain. 

7. Pahami Aturan Konser & Denah Arena

Konser yang baik adalah konser yang penontonnya rapi dan tertib. Penonton yang baik adalah penonton yang mentaati aturan konser yang berlaku sehingga kamu dan penonton yang lain akan merasa nyaman satu sama lain tanpa gangguan mengganggu jalannya pertunjukan. Selain itu, penting juga memahami denah lokasi stadion tempat berlangsungnya konser.

tips nonton konser coldplay di singapuraHal ini perlu diketahui agar ketika terjadi situasi yang darurat, kamu bisa mengetahui letak jalan keluar, assembly point, atau pintu darurat yang tersedia. Coldplay juga membuat aturan tentang pengembalian gelang konser. Ini karena Coldplay band yang mengkampanyekan go green  di setiap tur musiknya. Untuk itu, pastikan kamu mengembalikan gelang konsernya ya Globers!

8. Merchandise

Biasanya ketika sedang mengadakan tour, sebuah band pasti juga menjual berbagai macam merchandise termasuk Coldplay. Merchandise yang dijual pun bersifat limited edition. Untuk itu, pastikan kamu juga mempersiapkan budget untuk mendapatkan merchandise edisi terbatas ini ya Globers. Selagi sedang berada di Singapura, kamu juga bisa liburan di sini. Di Singapura terdapat tempat-tempat wisata seru di Singapura. Kamu juga bisa sekedar strolling di sekitar National Stadium Singapore, keliling Marina Bay, melihat patung Merlion.

Ketika sedang menonton konser Coldplay di Singapura, kamu tentu juga tidak mau ketinggalan untuk mengupload keseruan saat menonton konser dong. Agar kamu tetap bisa membagikan momen menyenangkan tersebut dan tetap eksis di media sosial, kamu pasti akan memerlukan koneksi internet yang stabil dan unlimited. Maka dari itu, kamu wajib memiliki Global Wifi. Global Wifi adalah modem internet global yang sudah mencakup lebih dari 200 negara termasuk Singapura. Ukuran Global Wifi ini pun sangat ringkas, sehingga tidak akan memakan tempat ketika disimpan di tas kecil saat menonton konser. Cara pakainya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyalakannya, masukkan password, dan internet langsung connect. Kelebihan lain dari Global Wifi yang tidak dimiliki dari modem internet lain yaitu mampu connect ke 5 device lain, sehingga kamu bisa sharing internet dengan teman kamu atau menyambungkannya ke device kamu yang lain.

Mau yang lebih simple? Gunakan e-SIM Travelling. Jika smartphone kamu sudah support e-SIM dan enggan untuk membeli SIM lokal, kamu bisa menggunakan e-SIM Travelling ini. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu tinggal scan QR dan internet langsung connect. e-SIM Travelling ini juga bisa tethering layaknya SIM Card pada umumnya. Tidak perlu ribet scan wajah atau memasukkan data pribadi. Jika kamu mengalami kendala, customer support kami juga siap siaga selama 24 jam.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik travelling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Singapura, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *