Tips bersepeda saat pandemic corona

Beberapa waktu ini dijalanan banyak dipenuhi dengan warga yang berolahraga menggunakan bersepeda padahal kondisi masih belum bebas virus Corona. Bersepeda memang bisa menjadi pilihan kegiatan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh kamu di masa pandemi ini. Selain itu, bagi kegiatan ini juga bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang selama ini menggunakan jasa untuk bepergian jarak dekat sekaligus menjaga kesehatan. Namun naik sepeda  selama masa pandemi corona sedikit berbeda dalam kondisi normal. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak terpapar virus.

1. Persiapan

Kamu perlu memperhatikan kondisi daerah yang akan kamu lalui saat bersepeda, rajinlah untuk mencari informasi yang disediakan oleh pemerintah tentang daerah tersebut. Pastikan daerah yang akan kamu lalui merupakan daerah kategori hijau atau kuning untuk menghindarkan dari paparan virus. Persiapkan diri dengan kelengkapan protocol penganganan covid yaitu mencuci tangan, pakai masker, kaos lengan panjang dan persiapan keamanan bersepeda yaitu helm, kacamata dan sepatu.

2. Hindari berkelompok

Hindari kegiatan yang bersifat berkelompok dan disarankan tidak naik sepeda bersama-sama dan masih perlu untuk menjaga jarak sosial meski aturan pembatasan sosial telah dilonggarkaan. Bila kamu ingin naik sepeda di tengah pandemi, baiknya kamu lakukan sendirian atau bila ingin berkelompok bisa dilakukan hanya dengan anggota keluarga di rumah yang bisa dipastikan sehat. Jika sangat ingin bersama-sama dilakukan tidak lebih dari lima orang adalah yang dianjurkan.

3. Pilih tempat dan waktu yang tepat

Memilih tempat dan waktu yang benar-benar tepat perlu kamu perhatikan saat bersepeda. Hindari jalanan padat atau ramai maka pilihlah jalan yang relative sepi baik dari kendaraan maupun orang, selain menghindari resiko kecelakaan hingga  meminimalisir pertemuan dengan banyak orang sehingga mengurangi risiko penularan virus Covid 19.

4. Intensitas jangan terlalu berat

Dimasa pendemi ini kamu gowes dengan menggunakan masker tentunya akan berat dipernapasan. Oleh karena itu, kurangi intensitasnya dan lakukan olahraga hanya untuk bersenang-senang saja guna menjaga daya tahan tubuh. Kaya apa sih ketika kita tidak dikatakan tidak ngoyo yaitu ketika kamu mengayuh pedal sepeda dan kamu masih bisa berbicara dengan baik maka masih dapat terjaga  keseimbangan antara kebutuhan oksigen dan latihan tercapai.

5. Hindari singgah atau mampir

Siapkan bekal minuman dan hand sanitizer untuk mencukupi kebutuhan selama di perjalanan dan Hindari berbagi bekal dengan orang lain (botol minum, makanan). Kalaupun kamu sudah sangat merasa lelah maka Istirahatlah secukupnya dan tidak perlu terlalu lama. Tujuan menghindari mampir di suatu tempat adalah untuk kamu meminimalkan risiko paparan virus covid 19.

6. Bersihkan diri dan kelengkapan

Yang tidak kalah penting adalah langkah yang perlu diperhatikan saat telah selesai bersepeda yaitu membersihkan segala yang kita bawa. Bersihkan sepeda lap dengan bahan antiseptic atau lebih baik cuci dengan sabun, selain memastikan kebersihan sepeda juga sekalgus merawat sepeda. Cuci baju kaos, sepatu dan kaos tangan yang kita pakai sebab kita tidak tahu apakah virus menempel di pakaian kita serta lap kacamata dan lap serta jemur helm yang kamu pakai di terik matahari dan terpenting adalah kamu mandi agar memastikan selutuh tubuh terkena sabun untuk menghilangkan kemungkinan virus yang menempel.

Tips diatas bisa kamu terapkan agar usaha kamu untuk tetap sehat dengan bersepeda di tengah kondisi pandemic tetap terjaga dan orang-orang tercinta disekitar kamu juga merasa aman karena kamu telah menerpkan protocol kesehatan yang tepat.

Untuk kamu yang hobi bersepeda, asiknya bersepeda sambil mendengarkan musik online dari smartphone kesayangan. Kamu bisa pakai mobile wifi dari JavaMifi.. Koneksi internet nya dijamin lancar, stabil, sehingga bebas dengerin musik kapan saja dan di mana saja tanpa putus-putus.

JavaMifi sudah menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. Info lebih lanjut bisa kunjungi website nya JavaMifi.

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi penting dan seru lainnya.

News, Update

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *