Traveling Jadi Lebih Mudah dengan 3 Teknologi Canggih ini

 

Sebagian orang lebih tertarik melakukan solo traveling dibandingkan berkelompok karena alasannya tersendiri. Bila Anda merupakan salah satu di antaranya yang lebih gemar traveling sendirian, bisa memanfaatkan alat dengan dukungan teknologi canggih.

Alat seperti ini bisa memberikan pengalaman liburan yang lebih menarik dan berkesan. Selain itu, bisa memberikan pengalaman liburan yang baru dan berbeda dari biasanya.

Terdapat 3 teknologi canggih yang bisa memudahkan perjalanan traveling solo Anda. Meliputi AI, AR dan konektivitas WiFi. Supaya lebih paham ketiga jenis teknologi canggih ini, Anda bisa menyimak pembahasan selengkapnya pada uraian berikut.

 

Teknologi Canggih Solo Traveling

Sekarang ini segala jenis aktivitas dipermudah dengan bantuan teknologi canggih, termasuk solo traveling. Ketika membahas tentang teknologi yang mempermudah perjalanan wisata sebenarnya ada banyak. Tapi, berikut akan dibahas hanya 3 jenis saja.

  1. Artificial Intelligence (AI)

Teknologi canggih pertama adalah AI atau Artificial Intelligence. Fitur AI atau kecerdasan buatan semakin marak digunakan di berbagai bidang, salah satunya pariwisata. Banyak tersedia mesin pembelajaran serta serangkaian bot untuk melakukan tugas sederhana.

Selain itu juga dipakai untuk memangkas biaya pengeluaran, menambah efisiensi serta meningkatkan layanan terhadap para pelanggan. Adanya fitur travel bot siap menjawab segala jenis pertanyaan yang diajukan.

Bisa juga menanggapi komentar para pelanggan. Hal seperti ini tentunya sangat membantu pemilik bisnis yang tidak bisa melakukannya setiap saat karena alasan memiliki kesibukan lainnya.

Bukan hanya memudahkan merespons pesan pelanggan, AI bisa mengenali ucapan seseorang. Adanya layanan AI ini bisa menjawab kebutuhan pelanggan lewat suara. Sedangkan dalam solo traveling, Anda bisa memakainya untuk mencari informasi.

Secara umum, di dunia industri, AI dipakai untuk mempelajari profil wisatawan, lalu diwujudkan berbentuk analisa data. Inilah beberapa manfaat lebih mendetail dari AI dalam perjalanan wisata:

 

 

 

  • Membantu Perencanaan Perjalanan

 

 

AI bisa membantu para wisatawan dalam memberikan rekomendasi serta rencana perjalanan terbaik sesuai dengan anggaran, preferensi serta perilaku perjalanan yang sudah dilakukan sebelumnya.

 

Menariknya, algoritma AI bisa menganalisis data berjumlah besar. Bukan hanya merekomendasikan tempat wisata populer saja, tapi juga jadwal penerbangan, tarif hotel dan kebutuhan perjalanan lainnya.

 

Adanya fitur chatbot bisa meningkatkan pengalaman pemesanan menjadi lebih praktis dan menghemat waktu. Adanya chatbot bukan hanya sekedar menjawab pertanyaan wisatawan saja, tapi juga menangani pemesanan mereka.

 

Asisten Virtual Cerdas Bisa Dimanfaatkan Kapan Saja

 

AI ini merupakan asisten virtual cerdas yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya kapan saja dan di mana saja. Tidak terbatas dengan waktu alias mendukung layanan selama 24 jam penuh.

 

AI akan membantu menangani berbagai keluhan serta pertanyaan para pelanggan. Selain itu, membantu mengatur solo traveling sekaligus menyediakan layanan penerjemahan waktu untuk wisatawan asing.

 

Mengoptimalkan Transportasi

 

Dengan memanfaatkan fitur chatbot, Anda bisa memulai percakapan dengan cara menginputkan detail perjalanan yang diinginkan. Setelah itu, bot akan membantu mencarikan rekomendasi terbaik.

 

Salah satunya rekomendasi mengenai tarif tiket penerbangan atau transportasi paling murah untuk menuju wisata yang dituju. Selain itu, chatbot akan mengirimkan informasi tarif tiket disesuaikan dengan budget atau anggaran yang dimiliki.

 

Pemanfaatan AI bisa membantu merencanakan rute perjalanan paling efisien untuk menghemat bahan bakar. Baik itu rute maskapai penerbangan, jalur laut maupun darat. Selain itu, juga meminimalkan waktu perjalanan.

 

Asisten cerdas seperti ini tentu akan sangat membantu selama perjalanan walaupun Anda masih baru pertama kali mengunjungi tempat tersebut. Jadi, meskipun yang dilakukan adalah solo traveling, segala kemungkinan kendala bisa segera diatasi.

 

  1. Augmented Reality (AR)

Teknologi canggih selanjutnya yang memudahkan traveling adalah AR atau Augmented Reality. Dulu, untuk menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung di tempat tertentu atau menginap di hotel, ada pembagian brosur.

Di mana dalam brosur tersebut akan ada tampilan gambar sekaligus tarif yang harus dibayarkan. Tapi, di era digital seperti sekarang, metode membagikan brosur sudah mulai ditinggalkan. Adanya teknologi AR, cukup efektif menarik perhatian para wisatawan yang ingin melakukan solo traveling maupun bersama rombongan untuk berkunjung ke tempat wisata tertentu.

Hanya dari ponsel, Anda bisa menikmati keindahan dunia nyata dan digital yang bercampur menjadi satu karena kecanggihan teknologi AR ini. Contoh lain implementasi AR adalah peta dinding interaktif serta dekorasi ruangan.

 

Di industri pariwisata, penerapan teknologi AR ini biasanya pada penambahan grafik atau informasi bermanfaat lainnya. Dalam implementasi sesungguhnya, AR bisa dipakai sebagai pengganti guide atau pemandu wisata.

Sebagai contoh, fitur petunjuk arah ditambahkan untuk memudahkan pelanggan menuju tempat wisata. Melalui peta interaktif yang didukung oleh teknologi AR, Anda bisa meningkatkan pengalaman perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Sebab, cara navigasinya menarik serta mudah dipakai. Jadi, tidak ada alasan lagi saat solo traveling bingung mencari arah menuju destinasi wisata tujuan walaupun sebelumnya belum pernah mengunjungi tempat tersebut.

  1. Konektivitas WiFi

Teknologi canggih terakhir yaitu konektivitas WiFi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain dengan internet. Semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat kebutuhan terhadap konektivitas WiFi semakin mengalami peningkatan, terutama bagi wisatawan.

Apalagi bila yang Anda lakukan adalah solo traveling, di mana segala sesuatunya bergantung terhadap ponsel dan internet. Manfaat WiFi dalam perjalanan ada banyak, salah satunya mempermudah pencarian rute menuju tempat wisata tujuan.

Selain itu, dipakai untuk mencari informasi tentang restoran, tempat ibadah, POM atau tempat lainnya yang terdekat dengan titik lokasi di mana Anda berada. Sebenarnya bisa saja tanya kepada masyarakat sekitar.

Tapi, bagaimana bila tidak ada masyarakat sekitar yang terlihat bisa ditanya? Jadi, mau tidak mau Anda harus mencari tahunya sendiri. Dengan WiFi, Anda bisa membagikan pengalaman liburan solo traveling di media sosial secara real time.

Bahkan bisa juga memberikan ulasan secara langsung pada blog, media sosial maupun situs biro perjalanan terkait. Dengan adanya WiFi, para wisatawan bisa dengan mudah memesan tiket wisata maupun tempat penginapan hanya lewat ponsel.

 

Selain itu, dapat mencari rekomendasi tempat penginapan paling murah dengan tetap mengutamakan kualitas pelayanan sebelum memutuskan melakukan reservasi. Hal seperti ini akhirnya dimanfaatkan biro perjalanan untuk menyediakan layanan WiFi gratis.

Bagaimana bila biro perjalanan tidak menyediakan layanan WiFi gratis? Anda bisa memanfaatkan Global WiFi yang ditawarkan oleh JavaMifi. Perangkat ini akan memudahkan para wisatawan dalam mengakses internet selama traveling.

Jangkauan perangkat ini hingga lebih dari 200 negara dengan teknologi multi operator. Jadi, pengguna solo traveling bisa tetap terhubung #SinyalTerkuat di setiap wilayah yang dikunjungi. Inilah beberapa kelebihan JavaMifi untuk perjalanan ke luar negeri:

 

  • Aman

 

Dibandingkan menggunakan WiFi ditempat umum, jauh lebih aman memanfaatkan JavaMifi. Sudah mulai banyak kasus kejahatan cyber pembobolan data lewat jaringan internet yang diakses saat traveling. Ada banyak jenis kejahatan pembobolan data. Paling bahaya, ketika mereka berhasil membobol rekening yang Anda miliki. JavaMifi sudah tertanam secure VPN. Hal ini membuat layanan internet yang pengguna pakai nantinya tidak dapat diretas oleh para pelaku kejahatan cyber.

Selain tertanam keamanan, dari segi sinyal produk ini memberikan kekencangan dan kestabilan yang cukup. Kelebihan seperti ini tentu akan membuat pengalaman solo traveling yang Anda lakukan jauh lebih menenangkan dan terasa nyaman.

 

 

  • Adanya Jaminan Langsung Terhubung

 

Kelebihan seperti ini tentu sangat memudahkan para wisatawan yang sudah sampai di negara tujuan. Sebab, tidak perlu melakukan registrasi lagi untuk mengaktifkan layanan roaming.

 

Ketika memakai produk ini, setelah sampai di negara tujuan, Anda bisa langsung mengakses internet.  

 

Tanpa Deposit

Kelebihan solo traveling menggunakan JavaMifi terakhir yaitu tanpa deposit. Jadi, Anda tidak perlu kerepotan mengurus pengambilan deposit sesudah selesai menggunakan produk ini.

Cara mendapatkannya sangat mudah, yaitu hanya dengan memesan lewat situs resminya. Kemudian pilih opsi pembayaran kartu kredit tipe apapun atau kartu debit yang mempunyai visa atau mastercard.

Pemilihan tanpa deposit seperti ini akan membuat jumlah yang dibayarkan benar-benar hanya untuk tarif peminjaman modem saja. Asalkan persyaratannya sudah dipenuhi, bukan hanya tanpa deposit, tapi internet kencang bisa Anda dapatkan. 

Berbagai kelebihan tersebut membuat JavaMifi memiliki banyak pelanggan. Baik itu pelanggan baru maupun yang sudah lama. Bagi Anda yang hendak melakukan solo traveling di dalam maupun luar negeri, segera pesan JavaMifi untuk menemani perjalanan. 

 

 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *