15 Daftar Perlengkapan Umroh untuk Pria yang Wajib Dibawa
banner 468x60

Sebelum melaksanakan ibadah umrah, ada baiknya untuk mempersiapkan hal-hal penting yang harus dibawa. Persiapan-persiapan tersebut meliputi administrasi hingga perlengkapan umrah yang lainnya. Persiapan-persiapan ini dilakukan agar ibadah umrah kamu mudah dan lancar. Simak syarat & cara bikin visa umrah 2024.

Untuk Globers yang hendak menjalankan umrah dalam waktu dekat, ada baiknya sudah melakukan persiapan-persiapan sejak dini sebelum berangkat ke Tanah Suci. Untuk jamaah umrah pria, ada baiknya kamu mempersiapkan 15 perlengkapan pria yang dibawa ketika menjalankan ibadah umrah. Berikut adalah 15 daftar perlengkapan umrah untuk pria yang wajib dibawa.

banner 336x280

Daftar Perlengkapan Umrah untuk Pria

Selain mempersiapkan perlengkapan administrasi, kamu juga harus menyiapkan beberapa hal yang harus dibawa ketika menjalankan ibadah umrah. Perlengkapan-perlengkapan tersebut merupakan perlengkapan pribadi yang dapat menunjang seluruh kegiatan ibadah umrah. Berikut ini adalah daftar perlengkapan umrah untuk pria.

1. Baju Ihram

Baju ihram adalah pakaian yang wajib dipakai ketika melaksanakan ibadah haji atau umrah. Mengenakan pakaian ihram merupakan tanda seorang Muslim menjaga kesuciannya dari hal-hal yang diharamkan selama menjalankan ibadah umrah. Untuk pria, kain ihram yang dibutuhkan sebanyak dua lembar kain untuk menutupi bagian atas dan bagian bawah dari pinggang hingga kaki.

perlengkapan umrah laki-laki

Baju ihram adalah pakaian yang digunakan cukup lama selama melaksanakan kegiatan ibadah umrah. Terkadang ketika sedang khusyuk melaksanakan ibadah umrah, secara tidak sengaja baju ihram yang kita pakai terkena najis atau yang lainnya. Oleh karena itu, bawalah baju ihram cadangan untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi kejadian yang tidak terduga.

2. Pakaian Muslim dan Celana Bahan

Selain membawa pakaian ihram, disarankan untuk membawa baju muslim dan celana bahan. Baju Muslim ini dapat kamu pakai sebelum atau sesudah melaksanakan ibadah umrah. Bawalah tiga potong baju Muslim untuk beraktivitas di Tanah Suci.

perlengkapan umrah laki-laki

Selain baju Muslim, disarankan juga untuk membawa celana bahan. Dibandingkan dengan sarung, membawa celana bahan akan lebih cepat dan mudah dipakai. Bawalah 2-3 potong celana bahan yang sesuai dengan kebutuhan kamu selama menjalankan ibadah umrah.

3. Jaket

Arab Saudi memiliki cuaca yang ekstrim di siang maupun malam hari. Panas sangat panas, dingin sangat dingin. Untuk menghalau dari cuaca yang ekstrim tersebut, bawalah jaket. Jaket akan sangat berguna untuk melindungi kamu dari cuaca ekstrim ketika menjalankan ibadah umrah.

perlengkapan umrah laki-laki

4. Sabuk Umrah

Seperti yang sudah diketahui, saat menjalankan ibadah haji atau umrah, kita dilarang untuk memakai pakaian yang berjahit. Itu sebabnya kita diwajibkan mengenakan pakaian ihram, pakaian yang tidak berjahit. Namun, karena tidak berjahit, ada resiko kain ihram merosot. Oleh karena itu, bawalah sabuk umrah.

perlengkapan umroh untuk pria
blibli.com

 

Sabuk umrah digunakan untuk mengikat kain ihram supaya kuat dan tidak merosot. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kain ihram kedodoran atau merosot ketika sedang menjalankan rangkaian ibadah umrah. Selain itu, beberapa sabuk umrah memiliki model dompet yang dapat digunakan untuk menyimpan uang atau barang-barang lainnya.

5. Pakaian Tidur

Meski sudah membawa pakaian ihram dan baju muslim, kedua pakaian tersebut digunakan untuk aktivitas yang tertentu. Karena masing-masing baju memiliki fungsinya tersendiri. Begitu pun baju untuk tidur

Bawalah beberapa potong baju tidur dan tidak mencampurnya dengan pakaian yang lain. Baju tidur yang bisa dipakai yakni kaus dengan bahan yang nyaman. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kebersihan ketika menjalankan ibadah umrah. Sehingga, kamu bisa beribadah dengan tenang dan nyaman. 

6. Sarung

Salah satu perlengkapan umrah yang tidak boleh ketinggalan yaitu sarung. Sarung merupakan perlengkapan serbaguna. Selain bisa untuk dipakai sholat, sarung juga bisa digunakan untuk selimut atau alas selama berada di Tanah Suci.

perlengkapan umrah laki-laki

7. Pakaian Dalam

Berikutnya, perlengkapan umrah untuk pria yang tidak kalah penting yaitu pakaian dalam. Pakaian dalam yang dimaksud yakni celana dalam, boxer, atau kaus. Disarankan untuk membawa lebih banyak pakaian agar tidak perlu repot untuk mencucinya. Bawalah beberapa pakaian dalam sesuai kebutuhan kamu di Tanah Suci.  

8. Sendal dan Kaus Kaki

Selama melaksanakan ibadah umrah, dibutuhkan kekuatan fisik yang baik, terutama pada bagian kaki. Karena, kebanyakan sebagian besar kegiatan umrah membutuhkan kaki yang kuat. Maka, perlengkapan untuk kaki juga sama pentingnya dengan pakaian. Simak 8 rekomendasi tempat bersejarah yang wajib dikunjungi saat umrah.

perlengkapan umrah laki-laki

Bawa 1-2 kaus kaki untuk melindungi kaki kamu dari cuaca panas dan dingin di Arab Saudi. Sedangkan sendal, pakailah sendal yang nyaman agar alas kaki kamu tidak mengalami luka-luka atau lecet akibat terlalu banyak jalan kaki.

9. Perlengkapan Mandi

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Maka, penting untuk membawa perlengkapan mandi saat berada di Tanah Suci. Beberapa perlengkapan mandi yang disarankan untuk dibawa yaitu sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, handuk, deodoran, dan parfum.

perlengkapan umrah laki-laki

Namun, beberapa hotel di Arab Saudi menyediakan peralatan mandi seperti di atas. Untuk tambahan, kamu bisa membawa pelembab wajah, pelembab bibir, tabir surya dan sebagainya yang berfungsi untuk melindungi kulit kamu dari sinar matahari langsung yang menyengat.

10. Alat Cukur

Terkesan sepele tapi sangat penting. Kehadiran alat cukur bagi pria mungkin akan dianggap sebagai kebutuhan sekunder ketika hendak melaksanakan umrah. Namun, alat cukur menjadi sangat vital ketika kamu belum mencukur kumis atau jenggot yang sudah panjang dan mengganggu saat hendak memakai ihram. 

perlengkapan umrah laki-laki

Bawalah alat cukur untuk memotong kumis dan jenggot. Terlebih lagi ukuran alat cukur tidaklah terlalu besar. Kecil tapi penting.

11. Obat-Obatan Pribadi dan Vitamin

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, bawalah obat-obatan pribadi agar tidak mengganggu aktivitas umrah di tanah suci. Obat-obatan pribadi cukup penting untuk mengantisipasi jika kamu merasa sakit selama beribadah di tanah suci.

perlengkapan umrah laki-laki

Tidak lupa juga untuk membawa vitamin agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga selama menjalankan ibadah umrah. Meski terdapat pemeriksaan kesehatan sebelum keberangkatan, ada baiknya untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

12. Kacamata dan Masker

Perlindungan dari tabir surya untuk menghalau sinar matahari tidaklah cukup. Untuk perlindungan yang maksimal, gunakan kacamata dan masker. Selain melindungi dari panasnya matahari, kedua perlengkapan ini juga berguna untuk melindungi debu dan mengurangi silau matahari yang terik.

perlengkapan umrah laki-laki

13. Buku Panduan dan Al-Qur’an

Masing-masing jamaah umrah dibekali dengan buku panduan umrah. Buku panduan umrah berisikan doa-doa, tata cara ibadah umrah, serta beberapa larangan selama ibadah umrah dengan ukuran yang pas di kantong. Untuk cara yang lebih simpel dan praktis, bawalah handphone yang sudah terinstal beberapa aplikasi panduan umrah. Simak 8 aplikasi yang wajib didownload sebelum berangkat haji dan umrah.

perlengkapan umrah laki-laki

Selain itu, tidak lupa juga untuk membawa Al-Qur’an dengan ukuran yang pas di tangan. Bacalah Al-Qur’an selagi sempat atau setelah melakukan sholat.

14. Charger dan Powerbank

Handphone menjadi alat komunikasi yang penting ketika berada di Tanah Suci. Handphone bisa digunakan untuk menjadi media rekreasi dan komunikasi untuk menghubungi keluarga yang ada di rumah. Maka, jangan lupa untuk selalu membawa charger handphone.

perlengkapan umrah laki-laki

Ketika berada di luar dan tidak ada colokan listrik, alangkah baiknya sebelum keluar membawa powerbank. Sehingga saat berada di luar ruangan, kamu tidak perlu gusar tentang baterai handphone yang akan habis.

15. Data Internet

Satu lagi hal penting tapi sering dilewatkan oleh jamaah umrah yaitu data internet. Tidak semua area di Mekkah dan Madinah tersedia koneksi internet gratis. Terlebih lagi, WiFi publik cenderung lebih rentan keamanannya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mempersiapkan data internet yang sudah dipersiapkan sebelum keberangkatan umrah. 

eSIM JavaMifi
eSIM JavaMifi

Maka dari itu, gunakan e-SIM Umrah. e-SIM Umrah adalah solusi baru untuk para jamaah umrah Indonesia yang membutuhkan konektivitas internet yang simpel dan mudah digunakan selama ibadah umrah. Dengan memanfaatkan teknologi yang lebih modern, kamu akan mendapatkan pengalaman berupa kemudahan dalam menggunakan kartu SIM. Cukup scan QR Code dan internet langsung connect. Jadi, ketika menggunakan e-SIM, kamu tidak perlu repot mengganti kartu SIM atau berlangganan paket roaming yang rumit dan mahal. 

Untuk cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS dapat dilihat di sini. Kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Selain itu, kelebihan e-SIM dari JavaMIfi yaitu bisa tethering hingga 1 devicetidak perlu repot mengisi data diri atau registrasikuota unlimitedjaminan 100% connect ketika tiba di Mekkah, memiliki sinyal stabil yang menjangkau hingga 200 lebih negara, dan bisa ditop-up

Top up dapat dilakukan dengan cara menghubungi CS Sales JavaMifi. Cukup menyebutkan nomor order atau ICCID yang sudah terkirim via email lalu hubungi CS Sales JavaMifi, sehingga tidak perlu lagi membeli e-SIM yang baru.

Jika kamu mengalami kendala, kamu bisa menghubungi customer support yang siap siaga selama 24 jam. Kamu bisa mendapatkan e-SIM Umrah JavaMifi melalui website, e-commerce, dan online travel agent mulai dari harga Rp.79.000 dan kuota internet hingga 25 GB. e-SIM Umrah JavaMifi juga bisa didapatkan di offline store dan 3 bandara di Surabaya, Yogyakarta, dan Soekarno-Hatta.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

banner 336x280
Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *