5 Biaya Liburan ke Thailand Bersama Keluarga di Tahun 2024 
banner 468x60

Asia Tenggara selalu menarik untuk dikunjungi. Selain karena lokasinya yang dekat dengan Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara memiliki nilai mata uang yang sama dengan Indonesia bahkan lebih murah dibandingkan dengan rupiah. Salah satu negara di Asia Tenggara yang cocok untuk dimasukan ke daftar liburan kamu yaitu Thailand. Simak itinerary Bangkok 4 hari 3 malam dengan biaya murah.

Thailand mempunyai landmark yang sudah mendunia di kalangan para traveler mancanegara seperti Angkor Wat, The Grand Palace, Wat Arun, dan lain-lain. Thailand juga memiliki tempat wisata yang ramah untuk keluarga.  Untuk kamu yang berencana mengunjungi Thailand dalam waktu dekat bersama keluarga, yuk cari tahu biaya liburan ke Thailand tahun 2024 untuk satu keluarga.

banner 336x280

Biaya Liburan ke Thailand bersama Keluarga di Tahun 2024

Momen liburan merupakan momen yang penting untuk dinikmati bersama keluarga. Untuk kamu yang sedang mencari travel guide ke Thailand beserta biayanya, yuk cari tahu biaya liburan ke Thailand 2024 untuk satu keluarga.

1. Biaya Tiket Penerbangan

Saat pergi ke luar negeri, hal yang pertama dipikirkan yaitu tiket pesawat. Untuk itu, carilah jadwal kosong untuk liburan bersama keluarga dan mencari harga tiket pesawat yang murah.

biaya liburan keluarga thailand

Terdapat dua alternatif untuk bisa mencapai Thailand, yaitu melakukan penerbangan langsung ke Thailand atau transit di daerah yang dekat dengan Thailand seperti Singapura atau Kuala Lumpur. Jika kamu memilih untuk melakukan penerbangan langsung, kamu bisa menggunakan LCC Airlines seperti Malindo Airways dengan tarif Rp.1.400.000.

2. Akomodasi Penginapan

Selain budget transportasi, siapkan juga budget akomodasi untuk biaya penginapan liburan ke Thailand satu keluarga. Kamu tidak perlu khawatir akan biaya penginapan yang mahal di Thailand, karena di Thailand banyak sekali hotel yang menawarkan biaya penginapan yang murah, mulai dari 170 baht atau sekitar Rp.76.000. Selain itu, letak penginapan-penginapan tersebut juga berada di tengah kota, sehingga memudah kamu untuk mengunjungi tempat wisata yang berada di pusat kota, akses untuk transportasi umum, dan lain-lain.

biaya liburan keluarga thailand

Jika kamu baru pertama kali ke Thailand, sangat direkomendasikan untuk memilih penginapan di kawasan Khao San Road. Harga hotel-hotel di kawasan Khao San Road ini lebih murah dibandingkan dengan daerah lain. Di sini kamu bisa mendapatkan hotel dengan harga Rp.90.00 untuk satu malam. Selain itu fasilitasnya terbilang lengkap seperti makan pagi, WiFi, dan AC.

Berbeda dengan Khao San Road, terdapat kawasan penginapan yang berada di sudut-sudut  tapi dengan harga harga yang terjangkau yaitu di kawasan Sukhumvit. Walaupun berada di kawasan terpencil, Sukhumvit masih dekat dengan stasiun MRT dan Subway.

Selai Sukhumvit, kawasan lain yang dekat dengan akses transportasi yaitu Mo Chit. Kawasan Mo Chit lokasinya dekat dengan pemberhentian bus sehingga memudahkan kamu pergi ke berbagai tempat dengan biaya yang lebih murah.

Jika kamu mencari kawasan penginapan yang rapi, nyaman, luas, dan murah, Silom Bangkrak bisa menjadi pilihannya. Salah satu penginapan yang bisa kamu coba yaitu Folk Poshtel yang menawarkan tarif mulai dari Rp.180.00 sampai Rp.775.000 per malam.

Untuk hotel-hotel bintang tiga di Bangkok, dipatok dengan harga per malamnya sekitar Rp.200.000-Rp.500.000. Semakin mahal hotelnya, fasilitas yang ditawarkan semakin baik. Namun, perlu diingat bahwa harga hotel-hotel tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sehingga kamu perlu mengeceknya secara berkala saat mendekati waktu liburan

3. Transportasi Umum

Di Thailand terdapat berbagai jenis transportasi antara lain SkyTrain, MRT, Airport Rail Link, Bus, dan Tuk-Tuk. 

SkyTrain merupakan salah satu transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat Bangkok sebagai kendaraan umum sehari-hari. Kamu bisa naik SkyTrain selama berada di Thailand untuk melihat keindahan pemandangan di Kota Bangkok dari atas yang jalurnya berada di rel layang atau overpass. Tarif untuk naik SkyTrain ini tidaklah mahal, yaitu sekitar Rp.6.000-Rp.20.000 tergantung jarak tempuh.

 Transportasi umum yang ada di Thailand yaitu MRT. Kereta bawah tanah ini seringkali dijadikan sebagai kendaraan umum baik penduduk lokal maupun turis karena tarifnya yang murah. Biaya MRT Bangkok sangatlah terjangkau, mulai dari 16 baht hingga 42 baht atau setara Rp.7.000-Rp.20.000 tergantung jarak dan lokasi tujuan yang ditempuh. Selain itu, waktu operasinya pun sangat panjang, mulai dari 6 pagi sampai 12 malam.

Jika kamu keluar dari bandara tapi masih bingung bagaimana cara pergi ke daerah perkotaan, kamu bisa menggunakan kendaraan khusus yang dibuat untuk perjalanan dari atau ke Airport Suvarnabhumi-Bangkok dengan menggunakan Airport Rail Link. Jika kamu landing di LCC Terminal seperti Don Mueang Airport, kamu bisa naik transportasi seperti taksi atau bus untuk menuju ke pusat kota.

Transportasi umum yang sudah familiar seperti bus pun ada di Thailand. Moda transportasi ini bisa kamu gunakan untuk menjangkau tempat maupun kota tujuan yang kamu tuju. Meski kebanyakan trayek bus menggunakan bahasa Thailand, kamu tetap bisa mengenalinya dengan angka yang tertera di masing-masing bus. Tarif untuk naik bus di Bangkok ni mulai dari Rp.3.500.-Rp.8.000 saja

biaya liburan keluarga thailand

Thailand juga memiliki kendaraan khas yang wajib dicoba ketika berada di Thailand yaitu Tuk-Tuk. Tuk-Tuk di Thailand mirip dengan kendaraan bajaj yang ada di Jakarta tempo dulu. Jika kamu ingin berkeliling di kota-kota besar seperti Bangkok, kamu wajib mencoba menaiki kendaraan Tuk-Tuk ini. Sedangkan untuk tuk-tuk sendiri memiliki tarif sekitar 60-100 baht atau setara Rp.25.000-Rp.45.000 untuk jarak dekat. Jika jarak yang ditempuh cukup jauh, kamu harus pandai menawar harga dengan sopir tuk-tuk.

4. Ongkos Tiket Masuk Tempat Wisata

Untuk menekan budget kamu ketika liburan ke Thailand bersama keluarga, pilihlah tempat wisata yang murah dan ramah di kantong. Tempat-tempat wisata di Thailand yang terkenal dan menjadi rekomendasi yaitu Wat Arun, Wat Pho, sampai Wat Kalayanamit Woramahawihan. Simak tempat wisata murah di Bangkok yang wajib dikunjungi.

biaya liburan keluarga thailand

Untuk tiket masuk ke aneka kuil seperti Wat Arun dan Wat Pho cukup membayar tiket masuk mulai dari Rp.25.000 hingga Rp.50.000. Jika kamu mengunjungi lima tempat wisata, siapkan budget minimal Rp.150.000, kecuali jika kamu ingin mengunjungi The Grand Palace, maka siapkan budget mulai dari Rp.250.000.

5. Konsumsi Selama di Thailand

Saat liburan ke Thailand khususnya Bangkok, kamu tidak perlu khawatir karena di Thailand masih terdapat makanan kaki lima yang disajikan dengan harga harga yang murah dan rasanya pun masih cocok untuk lidah orang Indonesia. Untuk sekali makan, setidaknya kamu mengeluarkan biaya sekitar Rp.10.00 hingga Rp.25.000 dengan anggapan bahwa kamu makan sehari bisa mencapai Rp.100.000. Maka, jika ditotal jika kamu menghabiskan liburan di Thailand selama 4 hari, total untuk konsumsi sekitar Rp.400.000. Jika dihitung total biaya liburan ke Thailand selama 4 hari 3 malam, bisa mencapai Rp.6.000.000 sampai Rp.7.000.000 per orang, belum termasuk oleh-olehnya. Ketika di Thailand, kamu wajib cobain kuliner viral di Thailand udang loncat saat akan dimakan.

biaya liburan keluarga thailand

Saat liburan bersama keluarga ke Thailand, kamu harus memiliki koneksi internet luar negeri untuk menunjang perjalanan liburanmu bersama keluarga di Thailand. Maka dari itu gunakan Global Wifi by JavaMifi

Global Wifi by JavaMifi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global Wifi by JavaMifi dapat menjangkau lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi by JavaMifi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman maupun keluarga kamu. Ditambah, Global Wifi by JavaMifi memiliki kuota internet unlimited. Dengan jaminan 100% connect guarantee, kamu tidak terganggu dengan notif sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global Wifi by JavaMifi yaitu cara penggunaannya yang mudah. cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect. Jika kamu mengalami kendala, CS Support akan siap siaga melayani selama 24 jam.

Untuk cara yang lebih simpel, gunakan e-SIM Traveling by JavaMifi. e-SIM Traveling by JavaMifi merupakan kartu SIM digital yang memiliki kecepatan internet yang stabil tanpa memasukan kartu SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling by JavaMifi yaitu bisa tethering hingga 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet.

Jika masih bingung cara penggunaan eSIM kamu bisa membaca artikel cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS  serta kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

banner 336x280
Thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *