Kumpulan Doa Saat Beribadah Umroh Lengkap!

Jika Anda ingin menunaikan ibadah ke tanah suci, harus tahu dulu doa saat beribadah umroh yang lengkap agar mendapatkan syafaatnya. Ibadah ke tanah suci adalah salah satu rukun islam yang sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu. Ibadah ini menjadi penyempurna islam.

Tidak heran jika banyak orang islam yang berusaha mengumpulkan biaya untuk pergi ke tanah suci. Tidak hanya menyempurnakan rukun islam, namun orang – orang yang pergi ke sana juga mendapatkan ketenangan hati, merasa lebih dekat dengan Allah SWT, dan menaikkan iman.

Namun ibadah tersebut akan sangat bermanfaat untuk urusan dunia akhirat, jika Anda melaksanakannya sesuai syarat dan rukun yang sudah dijelaskan dalam sunnah – sunnah. Agar mendapat manfaatnya secara maksimal, sebaiknya Anda hafalkan doa saat beribadah umroh.

Manfaat membaca doa saat menjalani satu per satu kegiatan umroh adalah untuk meminta ampunan, meminta hajat dikabulkan, serta meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dapat menjalani ibadah sebaik mungkin.

Ada banyak jenis doa yang sebaiknya dibaca saat melaksanakan umroh. Seperti saat mulai memasuki tanah suci, melaksanakan thawaf, melaksanakan sa’i, dan lain sebagainya. Dengan membaca doanya, maka ibadah umroh akan lebih maksimal karena sudah sesuai tuntunan.

 

Kumpulan Doa Saat Beribadah Umroh

Melaksanakan ibadah ke tanah suci pahalanya sangat besar jika dilakukan dengan benar dan sesuai tuntunan. Ketika memiliki kesempatan untuk melaksanakannya, jangan sampai Anda menyia – nyiakan dengan cara tidak melakukan umroh seperti tata cara yang seharusnya.

Setiap kegiatan dalam umroh tentu ada doanya yang telah dijelaskan, baik dalam sunnah atau sumber ilmu agama yang kuat lainnya. Ada bagusnya jika Anda menghafalkan semua doa saat beribadah umroh berikut ini agar tidak perlu sering membuka catatan saat beribadah umroh.

1.  Niat

Bacaan paling utama yang harus diingat adalah niat melaksanakan ibadah umroh. Niat ini sebaiknya dibaca ketika Anda dalam perjalanan menuju Mekkah, misalnya membaca niat saat di kendaraan. Sebagian besar orang mengulang – ngulang niat melaksanakan umroh di kendaraan.

Alasan membaca niat berulang kali adalah untuk menghilangkan rasa khawatir terhadap niat yang tidak diterima. Mungkin saja saat membaca niat, jamaah masih merasa takut kurang sungguh – sungguh atau khusyu dalam membacanya, sehingga diulang sampai merasa sudah bisa khusyu.

Anda bisa membaca niat dengan bacaan nawaitul umrota wa ahramtu bihilillahita’ala labbaikaallahumma umrotan. Arti doa saat beribadah umroh ini adalah saya berniat melaksanakan ibadah umroh karena Allah, saya memenuhi panggilanMu untuk berumroh.

Sebenarnya niat ini juga boleh disingkat jika Anda sulit dalam menghafalkannya. Bacaannya menjadi labbaikallahuma umrotan yaitu artinya saya memenuhi panggilanMu untuk berumroh.

2.  Bacaan Setelah Memakai Pakaian Ihram

Saat melaksanakan ibadah ke tanah suci, umat muslim diharuskan menggunakan pakaian ihram. Pakaian ini merupakan kain tanpa jahitan, warnanya putih dan terdiri dari 2 kain. Sebelum memakai kain ihram, ada baiknya jamaah membaca basmalah terlebih dulu.

Lalu bagi laki – laki disarankan menggunakan wewangian, sedangkan bagi Wanita tidak dianjurkan. Setelah memakai pakaian ihram, ternyata umat muslim sangat dianjurkan membaca doa sesuai sunnah.

Bacaan doanya adalah Allahumma uharramusya’rii wabasyarii wajasadii wajamiia jawaa rihiiy min kulla syai’in harram tahu ‘alalmuhrimi abtaghiiybidzaalika wajhakal kariima yaa rabbal aalamiin. Sebaiknya doa saat beribadah umroh ini tidak disingkat – singkat.

Artinya adalah Ya Allah saya haramkan rambut, kulit, tubuh dan seluruh anggota tubuh dari semua yang Engkau haramkan bagi seorang yang sedang berihram, demi mengharapkan diriMu semata, wahai Tuhan pemelihara alam semesta.

Doanya sama baik untuk laki – laki dan Wanita. Ketentuan memakai pakaian ihram bagi laki – laki dan perempuan tentu berbeda, karena laki – laki hanya memerlukan kain untuk menutup area pinggang sampai kaki. Sedangkan Wanita harus menutup seluruhnya kecuali wajah dan tangan.

3.  Talbiyah

Bacaan talbiyah adalah salah satu doa saat beribadah umroh yang mungkin sudah sering Anda dengarkan. Bacaan talbiyah sebaiknya dibaca ketika dalam perjalanan hendak thawaf, biasanya doa ini sudah mulai dibaca saat berada di Turki. Thawaf sendiri adalah keliling kakbah 7 kali.

Bacaannya adalah Labbaikaallahumma labbaik, labbaika laa syariikalakalabbaik, innalhamda wanni’mata laka wal mulka laa syariika laka. Bacaan ini biasanya dilantunkan selama perjalanan hingga tidak terhitung berapa banyak diucapkannya.

Artinya bacaan talbiyah adalah Aku datang memenuhi panggilanmu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala puji, kemuliaan, dan segenap kekuasaan adalah milikMu, tiada sekutu bagiMu.

Bacaan talbiyah sebaiknya diteruskan sampai hampir mendekati kakbah. Jika Anda sudah hampir memulai kegiatan thawaf dari titik awal hajar aswad, mulai baca doa lain yang dianjurkan sebelum mulai thawaf tersebut.

4.  Bacaan Memasuki Makkah

Saat berjalan memasuki Makkah, tentu ada doa saat beribadah umroh lainnya yang perlu dibaca, yaitu doa memasuki Makkah. Bacaan ketika masuk ke Makkah dilakukan ketika Anda sudah menginjakkan kaki di kota Makkah. Langsung baca bahasa arabnya agar lebih afdhol.

Doanya adalah Allahumma haadzaa haramuka wa amnuka fa harram lahmiiy wadamiiy wasya’riiy wabasyarii alannaari wa aaminnay min adzaabika yauma tab’atsu ibaadaka waj’alnii min awliyaaaika wa ahli tha’atika.

Artinya Ya Allah, kota ini adalah Tanah HaramMu dan tempat amanMu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, dan kulitku dari neraka. Selamatkanlah diriku dari siksaMu pada hari Kau membangkitkan kembali hambaMu dan jadikan aku orang yang selalu dekat dan taat padaMu.

Manfaat membaca doa saat memasuki tanah suci adalah untuk meminta ampunan dari Allah SWT. Semua manusia pasti memiliki dosa, sehingga harus selalu minta ampunan agar dijauhkan dari siksa neraka. Doa ini semakin mudah diijabah saat Anda melakukannya di tanah suci.

5.  Bacaan Memasuki Masjidil Haram

Setelah memasuki Makkah, tentu Anda juga akan masuk ke masjidil haram, yaitu sebuah masjid besar dan terletak di pusat kota Makkah. Sebelum masuk ke masjidil haram dan melaksanakan berbagai ibadah, sebaiknya Anda membaca doa saat beribadah umroh seperti berikut ini.

Allahumma antassalaamuwaminkassalaam wa ilaikaya’uudussalaam, fahayyanarabbanaa bissalaam, wa’ad hilnaljannatadaarassalaam, tabaaraktarabbanawata’alaita ya dzaljalaali wal ikram.

Artinya Ya Allah, Kau sumber keselamatan, daripadaMu lah datang keselamatan, dan kepadaMu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami, wahai Tuhan kami dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan.

Banyak jamaah umroh yang melengkapi bacaan tersebut dengan menambahkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Anda juga bisa melakukannya untuk memberi penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dan mendapatkan syafaatnya.

6.  Doa Melihat Kakbah

Doa saat beribadah umroh selanjutnya adalah ketika melihat kakbah. Jika Anda sudah masuk lebih dalam dari Masjidil Haram dan melihat kakbah, ada baiknya langsung membaca doanya seperti bacaan ini.

Allahumma zidhadzalbaita tasyriifan wata’dzhiimaan watakriimann wamahaabatan, wazid man syarrafahu wa’adhzamahu wakarramahu mimman hajjahu awi’tamarahu tasyriifan wa ta’dzhiman watakriimaan wabirran.

Artinya Ya Allah, tambahkan kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Kakbah ini. Tambahkan juga pada orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau berumroh dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan

Ketika melihat kakbah, sebaiknya panjatkan doa lain seperti memohon agar diberi kemampuan untuk melaksanakan ibadah umroh sampai benar – benar selesai. Hal ini karena umroh adalah ibadah yang mengandalkan fisik.

7.  Bacaan Ketika Melewati Makam Nabi Ibrahim

Ketika melewati makam nabi Ibrahim, juga ada doa saat beribadah umroh yang perlu dibaca, yaitu Rabba adkhilniimudkhalashidqin wa akhrijnii mukhraja shidqin waaj’alliy min ladunka sulthaanan nashiiran, waquljaa alhaqquwazahaaqal baathilu innalbaatila kaana zahuuqann.

Artinya Ya Tuhanku, masukkan aku dan keluarkan aku secara benar dan berikan kepadaku dari sisiMu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah Muhammad, yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.

Doa saat beribadah umroh ini berasal dari hadist shahih. Hukum membacanya adalah sunnah, karena tidak berdosa bagi umat islam yang tidak membacanya. Namun tentu saja pahalanya akan lebih banyak jika Anda membacanya.

Tujuan membaca doa ketika melewati makam nabi Ibrahim adalah meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Hal ini karena makam Nabi Ibrahim menjadi pertanda bahwa jamaah sudah semakin dekat dengan panggilan Allah SWT, yaitu untuk melakukan umroh atau haji.

Oleh karena itu doa untuk ziarah ke makam nabi yang lain tentu berbeda dengan doa tersebut, karena pada dasarnya bacaan saat melewati makam nabi Ibrahim menuju kakbah bertujuan untuk meminta kekuatan kepada Allah dan diselamatkan sampai akhir pelaksanaan ibadah.

8.  Bacaan Saat Thawaf

Bacaan saat thawaf perlu dilakukan setiap 1 kali putaran. Thawaf adalah keliling kakbah 7 kali. Dari putaran pertama sampai terakhir, ada doa yang harus dibaca dimulai dengan mengatakan bismillah atau basmalah terlebih dulu.

Doa saat beribadah umroh di bagian thawaf adalah rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanatan wa fil akhirati hasanatan waqinaa adzabannaar. Artinya wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.

Bacaan ini sebaiknya terus dilakukan dari putaran pertama sampai akhir. Jika perlu lakukan tanpa putus, karena doa ini merupakan kalimat baik dengan syafaat memberikan kebaikan di dunia akhirat. Serta dapat menghindarkan seseorang dari siksa keji neraka.

Jamaah biasanya juga menambahkan kalimat wa adkhilnaljanntama al abraari ya ‘aziizu yaa ghaffaaru yaa rabaalalamiin.

Artinya adalah Dan masukkanlah kami ke dalam surga bersama orang – orang yang berbuat baik, Wahai Tuhan yang Maha Perkasa, Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam.

Selama thawaf, Anda juga bisa memanjatkan doa yang lain untuk mengabulkan hajat atau meminta ampunan atas dosa – dosa kepada Allah SWT. Biasanya jamaah melakukan kegiatan ini sambil melihat kakbah atau jika bisa menyentuhnya dengan tangan.

Setelah selesai keliling kakbah, jamaah sangat dianjurkan melaksanakan sholat 2 rakaat di masjidil haram. Saat melaksanakan sholat, pastikan Anda memanjatkan doa dan dzikiran lain hanya untuk meminta ampunan kepada Allah serta meminta agar semua hajatnya dikabulkan.

9.  Bacaan Saat Sa’i

Sa’i adalah kegiatan lari – lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah. Kegiatan ini dilakukan untuk mengingat ibu nabi Ismail, yaitu Siti Hajar yang lari – lari kecil antara kedua bukit tersebut untuk menemukan air pada zaman dahulu.

Doa saat beribadah umroh ini sebaiknya dilaksanakan agar kegiatan sa’i semakin afdhol. Sebaiknya baca saat akan memulai sa’i. Anda bisa mengikuti bacaan berikut, namun sebelumnya awali dulu dengan basmalah.

Abdaubimaabada Allaahu bihi warasuuluh. Innasshafaa wal marwata min sya’aairillaah. Famanhajjal baita awi’tamarofa laa junaaha alaihi anyathawwa fa bihimaa waman tathawwa ‘a khairan fa innallaaha syaakirun aliimun.

Artinya Aku mulai dengan apa yang telah dimulai oleh Allah dan RasulNya. Sesungguhnya Shafa dan Marwah sebagian dari syiar Allah. Maka Barangsiapa yang beribadah ke Baitullah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya.

Selama melaksanakan ibadah sa’i, Anda juga bisa membaca doa lainnya untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Doa tersebut bisa dikatakan dalam hati, atau bisa juga diucapkan ketika selesai melakukan sa’i.

Jika masih bingung bagaimana cara melakukan sa’i atau lari – lari kecil di bukit shafa dan Marwah, Anda hanya perlu melihat lampu merah dan lampu hijau yang sudah disediakan di sana. Lari – lari kecil tersebut hanya dilakukan antara lampu merah dan lampu hijau sebanyak 7 kali.

Selesai melakukan sa’i, jamaah boleh beristirahat jika merasa sangat lelah. Ada beberapa ulama yang menganjurkan untuk membaca pujian kepada Allah SWT dan menyatakan rasa Syukur, karena sudah diberi kemampuan untuk melakukan sa’i.

10.  Bacaan Tahallul

Doa saat beribadah umroh berikutnya adalah tahallul atau ketika memotong rambut. Doanya adalah takbir 3 kali dilanjutkan walhamdulilillahi ‘ala maa hadaanaa wal hamdu lillaahi ala maa an’amanaa bihi alainaa.

Meskipun jumlah doanya sangat banyak, Anda bisa mulai menghafalkan satu per satu jauh – jauh hari sebelum berangkat. Namun jika rasanya sangat sulit menghafal, Anda bisa browsing kumpulan doa tersebut sebagai salah satu upaya melaksanakan ibadah umroh dengan baik.

Anda tidak perlu khawatir masalah internet selama di tanah suci. Sekarang sudah bukan zamannya beli paketan luar negeri dengan harga mahal dan cepat habis. Saatnya Anda beralih menggunakan Global WIFI atau eSIM agar lebih mudah.

Global WIFI portable terbaik yang bisa dibawa ke luar negeri adalah Javamifi. Anda bisa memakainya bersama orang banyak atau untuk diri sendiri saja. WIFI ini bisa terhubung sampai ke 5 perangkat, serta koneksi internetnya bisa digunakan di lebih dari 200 negara.

Anda juga bisa memanfaatkan eSIM untuk umroh. Cocok untuk Anda yang solo travelling, namun masih bisa digunakan oleh beberapa orang karena bisa tethering.

Anda hanya perlu scan saja agar bisa connect dan tidak perlu ganti kartu. Sinyal WIFI dan eSIM akan selalu bagus, karena bisa dialihkan ke operator jaringan paling kuat saat sinyal lemah di negara tersebut. Kuotanya juga unlimited dan bisa menghubungi CS 24 jam jika ada masalah.

Jika ingin mendapatkan Javamifi atau eSIM untuk ke luar negeri, Anda bisa langsung menghubungi kami. Kini membaca doa saat beribadah umroh melalui ponsel tidak akan susah lagi jika menggunakan Global WIFI atau eSIM dari JavaMifi untuk luar negeri.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *