15 Daftar Perlengkapan Umroh untuk Wanita yang Wajib Dibawa
banner 468x60

Umrah merupakan kegiatan ibadah yang lumayan panjang, menguras waktu dan tenaga. Oleh karena itu, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan umrah. Mulai dari administrasi, pakaian, hingga perlengkapan haji yang wajib dibawa. Simak syarat & cara bikin visa umrah 2024.

Untuk Globers yang hendak menjalankan umrah dalam waktu dekat, ada baiknya sudah melakukan persiapan-persiapan sejak dini sebelum berangkat ke Tanah Suci. Untuk jamaah wanita, ada baiknya kamu mempersiapkan 15 perlengkapan wanita yang dibawa ketika menjalankan ibadah umrah. Berikut adalah 15 daftar perlengkapan umrah untuk wanita yang wajib dibawa.

banner 336x280

Daftar Perlengkapan Umroh untuk Wanita

Selain mempersiapkan perlengkapan administrasi, kamu juga harus menyiapkan beberapa hal yang harus dibawa ketika menjalankan ibadah umrah. Perlengkapan-perlengkapan tersebut merupakan perlengkapan yang dapat menunjang seluruh kegiatan ibadah umrah. Berikut ini adalah daftar perlengkapan umrah untuk wanita.

1. Mukena

Barang pertama yang wajib dibawa bagi seorang Muslimah adalah mukena. Mukena menjadi perlengkapan yang wajib dibawa ketika menjalankan ibadah umrah. Karena ketika berada di Tanah Suci kegiatan utamanya ibadah, maka membawa mukena merupakan hal yang wajib dibawa seorang Muslimah.

perlengkapan umroh untuk wanita
e-katalog.lkpp.go.id

Usahakan untuk membawa lebih dari satu mukena, agar ketika kotor bisa langsung memakai mukena yang lain. Hal ini dikarenakan sangat sulit untuk mencuci mukena ketika berada di Saudi karena akan menyita waktu, tenaga, dan kegiatan ibadah di Tanah Suci. Simpan mukena di tempat yang praktis sehingga ketika dibutuhkan, langsung dapat digunakan.

2. Pakaian Ihram

Selanjutnya, perlengkapan umrah untuk wanita yang wajib dibawa adalah pakaian ihram. Disebutkan dalam perintah menjalankan ibadah umrah, Muslimah wajib menutup seluruh bagian tubuhnya dengan pakaian ihram kecuali wajah dan tangan. Selain itu, dilarang pula untuk mengenakan niqab, burqa, dan penutup kepala lainnya ketika menjalankan ibadah umrah.

perlengkapan umroh untuk wanita
e-katalog.lkpp.go.id

Pakaian ihram merupakan pakaian yang digunakan cukup lama selama melaksanakan kegiatan ibadah umrah. Terkadang ketika sedang khusuk melaksanakan ibadah umrah, secara tidak sengaja pakaian ihram yang dipakai terkena najis atau yang lainnya. Oleh karena itu, bawalah pakaian ihram cadangan untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi kejadian yang tidak terduga.

3. Pembalut atau Pantyliner

Menjadi seorang Muslimah yang hendak menjalankan ibadah yang panjang merupakan tantangan berat. Tidak seperti seorang Muslim laki-laki yang bebas menjalankan ibadah tanpa hambatan fisik, saat melaksanakan ibadah terkadang terhalang oleh datang bulan atau menstruasi yang menyebabkan tidak bisa melaksanakan ibadah apapun termasuk sholat dan umrah. Maka dari itu, penting bagi seorang Muslimah untuk selalu membawa pembalut atau pantyliner.

perlengkapan umroh untuk wanita

Pembalut dan pantyliner dapat membantu kamu untuk menghindari najis di bagian tubuh bagian bawah sehingga ibadah dapat berjalan lancar. Mengingat waktu menstruasi setiap wanita berbeda-beda, bawalah beberapa pembalut dan pantyliner agar kegiatan ibadah umrah kamu tidak terhambat.

4. Pakaian yang Nyaman

Setelah melaksanakan ibadah umrah, kamu bisa dengan bebas memakai pakaian apapun. Maka dari itu, bawalah pakaian-pakaian yang nyaman ketika kamu sedang tidak melaksanakan ibadah. Dengan mengenakan pakaian yang bebas, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar hotel untuk menikmati keramaian kota suci di siang maupun malam hari.

perlengkapan umroh untuk wanita

Bawa juga baju syar’i yang longgar dan menutup aurat untuk dipakai ketika berjalan-jalan. Pastikan baju syar’I yang dibawa tidak membuat kamu kegerahan dan nyaman dipakai baik ketika cuaca di Saudi sedang panas maupun dingin.

5. Pakaian Dalam

Selain membawa baju sehari-hari, jangan lupa juga untuk membawa pakaian dalam. Kebutuhan pakaian dalam ini masing-masing Muslimah bisa berbeda-beda sehingga harus disesuaikan dengan kebiasaan sendiri. Misalnya dalam satu hari, kamu mengganti celana dalam hingga dua tiga kali, maka dalam satu minggu kamu harus membawa 21 celana dalam, begitu juga dengan bra yang perlu dibawa sebagai perlengkapan umrah untuk kenyamanan beribadah di Tanah Suci.

Selain pakaian dalam, kamu juga bisa membawa celana pendek. Tidak ada salahnya mempersiapkan beberapa potong celana pendek untuk dibawa.

6. Peralatan Mandi

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Maka, penting untuk membawa perlengkapan mandi saat berada di Tanah Suci. Beberapa perlengkapan mandi yang disarankan untuk dibawa yaitu sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, handuk, deodoran, dan parfum.

perlengkapan umroh untuk wanita

Namun, beberapa hotel di Arab Saudi menyediakan peralatan mandi seperti di atas. Untuk tambahan, kamu bisa membawa pelembab wajah, pelembab bibir, tabir surya, dan sebagainya yang berfungsi untuk melindungi kulit kamu dari sinar matahari langsung yang menyengat.

7. Tas Kecil

Ketika sedang menjalankan ibadah atau sedang berada di luar ruangan, ada baiknya kita membawa tas kecil. Tas kecil berfungsi untuk menyimpan benda-benda yang berukuran kecil tapi penting untuk dibawa seperti handphone, charger, uang tunai, buku doa, Al-Qur’an, buku panduan, dan lain-lain. 

perlengkapan umroh untuk wanita

8. Face Water Spray dan Skincare

Seperti yang kita ketahui cuaca di Arab Saudi sangatlah panas, kamu harus mempersiapkan perlengkapan yang melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari. Maka, bawalah face water spray dan skincare.

perlengkapan umroh untuk wanita

Gunakan skincare, pelembab, lotion, dan face water spray yang bisa melindungi wajah kamu sekaligus menjaga kesehatan kulit kamu. Dengan begitu wajah dan kulit kamu tetap segar dan lembab sehingga memberikan kenyamanan tersendiri saat melaksanakan ibadah umrah.

9. Kacamata dan Masker

Meski sudah membawa face water spray dan skincare, untuk memaksimalkan perlindungan kamu dari sengatan sinar matahari Arab Saudi yang sangat panas, tidak ada salahnya untuk tetap membawa kacamata dan masker. Simak 8 rekomendasi tempat bersejarah yang wajib dikunjungi saat umrah.

perlengkapan umroh untuk wanita

Kacamata dan masker dapat membantu kamu melindungi wajah dari teriknya matahari dan debu selama melakukan kegiatan di luar ruangan. Gunakan kacamata dan masker pada saat ziarah di siang hari selama berada di tanah suci. Selain itu, bawalah beberapa masker cadangan, sehingga kalau masker yang sedang dipakai sudah kotor, bisa kamu ganti dengan masker lain yang kondisinya masih bersih.

10. Obat-Obatan Pribadi dan Vitamin

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, bawalah obat-obatan pribadi agar tidak mengganggu aktivitas umrah di Tanah Suci. Obat-obatan pribadi cukup penting untuk mengantisipasi jika kamu merasa sakit selama beribadah di Tanah Suci.

perlengkapan umroh untuk wanita

Tidak lupa juga untuk membawa vitamin agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga selama menjalankan ibadah umrah. Meski terdapat pemeriksaan kesehatan sebelum keberangkatan, ada baiknya untuk berjaga-jaga agat tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

11. Pakaian Tidur

Meski sudah membawa pakaian ihram dan baju yang nyaman, kedua pakaian tersebut digunakan untuk aktivitas tertentu. Karena masing-masing baju memiliki fungsinya tersendiri. Begitupun baju untuk tidur.

perlengkapan umroh untuk wanita

Bawalah beberapa potong baju tidur dan tidak mencampurnya dengan pakaian yang lain. Baju tidur yang bisa dipakai yakni kaus dengan bahan yang nyaman. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kebersihan ketika menjalankan ibadah umrah. Sehingga, kamu bisa beribadah dengan tenang dan nyaman.

12. Buku Panduan dan Al-Qur’an

Masing-masing jamaah umrah dibekali dengan buku panduan umrah. Buku panduan umrah berisikan doa-doa, tata cara ibadah umrah, serta beberapa larangan selama ibadah umrah dengan ukuran yang pas di kantong. Untuk cara yang lebih simpel dan praktis, bawalah handphone yang sudah terinstal beberapa aplikasi panduan umrah. Simak 8 aplikasi yang wajib didownload sebelum berangkat haji dan umrah.

perlengkapan umroh untuk wanita

Selain itu, tidak lupa juga untuk membawa Al-Qur’an dengan ukuran yang pas di tangan. Bacalah Al-Qur’an selagi sempat atau setelah melakukan sholat.

13. Sendal dan Kaus Kaki

Selama melaksanakan ibadah umrah, dibutuhkan kekuatan fisik yang baik, terutama pada bagian kaki. Karena, sebagian besar kegiatan umrah membutuhkan kaki yang kuat. Maka, perlengkapan untuk kaki juga sama pentingnya dengan pakaian.

perlengkapan umroh untuk wanita

Selain itu, bawalah 1-2 kaus kaki untuk melindungi kaki kamu dari cuaca panas dan dingin di Arab Saudi. Sedangkan sendal, pakailah sendal yang nyaman agar alas kaki kamu tidak mengalami luka-luka atau lecet akibat terlalu banyak berjalan.

14. Charger dan Powerbank

Handphone menjadi alat komunikasi yang penting ketika berada di Tanah Suci. Handphone bisa digunakan untuk menjadi media rekreasi dan komunikasi untuk menghubungi keluarga yang ada di rumah. Maka, jangan lupa untuk selalu membawa charger handphone.

perlengkapan umroh untuk wanita

Ketika berada diluar dan tidak ada colokan listrik, alangkah baiknya sebelum keluar membawa powerbank. Sehingga saat berada di luar ruangan, kamu tidak perlu gusar tentang baterai handphone yang akan habis.

15. Data Internet

Satu lagi hal penting tapi sering dilewatkan oleh jemaah umrah yaitu data internet. Tidak semua area di Mekkah dan Madinah tersedia koneksi internet gratis. Terlebih lagi, WiFi publik cenderung lebih rentan keamanannya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mempersiapkan data internet yang sudah dipersiapkan sebelum keberangkatan umrah.

eSIM JavaMifi

Maka dari itu, gunakan e-SIM Umrah. e-SIM Umrah adalah solusi baru untuk para jamaah umrah Indonesia yang membutuhkan konektivitas internet yang simpel dan mudah digunakan selama ibadah umrah. Dengan memanfaatkan teknologi yang lebih modern, kamu akan mendapatkan pengalaman berupa kemudahan dalam menggunakan kartu SIM. Cukup scan QR Code dan internet langsung connect. Jadi, ketika menggunakan e-SIM, kamu tidak perlu repot mengganti kartu SIM atau berlangganan paket roaming yang rumit dan mahal. 

Untuk cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS dapat dilihat di sini. Kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Selain itu, kelebihan e-SIM dari JavaMIfi yaitu bisa tethering hingga 1 devicetidak perlu repot mengisi data diri atau registrasikuota unlimitedjaminan 100% connect ketika tiba di Mekkah, memiliki sinyal stabil yang menjangkau hingga 200 lebih negara, dan bisa ditop-up

Top up dapat dilakukan dengan cara menghubungi CS Sales JavaMifi. Cukup menyebutkan nomor order atau ICCID yang sudah terkirim via email lalu hubungi CS Sales JavaMifi, sehingga tidak perlu lagi membeli e-SIM yang baru.

Jika kamu mengalami kendala, kamu bisa menghubungi customer support yang siap siaga selama 24 jam. Kamu bisa mendapatkan e-SIM Umrah JavaMifi melalui website, e-commerce, dan online travel agent mulai dari harga Rp.79.000 dan kuota internet hingga 25 GB. e-SIM Umrah JavaMifi juga bisa didapatkan di offline store dan 3 bandara di Surabaya, Yogyakarta, dan Soekarno-Hatta.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

banner 336x280
Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *