Simak 5 Keunikan Wisata Alam di Turki Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tour Turki selalu jadi minat para traveler. Bagaimana tidak, Negara ini berada di 2 benua yaitu Eropa dan Asia. Anda akan bisa melihat perpaduan antara dua kebudayaan berbeda dari Negara lain, unik serta berkarakter.

Selain itu nilai tukar mata uangnya tidak terlalu tinggi, sehingga sangat terjangkau apabila berkunjung ke sana. Anda bisa menikmati berbagai sajian kuliner khas bercita rasa dengan harga murah layaknya di Indonesia.

Turki juga menyajikan berbagai tema wisata, tidak hanya tempat-tempat bersejarah namun juga tema alam. Selain iklim dan cuaca berbeda, Anda dapat merasakan atmosfer unik dari pemandangan alamnya seperti tempat-tempat hits di bawah ini.

Tour Turki ke Ihlara Valley

Lembah Ihlara adalah ngarai terletak tepat di jantung Cappadocia. Keajaiban alam ini memiliki panjang lebih dari 14 km dan mencapai kedalaman hingga 150 meter. Pemandangan berupa formasi batuan menjulang tinggi, sungai deras, dan tanaman hijau subur bisa Anda nikmati.

Lembah ini wajib masuk itinerary tour Turki Anda karena merupakan rumah bagi salah satu jalur pendakian paling indah di Turki. Ngarai ini juga merupakan rumah bagi beberapa gereja dan biara gua kuno, beberapa diantaranya berasal dari abad ke-4.

Banyak dari gereja ini berisi lukisan dinding terpelihara dengan baik menggambarkan pemandangan dari Alkitab dan kehidupan orang-orang kudus. Paling terkenal adalah Gereja Agacalti, dengan lukisan dinding Saint George dan Naga menakjubkan.

Sejarah Lembah Ihlara terkait erat dengan periode Kristen awal di Cappadocia. Lembah sebagai tempat berlindung para biarawan dan pertapa.  Mereka kemudian mengukir rumah, gereja, serta biara ke dalam batu tuff di dinding ngarai, menciptakan pemandangan indah bertahan selama berabad lamanya.

Lembah ini menawarkan tempat peristirahatan damai dan spiritual dari hiruk pikuk kehidupan modern, dengan keindahan alam dan kekayaan sejarahnya. Mendaki jalan setapak dan menjelajahi gereja gua akan jadi pengalaman tak terlupakan yang akan selalu Anda ingat.

Tour Turki ke Dilek National Park

Taman Nasional Semenanjung Dilek di Kusadasi adalah salah satu warisan alam dengan luas 27.598 hektar. Semenanjung Dilek pada tahun 1966 dinobatkan sebagai taman nasional, mencakup 10.985 hektar.

Delta Menderes Besar, pada 1994 dinyatakan sebagai taman nasional, mencakup luas 16.613 hektar. Taman nasional menarik dikunjungi selama tour Turki Anda, taman nasional dapat dicapai melalui jalan raya Kusadasi – Soke.

Taman Nasional ini memiliki keindahan flora Mediterania luar biasa dengan pantai bersih berwarna biru. Ada banyak pantai di dalam taman ini yang bisa Anda kunjungi. Seperti pantai Kalamaki, Kavakli dan Karapinar.

Taman Nasional ini juga terdapat beberapa spesies fauna yang terancam punah. Anadolu Pars yang paling khas. Anda bisa menemukan bermacam spesies reptil, mamalia, dan burung di taman ini, jadi cocok juga sebagai wisata edukasi.

Selain menikmati pemandangan alam, selama tour Turki taman ini dimanfaatkan untuk aktivitas fotografi. Selain mengabadikan flora, fauna dan bentang alam, Anda bisa mengabadikan keindahan Delta Menderes yang menakjubkan. 

Tour Turki Wisata Alam Pantai

Saat membahas tentang tema wisata alam, panti tidak boleh ketinggalan. Turki memiliki deretan pantai menakjubkan dengan pemandangan khasnya. Berikut adalah beberapa yang bisa Anda jadikan destinasi saat merencanakan tour Turki.

1.      Kaputas Beach

Pantai ini terletak 20 km dari Kaş serta 7 km dari Kalkan. Pantai ini populer di kalangan pengunjung kawasan karena lingkungan alam serta pemandangan dari ketinggian yang dilalui oleh Jalan Negara Bagian D400 antara Kaş dan Kalkan.

Sudah ada fasilitas toilet, pancuran, bar kafe, serta gubuk ganti di Pantai Kaputas. Pantai ini dapat dicapai dengan 170 anak tangga menurun dari jalan raya. Wilayah obyek wisata alam ini dikelola langsung oleh pemerintah kota Kalkan.

Menariknya pantai kaputas menyajikan pemandangan unik berkelas yaitu bisa melihat yacht singgah. Kawasan ini juga tampil unik dengan adanya ngarai sempit yang bisa dicapai langsung dari pantai di bawah jembatan. Ngarai terbentuk dari abrasi bebatuan ini gratis dikunjungi wisatawan.

2.      Old City Marina

Old City Marina juga wajib masuk dalam daftar kunjungan tour Turki Anda.  Ada banyak aktivitas bisa Anda lakukan di pantai ini seperti berlayar, berjalan kaki di sepanjang dermaga, atau sekedar menyantap hidangan restoran maupun kafe lokal di dalamnya.

Perairan Mediterania yang jernih menjadi magnet yang tidak dapat ditolak untuk dinikmati. Beruntungnya Old City Marina menyediakan persewaan perahu bagi wisatawan. Anda bisa berlayar dari pelabuhan ke pelabuhan terdekat.

Old City Marina yang berada di kawasan Antalya menyediakan berbagai hidangan tradisional. Anda bisa menikmati sajian khas Turki seperti kebab atau böreks hingga hidangan internasional seperti pasta hingga pizza.

Berjalan di sepanjang dermaga Old City Marina merupakan salah satu apresiasi terhadap keindahannya. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan kapal layar tradisional Turki yang ditambatkan di samping yacht modern.

Menariknya untuk sampai ke lokasi ini bisa menggunakan berbagai alat transportasi. Tersedia jalur mobil, bus serta taksi. Pengalaman tour Turki akan semakin berkesan dan berkelas dengan menghabiskan waktu di Old City Marina ini.

3.      Pantai Cleopatra

pantai ini paling terkenal di Riviera Turki. Pantai Cleopatra menjadi terkenal karena daya tariknya yang khas. Mulai dari pasir kuning keemasan, air laut jernih transparan, suhu air hangat serta dimensi sepanjang 2 kilometer serta lebar 40 meter yang memuaskan pengunjung.

Di dekat pantai terdapat benteng tua, dengan bangunan klasik menakjubkan. Pantai ini memiliki arus air laut yang kuat dan ombak besar (hingga 2 meter) pada hari dan musim tertentu.

Dikelola dengan baik sebagai obyek wisata, pantai ini sudah dilengkapi ruang ganti, kamar mandi dan toilet gratis. Klub pantai menyediakan kursi berjemur ada juga payung yang disewakan. Tapi untuk tamu hotel lokal terdekat, furnitur ini disediakan secara gratis.

Anda akan dimanjakan dengan banyaknya kios kecil di setiap 50 meter dari area pantai. Di mana Anda bisa membeli makanan cepat saji, minuman, atau es krim. Anda juga bisa membeli produk cinderamata.

Tour Turki Gereja St. Philip Martyrium

Terletak di Pamukkale, Gereja St. Philip Martyrium merupakan situs religi kuno yang menarik perhatian banyak wisatawan dan penggemar sejarah. Situs bersejarah ini dibangun di atas makam St. Philip, salah satu dari dua belas rasul Yesus Kristus.

Gereja dibangun pada abad ke-5 dan berfungsi sebagai tempat ziarah umat Kristiani hingga abad ke-12. Pembangunan dilakukan di atas bukit yang menghadap ke kota kuno Hierapolis dan teras Pamukkale.

Pembangunan menggunakan batu kapur lokal, dan memiliki denah persegi panjang sederhana dengan nave, narthex, dan apse. Bagian dalam gereja berhias lukisan dinding indah yang berasal dari abad ke-6 dan ke-7, menggambarkan kehidupan St. Philip dan tokoh agama penting lainnya.

Salah satu fitur mengesankan dari Gereja St. Philip Martyrium adalah tempat pembaptisan, yang terletak di narthex. Berupa kolam kecil dikelilingi empat pilar yang menopang sebuah kubah, dialiri oleh mata air alami.

Tour Turki Anda selanjutnya akan dibawa menjelajahi reruntuhan kota kuno Hierapolis. Meliputi teater yang terpelihara dengan baik, pekuburan, dan beberapa bangunan kuno lainnya. Situs ini mudah diakses dengan mobil atau bus dan terbuka untuk pengunjung sepanjang tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, gereja telah mengalami pekerjaan restorasi yang ekstensif. Dengan tujuan melestarikan keindahan bersejarahnya untuk generasi mendatang. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam sekaligus wisata sejarah dan religi.

Tour Turki ke Uchisar Castle

Cappadocia terkenal dengan lanskap gurun dan tempat tinggal berupa gua unik, yang dikenal sebagai cerobong peri. Contoh rumah gua bersejarah adalah Kastil Uchisar. Kastil bersejarah ini terletak di kota Uçhisar, Provinsi Cappadocia Goreme, Turki.

Dibangun di puncak bukit tepat berhadapan dengan kota yang merupakan titik paling tinggi dari kawasan Cappadocia. Ada juga lanskap gurun di sekitar yang menarik. Banyak orang mengunjungi kastil tidak hanya karena sejarahnya tetapi juga karena pemandangan panorama berupa Gunung Erciyes.

Salah satu landmark Turki ini merupakan titik pertahanan utama wilayah Cappadocia. Belum diketahui kapan tempat ini dibangun. Karena proses pembuatannya dilakukan dengan cara membuat gua alami dengan cara melubanginya pada batu menjadi kamar bersebelahan.

Anda bisa mencapai lokasi ini dengan bus yang berangkat setiap 20 menit dari pusat kota Goreme. Bus ini berangkat dari Avanos ke Nevisher. Bisa juga menggunakan mobil dengan cara menyewanya saat berada di Cappadocia.

Jika Anda bepergian dengan mobil melewati Adnan Menderes Cd dari pusat kota Goreme, maka dalam waktu 5 menit sudah sampai ke kota Uchisar.  Selanjutnya, Anda dapat memarkir mobil di jalan kemudian cukup berjalan kaki menuju ke kastil.

Cara lainnya untuk mengunjungi kastil adalah mendaki. Mendaki wilayah perbukitan Cappadocia adalah salah satu cara terbaik untuk melihat semua lanskap Taman Nasional Goreme dan tempat tinggal gua unik yang terletak di sini.

Demi kelancaran Anda mengunjungi berbagai wisata alam, jangan lupa untuk membawa Global Wifi dari JavaMifi. Wifi portable ini akan membantu navigasi rute perjalanan, menentukan tujuan wisata, atau sekedar berkomunikasi via internet selama tour Turki.

 

 

 

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *