Negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Dunia

Puasa merupakan salah satu ibadah yang tercantum dalam rukun Islam. Berpuasa di bulan Ramadhan juga merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim untuk menjalankannya. Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk berpuasa agar bisa bertakwa kepada-Nya. Selain menahan lapar, hikmah yang dapat diambil dari berpuasa yaitu melatih kesabaran, hawa nafsu, dan menghindar dari dosa-dosa di luar bulan Ramadhan.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Pada umumnya puasa dilakukan selama 12-13 jam lamanya, sedangkan waktu puasa di Indonesia kurang lebih 14 jam. Namun, terdapat kota atau negara yang memiliki waktu puasa yang berbeda-beda mulai dari yang tercepat hingga yang terlama. Berikut ini adalah beberapa negara dengan waktu puasa tercepat dan terlama di dunia.

Alasan Durasi Puasa Berbeda di Tiap Negara

Seperti yang diketahui, waktu berpuasa dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Dari adzan Subuh hingga adzan Maghrib kita diharuskan untuk menahan lapar dan hawa nafsu. Namun, di setiap daerah atau negara memiliki perbedaan waktu yang berbeda. Karena hal tersebut, waktu berpuasa dan shalat berbeda-berbeda di tiap tempat.

 Perbedaan waktu ini disebabkan karena rotasi dan revolusi bumi. Dua faktor ini yang menyebabkan adanya perbedaan waktu berpuasa di tiap negara di seluruh dunia.

Rotasi bumi merupakan perputaran bumi pada porosnya dengan kemiringan 23,5 derajat pada bidang orbit. Gerakan ini mempengaruhi terjadinya siang dan malam. Saat salah satu sisi bumi terkena sinar matahari, kawasan tersebut akan mengalami siang, sedangkan jika sebaliknya akan mengalami malam hari.

 Miringnya sumbu rotasi membuat matahari tidak selalu terlihat di daerah khatulistiwa. Pergeseran matahari inilah yang mengakibatkan daerah-daerah tertentu mengalami siang atau malam yang lebih panjang dari daerah lainnya. Jarak waktu Subuh dan Maghrib pun ikut berbeda juga, yang berpengaruh kepada waktu berpuasa di masing-masing negara.

 

Waktu Berpuasa Tercepat

Waktu puasa di Indonesia kurang lebih 14 jam, tapi kalian tahu bahwa ada beberapa negara yang waktu puasanya terpendek di dunia. Inilah beberapa negara dengan waktu puasa tercepat di dunia.

Christchurch, Selandia Baru

waktu puasa dunia

Waktu berpuasa pada tahun 2024 kali jatuh kepada negara yang terletak di Selandia Baru, yakni Christchurch dengan durasi waktu berpuasa selama 12 jam 42 menit sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Menurut sensus penduduk 2018, jumlah penduduk Muslim di Selandia Baru sebesar 59.145 atau sekitar 1.32% dari seluruh populasi di seluruh Selandia Baru. Muslim di Selandia Baru harus menahan trauma karena insiden penembakan yang terjadi di Masjid Islamic Centre pada tanggal 15 Maret 2019 dengan total jumlah korban meninggal dunia 10 orang. Di Selandia Baru terdapat Milford Sound, destinasi wisata paling terkenal di Selandia Baru.

Puerto Montt, Chili

waktu puasa dunia

Salah satu negara paling selatan ini tahun ini akan menjalani puasa terpendek, yakni hanya 12 jam 42 menit. Muslim di negara ini akan memulai puasa pada pukul 05:31 dan berbuka pada pukul 17:53 waktu setempat. Namun demikian, Muslim di sana bukan tanpa hambatan mereka juga harus berjuang melakukan segala aktivitas di tengah cuaca dingin dan kering.

Canberra, Australia

waktu puasa dunia

Kota di kawasan Australia ini memiliki waktu terpendek, yaitu 12 jam 46 menit. Di Australia sendiri, Islam mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun 1981 sebesar 76.782 sampai tahun 2016 sebesar 604.200 dengan persentase pertumbuhan 26.9%. Meski begitu, di Australia masih terdapat kasus diskriminasi dan Islamophobia. Ketika mengunjungi Australia, kamu wajib mengunjungi 4 tempat wisata Australia paling rekomended.

Montevideo, Uruguay

waktu puasa dunia

Kota Montevideo di Uruguay memiliki waktu terpendek untuk berbuka puasa, yaitu 12 jam 47 menit. Umat Islam di negara ini akan memulai puasa pada pukul 05:18 dan berbuka pada pukul 18:53 per tanggal 25 Maret 2024 waktu setempat. Karena kebebasan beragama dijamin undang-undang, maka kehidupan beragama di Uruguay tidak mengalami masalah.

Cape Town, Afrika Selatan

waktu puasa dunia

Cape Town merupakan salah satu kota besar di Afrika Selatan. Islam merupakan agama terbesar kedua di kota ini dengan sejarah yang panjang. Cape Town memiliki waktu puasa terpendek yaitu sekitar 12 jam 48 menit. Dengan basis agama yang kuat di Cape Town, mayoritas penduduk muslim di sana tidak mengalami masalah yang berarti dalam menjalankan ibadah puasa. Kunjungi juga 5 safari terbaik di Afrika yang pesonanya hangatkan jiwa.

 

Waktu Berpuasa Terlama

Selain waktu berpuasa terpendek di dunia, di belahan negara lain juga terdapat negara yang mengalami waktu puasa terlama. Berikut merupakan daftar waktu berpuasa terlama di dunia.

Nuuk, Greenland

waktu puasa dunia

Ibukota Greenland, Nuuk menjadi salah satu kota dengan waktu puasa terlama, yakni sekitar 17 jam 52 menit. Populasi muslim di Nuuk ini terbilang sangat kecil yaitu hanya sekitar 0.6%.  Walau begitu, muslim di sana tetap bisa bersanding dan menjalankan ibada puasa tanpa gangguan.

Reykjavik, Islandia

waktu puasa dunia

Wilaya di dekat kutub Utara yakni di ibukota Islandia, Reykjavik, umat Islam berpuasa selama hampir 17 jam 25 menit selama bulan Ramadhan. Di Islandia, hanya ada 0,3 persen atau sekitar 770 orang penduduk yang beragama Islam.

Helsinki, Finlandia

waktu puasa dunia

Salah satu kota dengan puasa terlama berada di Helsinki, Finlandia dengan waktu puasa terlama yaitu sekitar 17 jam 9 menit. Umat muslim yang berada di sini akan memulai puasa pada pukul 03:56 dan berbuka puasa pada pukul 20:07 waktu setempat. Tercatat pada tahun 2020 total jumlah penduduk muslim di Helsinki Finlandia yaitu sekitar 162,000 orang.

Stockholm, Swedia

waktu puasa dunia

Kota selanjutnya dengan durasi waktu puasa terlama di dunia masih berada di kawasan utara Eropa tepatnya di kota Stockholm, Swedia. Penduduk muslim di kota ini berpuasa selama 16 jam 47 menit. Masyarakat muslim di kota ini mulai puasa pada pukul 02:47 dan berbuka puasa pada pukul 6:20 waktu setempat. 

Glasgow, Skotlandia 

waktu puasa dunia

Kota terakhir dengan durasi puasa terlama tahun ini jatuh pada Glasgow, Skotlandia. Umat muslim di kota ini berpuasa selama 16 jam 7 menit yang dimulai pada pukul waktu puasa 05:00 dan berbuka pada pukul 20:53 waktu setempat. Tercatat, pada sensus 2011, penduduk muslim di sana mencapai 1,4 persen dari total populasi di Skotlandia dan terus berkembang hingga sekarang.

Selama berpuasa di luar negeri, informasi seperti waktu imsak, waktu Maghrib, kiblat, dan tata cara ibadah menjadi sangat penting. Untuk mendapat informasi yang cepat, kamu harus memiliki koneksi internet luar negeri yang stabil untuk mencari informasi terkait ibadah puasa agar ibadah kamu semakin khusuk. Maka dari itu, gunakan Global Wifi. Global Wifi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. 

Global Wifi dapat menjangkau lebih dari 200 negara termasuk Thailand. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman kamu. Ditambah, Global Wifi memiliki kuota internet yang unlimited dan sinyal yang kuat sehingga kamu tidak terganggu dengan notif kuota internet habis atau sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global Wifi ini yaitu cara penggunaannya yang mudah. Cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Untuk cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS dapat dilihat di sini. Kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Terdapat juga promo Ramadhan yang bisa kalian gunakan untuk kebutuhan akses internet selama mudik.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

News, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *