15 Daftar Perlengkapan Umroh untuk Pria yang Wajib Dibawa

Memutuskan menjalankan ibadah umroh untuk pria tentu harus mempersiapkan berbagai hal dari administrasi hingga perlengkapan lain.

Kerap kali hanya wanita saja yang ribet dengan urusan perlengkapan sementara para pria lebih santai dalam hal ini. Namun pada akhirnya banyak barang terlewatkan yang tidak dibawa sehingga kerepotan sendiri pada saat menjalankan rangkaian ibadah umroh.

Maka dari itu ada beberapa perlengkapan yang patut dibawa termasuk bagi para pria agar memudahkan setiap kegiatan. Juga memberikan kenyamanan dan rasa tenang karena semua kebutuhan pribadi sudah disiapkan dengan baik sebelum berangkat.

Daftar Perlengkapan Umroh untuk Pria

Tidak hanya perlengkapan administratif saja yang perlu dipersiapkan pada saat akan menjalankan umroh. Namun ada juga perlengkapan pribadi yang menunjang keseluruhan kegiatan ibadah tanpa adanya gangguan.

Jadi para lelaki jangan lupa mempersiapkan beberapa barang yang dibutuhkan dan silahkan simak beberapa daftar perlengkapannya berikut ini.

1. Baju Ihram

Salah satu perlengkapan wajib dibawa oleh para pria adalah baju ihram yang akan digunakan selama rangkaian ibadah umroh. Baju ihram bagi laki-laki berupa dua lembar kain yang satu digunakan menutupi bagian pinggang hingga kaki sedangkan satunya di bagian bahu.

Baju ihram ini akan digunakan dalam waktu cukup lama selama berkegiatan ibadah di tanah suci jadi sebaiknya bawa lebih dari satu. Anda bisa merinci apa saja kegiatan yang membutuhkan memakai baju ihram khususnya bagi laki-laki.

Dari rincian tersebut dapat diketahui berapa banyak jumlah baju ihram yang dibutuhkan sehingga bisa sesuai. Tujuan membawa lebih dari satu baju ihram yaitu jika terkena najis atau sudah kotor bisa langsung ganti lainnya.

2. Sarung

Sarung merupakan salah satu barang penting yang biasa digunakan pria pada saat menjalankan sholat. Setidaknya Anda harus membawa sarung minimal satu sebagai perlengkapan umroh untuk pria.

Sarung tidak hanya digunakan untuk sholat saja namun ketika Anda ingin bersantai maka bisa memakai sarung tanpa harus ganti. Apalagi jika tiba-tiba ada ajakan untuk keluar jalan-jalan maka tidak perlu ribet ganti pakaian.

3. Buku Doa

Selama menjalankan ibadah umroh untuk pria tentu saja tujuannya adalah mendekatkan diri dengan Tuhan Allah. Manfaatkan waktu terbaik selama berada di tanah suci dengan memanjatkan doa secara terus menerus.

Untuk memudahkan Anda dalam berdoa sangat direkomendasikan untuk membawa buku doa sebagai pegangan selama kegiatan. Jadi disela-sela rangkaian ibadah yang sudah ditentukan maka bisa mengisi waktu luang dengan membaca buku doa.

Tidak perlu membawa buku doa berukuran besar namun buku doa berukuran kecil sangat praktis dibawa kemana saja. Terpenting isinya sesuai yang Anda niatkan saja sudah cukup sebagai sarana memudahkan dalam berdoa.

4. Al Qur’an Kecil

Jangan lupa membawa Al Qur’an kecil sebagai perlengkapan umroh untuk pria untuk kemudahan membaca ayat-ayat suci. Meskipun saat ini sudah tersedia aplikasi Al Qur’an di smartphone namun rasanya kurang nyaman jika menggunakannya di tanah suci.

Sebaiknya Anda membawa saja Al Qur’an berukuran kecil agar memudahkan dalam membacanya dengan nyaman. Apalagi ukurannya kecil bisa dengan mudah dibawa kemana saja dan kapan saja tanpa memberatkan diri sendiri.

5. Pakaian Ganti

Meskipun banyak kegiatan ibadah menggunakan kain ihram namun para pria tetap membutuhkan pakaian ganti. Anda bisa membawa beberapa pakaian ganti sebagai perlengkapan umroh untuk pria selama berada di Tanah Suci.

Pastikan membawa pakaian ganti sehari-hari secukupnya saja karena sudah ada beberapa pakaian untuk kegiatan tertentu. Pakaian ganti tersebut akan dipakai ketika sedang tidak ada acara atau saat santai sehingga tetap nyaman digunakan.

Bawa saja pakaian yang sopan, sederhana, nyaman dan sesuai musim di Mekkah agar tidak salah membawa. Misalnya bawa baju koko, kaos lengan panjang, celana panjang, celana pendek dipakai tidur dan beberapa contoh lainnya.

6. Jaket

Mekkah terkenal sebagai negara yang memiliki musim dingin ekstrim begitupun dengan musim panasnya. Maka ketika Anda menjalankan ibadah umroh untuk pria pada saat musim dingin sebaiknya membawa beberapa jaket.

Jaket akan membantu para pria menghangatkan tubuh selama mengikuti rangkaian kegiatan ibadah yang sudah ditentukan. Sehingga tubuh akan tetap terasa hangat, nyaman dan bisa maksimal selama proses beribadah.

Sebaiknya bawa dua jaket agar ketika satu jaket kotor atau basah maka bisa memakai jaket lainnya sebagai ganti. Daripada harus membeli jaket di Mekkah jelas Anda harus menyiapkan dana lebih karena harganya jelas berbeda jauh dengan Indonesia.

7. Sandal dan Sepatu

Kegiatan umroh untuk pria biasanya juga dilakukan dengan adanya ziarah di berbagai tempat di luar ruangan sehingga membutuhkan alas kaki. Agar nyaman selama kegiatan diluar sebaiknya Anda membawa sepatu untuk digunakan selama disana.

Apalagi setidaknya ada 10 tempat harus dikunjungi dan salah satunya adalah Jabal Uhud yang merupakan sebuah bukit. Jelas lebih nyaman jika memakai sepatu untuk mengunjungi tempat-tempat ziarah seperti bukit Jabal Uhud.

Sementara ketika sudah waktu santai selama di Tanah Suci maka Anda bisa memakai sandal yang dipersiapkan sebelumnya. Tidak perlu membawa terlalu banyak karena justru akan memakan bagasi serta merepotkan jadi bawa secukupnya saja.

8. Obat Pribadi dan Vitamin

Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan prima selama berada di Mekkah menjadi hal penting diperhatikan. Sangat direkomendasikan membawa berbagai obat-obatan pribadi yang memang dibutuhkan sebagai perlengkapan umroh untuk pria.

Biasanya akan dilakukan check up bagi jamaah sebelum berangkat agar memastikan kondisi jamaah benar-benar sehat. Jika dirasa membutuhkan obat-obatan tertentu biasanya akan diberikan resep agar nantinya obat tersebut bisa dibawa.

Jangan lupa membawa beberapa vitamin sebagai penunjang stamina dan daya tahan tubuh agar kuat sampai ibadah umroh selesai. Apalagi cuaca disana berbeda dengan Indonesia sehingga tubuh perlu penyesuaian dan lebih kuat dengan bantuan vitamin.

9. Tabir Surya

Meskipun pria cenderung tidak perduli dengan kesehatan kulit namun tidak ada salahnya jika Anda mulai memperhatikan hal ini. Sudah dijelaskan pada saat musim panas biasanya cuaca di Mekkah sangat panas melebihi Indonesia.

Sehingga perlu membawa tabir surya sebagai perlengkapan umroh untuk pria agar bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Tabir surya membantu meminimalkan rasa terbakar pada kulit Anda sehingga tetap nyaman saat beribadah.

Bawa saja tabir surya berukuran kecil agar praktis dibawa dan tidak mungkin habis jika Anda gunakan sendiri. Jika memang diperlukan bisa juga membawa pelembab kulit agar tetap merasa nyaman dan sehat meskipun cuaca ekstrim.

10. Alat Mandi

Jamaah biasanya disediakan layanan menginap di hotel yang secara umum sudah disediakan perlengkapan mandi disana. Namun perlengkapan mandi disediakan hotel belum tentu sesuai atau cocok dengan masing-masing jamaah.

Agar merasa nyaman menggunakan alat mandi selama berada di Mekkah maka jauh lebih baik jika membawa sendiri saja. Masukkan alat mandi ke dalam daftar perlengkapan umroh untuk pria agar tidak dilupakan.

Contoh alat mandi seperti handuk pribadi, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi dan peralatan mandi lain sesuai kebutuhan pribadi. Ingat Anda berada di Mekkah dalam beberapa hari jadi sesuaikan berapa jumlah alat mandi yang akan dibawa.

11. Alat Rias dan Alat Cukur

Sebagai pria tentu saja tetap membutuhkan yang namanya menjaga kebersihan diri sebagai bentuk ibadah sederhana. Perlengkapan umroh untuk pria juga perlu diperhatikan yaitu alat rias secukupnya dan juga alat cukur.

Tentu saja alat rias para pria tidak sebanyak wanita maka bawa secukupnya saja untuk keperluan menjaga kebersihan diri. Terutama alat cukur agar bisa tetap tampil maksimal meskipun sedang menjalankan ibadah umroh.

Mengingat peralatan rias dan alat cukur meskipun sesama pria bisa saja berbeda sebaiknya Anda membawa sendiri saja. Tentu akan sangat merepotkan jika harus pinjam meminjam dengan jamaah lain apalagi jika tidak saling kenal.

12. Kacamata dan masker

Para pria juga direkomendasikan membawa kacamata dan masker mengingat kondisi disana berdebu pasir. Bawa kacamata dan masker secukupnya serta yang nyaman digunakan agar tidak mengganggu rangkaian ibadah sedang dilakukan.

Bawa masker ganti agar ketika masker sudah kotor ataupun najis terkena debu bisa dibuang saja kemudian ganti masker baru.

13. Pakaian Dalam

Membawa pakaian adalah perlengkapan umroh untuk pria yang jangan sampai tidak dibawa sama sekali. Mengganti pakaian dalam secara rutin setelah mandi menjadi bentuk ibadah untuk menjaga kesucian dan kebersihan diri.

Sebaiknya Anda membawa pakaian dalam lebih banyak seperti digunakan sehari-hari agar tidak kehabisan saat berada disana. Tidak mungkin mencuci pakaian dalam selama umroh jadi lebih baik jika dilebihkan saja ketika membawanya.

Pakaian dalam bisa berupa CD, boxer maupun kaos dalam yang biasa dipakai jadi disesuaikan saja dengan kebiasaan diri sendiri. Karena terkadang kebutuhan akan pakaian dalam orang lain berbeda-beda jadi jangan disamakan.

14. Charger dan Powerbank

Handphone memudahkan para jamaah ketika berkomunikasi dengan tim serta jamaah lain selama umroh untuk pria. Selain itu handphone juga digunakan sebagai media untuk berfoto atau selfie untuk mengabadikan momen ketika sedang berziarah.

Menjaga kondisi baterai dalam keadaan penuh atau memastikan selalu tersedia sehingga handphone selalu on. Sebaiknya Anda membawa charger dan juga powerbank agar ketika baterai habis bisa langsung diisi saat itu juga.

Saat ini sudah banyak tersedia powerbank dengan kapasitas penyimpanan baterai berukuran besar sehingga bisa dipakai lama. Jangan lupa ketika berada di hotel power bank juga harus di charger begitupun handphonenya sehingga tidak kehabisan selama kegiatan.

15. eSIM atau Wifi

Membawa handphone selama umroh jika tidak dilengkapi dengan paket internet atau wifi jelas tidak bisa dipakai komunikasi. Sebagai rekomendasi Anda bisa menggunakan produk dari JavaMifi yang tersedia ada seperti eSIM dan Global WIFI.

Memilih menggunakan Global WIFI menawarkan banyak kelebihan seperti bisa digunakan dengan beberapa orang sekaligus. Jika Anda solo traveling juga tidak masalah apalagi tanpa adanya batasan kuota atau unlimited memakai Global WIFI JavaMifi.

Bisa connect di 200 negara termasuk di Mekkah bisa dipakai tanpa adanya gangguan sinyal dan dijamin lancar. Selain itu layanan CS support 24 jam jadi kapanpun ada kendala bisa segera diatasi saat itu juga demi kenyamanan pelanggan.

Begitupun dengan eSIM juga menawarkan kelebihan seperti bisa tethering meskipun Anda sedang solo traveler. Tidak perlu ribet gonta ganti kartu karena tinggal scan saja bisa connect secara unlimited (tanpa batas kuota).

Lengkapi semua perlengkapan umroh untuk pria yang akan dibawa salah satunya USP dari JavaMifi sebagai penunjang jaringan internet selama di luar negeri.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *