15 Daftar Perlengkapan Umroh untuk Wanita yang Wajib Dibawa

Mempersiapkan berbagai perlengkapan umroh untuk wanita sangat penting sebelum berangkat ke Makkah. Mengingat kegiatan ibadah ini berlangsung selama beberapa hari sehingga harus mempersiapkan perlengkapan dengan baik.

Sebelum berangkat sebaiknya Anda memastikan cuaca disana agar bisa mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa secara tepat. Selain itu keperluan pribadi jangan sampai ketinggalan agar tidak kerepotan dan menganggu kegiatan ibadahnya.

Umroh disebut juga sebagai haji kecil sehingga dalam ibadah ini juga ada kegiatan yang mirip seperti ibadah haji. Padatnya aktivitas selama disana tentu membuat Anda harus mempersiapkan perlengkapan apa saja yang akan dibawa.

Daftar Perlengkapan Umroh untuk Wanita

Agar lebih mudah mempersiapkan berbagai perlengkapan umroh maka bisa simak 15 list berikut ini. Dengan bantuan daftar barang berikut tentu akan memudahkan Anda mempersiapkan serta meminimalkan risiko lupa membawanya.

1. Mukena

Perlengkapan pertama wajib dibawa para wanita adalah tentu saja Mukena dan sebaiknya bawa lebih dari satu. Seperti diketahui Mukena merupakan salah satu barang penting menunjang kegiatan ibadah selama di tanah suci.

Sebagai salah satu perlengkapan umroh untuk wanita tentu Anda harus membawa Mukena yang praktis dan nyaman digunakan. Selain itu usahakan membawa beberapa cadangan agar ketika kotor bisa langsung memakai yang lain.

Karena tidak mungkin Anda mencuci Mukena tersebut karena pastinya akan menyita waktu, tenaga dan menganggu kegiatan. Sebaiknya bawa Mukena yang bisa disimpan secara praktis agar tidak memakan tempat dan mudah dibawa kemana saja.

2. Pakaian Ihram

Perlengkapan umroh untuk wanita selanjutnya yaitu pakaian ihram disesuaikan dengan ketentuan disana. Pada buku Tuntunan Ibadah Haji dan Umroh disebutkan kalau wanita harus menutup auratnya dengan memakai pakaian muslim.

Pakaian ihram tersebut harus menutupi seluruh bagian tubuh wanita dikecualikan telapak tangan dan juga wajah. Ketika sedang melaksanakan ihram para wanita tidak diperbolehkan menggunakan sarung tangan maupun penutup wajah.

Bahkan dilarang memakai niqab dan burqa namun diberikan kebebasan menggunakan pakaian yang memang disukai. Tidak ada juga syarat khusus terkait warna jadi silahkan sesuaikan dengan kenyamanan serta style Anda sendiri.

Sebaiknya bawa minimal dua pakaian ihram yang nyaman digunakan selama kegiatan ibadah seperti bahan kain tidak panas. Sesuaikan juga pemilihan bahan dengan kondisi cuaca agar bisa benar-benar memberikan kenyamanan saat digunakan.

3. Obat-Obatan

Membawa obat-obatan sebagai salah satu bagian dari perlengkapan umroh untuk wanita tidak boleh dilupakan. Apalagi jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu yang membutuhkan mengkonsumsi obat dalam beberapa waktu.

Persiapkan sendiri apa saja obat yang akan dibawa dan sekiranya memang sangat dibutuhkan selama berada di tanah suci. Jangan membawa obat-obatan berlebihan atau yang dilarang karena nantinya akan merugikan diri sendiri.

Secara umum semua jamaah sebelum berangkat akan melakukan kegiatan check up ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan. Manfaatkan momen tersebut mendapatkan rekomendasi obat dari dokter yang memang diperlukan.

4. Al Qur’an

Tujuan utama seseorang datang ke tanah suci tentu saja melakukan ibadah dengan lebih tenang dan khusyuk. Maka dari itu penting membawa Al Qur’an sebagai perlengkapan umroh untuk wanita untuk media berdoa selama disana.

Agar lebih praktis untuk membawa Al Qur’an kemana saja maka sebaiknya bawa yang berukuran kecil. Namun tetap mudah dibawa kemana saja dan enak untuk dibaca dalam berbagai kegiatan selama di Mekkah atau Madinah.

5. Tas Kecil

Membawa banyak barang khususnya umroh untuk wanita tentu membutuhkan tas besar dan koper juga. Namun demi membantu mempermudah membawa barang-barang berukuran kecil sebaiknya Anda membawa tas kecil juga.

Barang-barang berukuran besar yang tidak terlalu diperlukan bisa disimpan dalam tas besar maupun koper ditinggal di hotel. Sementara tas kecil bisa digunakan membawa uang tunai, buku doa, Al Qur’an, buku panduan dan lainnya.

Silahkan menyesuaikan sendiri tas kecil seperti apa yang akan dibawa terpenting bisa menyimpan barang-barang dengan aman.

6. Peralatan Mandi

Menjaga kebersihan selama kegiatan umroh untuk wanita sangat penting sebagai salah satu bagian dari ibadah. Maka dari itu jangan sampai Anda lupa membawa peralatan mandi mengingat rangkaian kegiatan ibadah cukup panjang.

Sebaiknya bawa peralatan mandi sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan agar tidak banyak memakan tempat di koper. Seperti membawa sampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi, pembersih muka dan barang-barang lain sesuai kebutuhan.

Meskipun di Makkah banyak tersedia minimarket yang menjual berbagai peralatan mandi namun jauh lebih hemat jika membawa sendiri. Apalagi dengan harga berbeda jauh antara Indonesia dan Makkah jadi pertimbangkan untuk membawa sendiri.

7. Pembalut atau Pantyliner

Perlengkapan umroh untuk wanita yang cukup penting dibawa yaitu pembalut atau pantyliner. Mengingat datang bulan setiap orang bisa berbeda-beda waktunya sementara umroh sudah ditentukan jadwal keberangkatan.

Maka penting untuk mempersiapkan diri dengan membawa pembalut maupun pantyliner sesuai kebutuhan sendiri. Pantyliner akan membantu Anda menghindari najis di celana sehingga ibadah bisa berjalan lancar.

Apalagi akan ada banyak rangkaian kegiatan dilakukan dan hal ini membuat wanita rawan mengalami keputihan. Bawa beberapa pantyliner untuk membantu memberikan kenyamanan serta kelancaran selama beribadah.

8. Sandal, Sepatu, Kaos Kaki

Alas kaki seperti sandal, sepatu maupun kaos kaki jangan lupa dipersiapkan sebagai perlengkapan umroh untuk wanita. Biasanya para wanita ingin tampil cantik namun juga merasakan kenyamanan dengan menggunakan alas kaki bermodel tertentu.

Tujuannya agar foto-foto yang diambil selama disana bisa bagus untuk kenang-kenangan sudah menjalankan ibadah umroh. Namun begitu kenyamanan menjadi hal utama yang tidak boleh diabaikan begitu saja jadi pastikan memilih alas kaki secara tepat.

Jangan memakai sepatu atau sandal hak tinggi karena akan kerepotan serta cepat merasa capek selama kegiatan. Bisa juga memakai kaos kaki ketika cuaca di tanah suci sedang dingin dengan tujuan memberikan kenyamanan serta kehangatan.

9. Baju Sehari-Hari

Meskipun rangkaian kegiatan umroh untuk wanita cukup panjang dan banyak namun tetap disediakan waktu santai. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar hotel untuk menikmati keramaian kota suci di siang maupun malam hari.

Tentu Anda harus membawa baju sehari-hari yang nyaman digunakan untuk berjalan-jalan serta menikmati waktu santai. Namun kebiasaan disana jelas berbeda dengan Indonesia sehingga harus membawa baju sesuai aturan.

Sebaiknya bawa baju syar’I yang longgar dipakai namun tetap bisa menutup aurat dengan baik untuk digunakan berjalan-jalan. Pastikan baju tersebut mampu menyerap keringat dengan baik saat musim panas dan menghangatkan saat musim dingin.

10. Pakaian Dalam

Selain membawa pakaian ganti untuk sehari-hari tentu saja jangan lupa juga membawa beberapa pakaian dalam. Kebutuhan akan pakaian dalam masing-masing wanita bisa saja berbeda sehingga harus disesuaikan dengan kebiasaan Anda sendiri.

Misalnya dalam satu hari bisa berganti celana dalam dua atau tiga kali maka dalam satu minggu harus membawa 21 celana dalam. Begitupun dengan bra yang perlu dibawa sebagai perlengkapan umroh untuk wanita untuk kenyamanan selama beribadah.

Selain pakaian dalam berupa celana dalam dan bra biasanya seseorang menggunakan celana pendek sebagai dalaman. Jika Anda membutuhkan itu juga tidak ada salahnya mempersiapkan beberapa untuk dibawa juga.

11. Kacamata dan Masker

Makkah pada saat musim panas biasanya lebih panas suhunya dibandingkan dengan di Indonesia. Maka untuk memberikan kenyamanan pada diri sendiri sebaiknya jangan lupa membawa kacamata dan masker sebagai perlengkapan umroh untuk wanita.

Kacamata dan masker bisa membantu Anda melindungi wajah dari teriknya sinar matahari serta debu selama kegiatan diluar. Jamaah diperbolehkan untuk menggunakan kacamata dan masker namun jangan yang terlalu berlebihan mencolok.

Cukup gunakan kacamata dan masker yang biasa dipakai sehari-hari pada saat ziarah di siang hari selama berada di tanah suci. Direkomendasikan Anda membawa beberapa masker cadangan juga jadi kalau sudah kotor tinggal dibuang saja.

12. Face Water Spray dan Skincare

Pada saat umroh untuk wanita tidak hanya terlihat bersih saja namun juga harus memperhatikan kesehatan kulit selama berada disana. Mengingat cuaca berbeda jauh dengan Indonesia maka sebaiknya Anda membawa face water spray dan juga skincare.

Gunakan skincare, pelembab, lotion maupun face water spray yang biasa dipakai demi menjaga kesehatan kulit. Sehingga kulit tetap segar dan lembab sehingga memberikan kenyamanan tersendiri pada saat ibadah.

13. Pakaian Tidur

Rangkaian kegiatan umroh untuk wanita sudah ditentukan waktu dan jadwalnya sehingga tetap tersedia waktu istirahat yang nyaman. Jamaah diberikan fasilitas hotel sebagai tempat menginap sehingga bisa tidur nyenyak agar bisa mengikuti kegiatan keesokan harinya.

Agar menjaga kualitas tidur Anda maka sebaiknya membawa beberapa pakaian tidur yang nyaman selama beristirahat. Mengingat kebiasaan tidur seseorang berbeda karena terkadang ada orang perlu pakaian khusus selama tidur.

Jika Anda salah satu seperti itu daripada tidak bisa tidur selama beberapa hari maka sebaiknya bawa sendiri pakaian tidur. Sesuaikan jumlah pakaian tidur yang akan dibawa selama beberapa hari agar tidak terlalu banyak maupun kurang.

14. Perlengkapan Elektronik

Membawa perlengkapan elektronik juga penting mengabadikan momen di tempat-tempat ziarah di Makkah dan Madinah. Anda bisa membawa kamera, handphone dan perlengkapan elektronik lainnya sebagai penunjang dokumentasi.

Handphone akan memudahkan dalam berkomunikasi sedangkan kamera bisa mendapatkan hasil gambar yang berkualitas. Jangan lupa membawa powerbank dan juga charger agar tidak kehabisan baterai saat acara masih panjang.

15. Paket Internet

Mempersiapkan paket internet untuk kemudahan berkomunikasi selama di tanah suci menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Anda tidak mungkin menggunakan paket internet biasa di Indonesia yang nantinya dipakai selama berada diluar negeri.

Maka membutuhkan paket internet khusus seperti ditawarkan oleh JavaMifi berupa eSim maupun Global Wifi. eSim direkomendasikan untuk solo traveler namun tetap bisa tethering dengan sesama jamaah lain.

eSIM bisa digunakan tanpa ribet gonta ganti kartu dan tinggal di scan saja bisa langsung connect secara unlimited. Tersedia layanan 24 jam sehingga jika ada kendala saat menggunakan layanan JavaMifi akan langsung memberikan respon.

Sementara Global WIFI JavaMifi juga menawarkan banyak kelebihan seperti direkomendasikan untuk group travelling seperti jamaah umroh. Bisa connect sampai 5 perangkat, tanpa batasan kuota, connect hingga 200 negara dan layanan CS JavaMifi 24 jam.

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan paket internet sesuai dengan kebutuhan sebagai solusi paket internet selama ibadah umroh. Jangan lupa mempersiapkan berbagai perlengkapan umroh untuk wanita lainnya agar lebih tenang, nyaman dan menyenangkan.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *