10 Panduan Lengkap JR Pass 2024

Jepang merupakan negara yang memiliki penggemar dari berbagai negara, khususnya Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang tertarik ke Jepang karena pariwisatanya, budaya, kultur, dan sejarah negara Jepang. Apalagi, pada akhir bulan Maret merupakan waktu bunga sakura bermekaran. Bunga sakura hanya bermekar dua kali dalam setahun, sehingga momen sakura mekar merupakan momen yang langka. Dengan tersebarnya tempat wisata yang menarik di seluruh negaranya, maka transportasi menjadi jembatan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Kamu juga harus tau daftar musim mekar bunga sakura.

Kita semua sudah tau, Jepang memiliki transportasi yang canggih dengan teknologi terkini mulai dari taksi yang pintunya dapat terbuka sendiri, kereta yang bertemakan karakter dari anime Jepang, hingga kereta peluru atau biasa yang kita kenal dengan Shinkansen dengan kecepatannya mencapai 500/km. Selain dari moda transportasinya yang unik dan canggih, metode pembayaran yang digunakan untuk naik transportasi umum juga tidak kalah modern. Cukup dengan sebuah kartu, kamu bisa mengunjungi seluruh kawasan Tokyo dan kota-kota lainnya di Jepang.

Jepang juga memfasilitasi pengunjung atau turis dari luar negeri yang ingin berwisata dengan sebuah tiket perjalanan yang menggunakan transportasi Jepang, yaitu JR Rail Pass atau disingkat JR Pass. JR Pass ini sangat berfungsi untuk kamu yang ingin liburan ke Jepang dengan cakupan wilayah yang luas.  Kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli JR Pass ini. Berikut merupakan panduan lengkap JR Pass 2024.

1. Apa itu JR Pass?

JR Pass merupakan tiket perjalanan transportasi eksklusif unlimited yang bisa kamu gunakan untuk menaiki transportasi hampir di seluruh Jepang. Dengan kata lain, kamu bisa naik transportasi di Jepang mulai dari bus, kereta, shinkansen, sampai kapal ferry yang dioperasikan oleh perusahaan JR (Japan Rail). Cukup dengan menggunakan tiket perjalanan JR Pass, kamu bisa bepergian tanpa membeli tiket tambahan di setiap perjalanan. JR Pass terbagi dua tipe, Nationwide dan Region Pass. Selain itu, ketahui cara beli JR Pass sebelum traveling ke Jepang.

2. Transportasi yang Bisa Menggunakan JR Pass

Dengan JR Pass, kamu bisa naik kereta peluru, atau yang biasa kita sebut Shinkansen. Shinkansen merupakan transportasi berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menghubungkan daerah-daerah yang jauh dari Tokyo untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan Jepang. 

JR Pass juga bisa digunakan untuk naik bus lokal JR. Berikut merupakan daftar JR Bus:

  • JR Hokkaido Bus 
  • JR Bus Tohoku 
  • JR Bus Kanto 
  • JR Tokai Bus 
  • West Japan JR Bus
  • Chugoku JR Bus
  • JR Shikoku Bus
  • JR Kyushu Bus

Catatan: JR Pass tidak bisa digunakan selain daftar bus di atas.

JR Pass juga bisa digunakan untuk naik kapal laut atau JR Ferry yang dioperasikan JR menuju Miyajima. Tidak termasuk kapal ferry selain JR Ferry.

3. Transportasi yang Tidak Bisa Menggunakan JR Pass

JR Pass tidak bisa digunakan untuk Shinkansen Nozomi dan Mizuho. Alternatifnya, kamu bisa naik Hikari dan Sakura Shinkansen yang memiliki rute yang sama dengan Shinkansen Nozomi dan Mizuho.

4. Penukaran JR Exchange Order

Exchange Order bukanlah tiket JR Pass. Kamu harus menukarnya dengan tiket JR Pass yang asli. Kamu diwajibkan menunjukkan exchange order dan pasport kamu untuk mendapat tiket JR Pass.

Kamu bisa melakukan penukaran JR Exchange Order dengan JR Pass dengan mengunjung JR office yang berada di bandara atau stasiun utama untuk mendapatkan JR Pass.

Kamu bisa memilih tanggal pengaktifan setelah menukar Exchange Order dengan JR Pass. Ketika menukar Exchange Order dengan JR Pass, kamu diwajibkan untuk membawa paspor dan mengisi form data diri. Jika kamu tidak bisa menunjukan passport, Exchange Order kamu dianggap tidak berlaku dan kamu tidak bisa mendapatkan JR Pass. Bila kamu hendak menukar Exchange Order tapi ingin menggunakan JR Pass di hari yang berbeda, kamu bisa meminta petugas untuk mengaktifkan JR Pass pada tanggal yang kamu tentukan selama masa berlaku Exchange Order.

5. Perbedaan JR Pass Ordinary Car dan Green Car

JR Pass terbagi menjadi dua tipe yaitu Ordinary Car dan Green Car. Perbedaan dari keduanya terletak pada kenyamanan tempat duduk, space kursi, dan tingkat keramaiannya. Tempat duduk Ordinary Car memiliki baris 2-3 baris, sementara green car 2-2 baris sehingga lebih private. Ruang kaki Green Car lebih luas dibanding Ordinary Car sehingga memberikan kenyamanan yang lebih. Selain itu, kursi Green Car memiliki sistem electric reclining dan terdapat lampu baca di setiap tempat duduknya. Ditambah, gerbong pada Green lebih tenang dan sepi sehingga menambah kesan private yang lebih nyaman. Tapi ingat, semua kuris Green Car harus dipesan secara reservasi. Tidak ada biaya tambahan ketika melakukan reservasi, tapi kamu harus datang ke office JR ticket untuk reservasi ya Globers!

6. JR Pass Reservasi dan Non-Reservasi

 Ketika kamu melakukan reservasi, kamu akan mendapat kereta dan tiket yang khusus untuk kamu naiki. Sedangkan untuk yang non-reservasi, kamu bisa lebih fleksibel naik ke berbagai kereta dengan tanggal dan rute yang sesuai jadwal yang sudah kamu persiapkan. Namun, bukan jaminan kamu akan mendapat kursi ketika di kereta. Jika kereta yang kamu naiki merupakan kereta yang sibuk, kamu harus berdiri ketika tidak mendapat tempat duduk.  

7. Cara Masuk Gate dengan JR Pass

Sekarang, pemegang tiket JR Pass bisa masuk menggunakan gate otomatis. Jadi, kamu tidak perlu masuk melalui manned gate dan memperlihatkan tiket ke petugas. Kamu cukup memasukkan tiket ke mesin tiket yang sudah tersedia, kemudian tiket kamu akan dibaca oleh mesin, lalu tiket kamu akan keluar di entrance gate.

8. Masa Berlaku JR Pass

Masa pemakaian JR mengikuti waktu kalender, bukan berdasarkan waktu 24 jam. Jadi, kamu tidak perlu khawatir menggunakan JR Pass pada jam berapa saja.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan JR Pass dengan jangka waktu 7 hari pada pukul 15:00 pada tanggal 1 Desember 2023, maka masa aktif JR Pass akan berakhir pada 7 Desember 2023, bukan pada pukul 15:00 tanggal 8 Desember 2023. 

9. Rute JR Pass

Perusahaan transportasi Japan Rail (JR) memiliki rail pass yang tersebar di berbagai kawasan di Jepang. Berikut merupakan list JR Rail Pass berdasarkan kawasan di Jepang:

  • JR Hokkaido: Hokkaido Rail Pass
  • JR East: JR East Pass, JR Tokyo Wide Pass (Tohoku, Nagano, Niigata area)
  • JR West: JR West Rail Pass
  • JR Central: Tokaido Sanyo Shinkansen Online Reservation Service
  • JR Shikoku: All Shikoku Rail Pass 
  • JR Kyushu Rail Pass
jr pass
japanrailpass-reservation.net

Untuk kamu yang ingin melihat peta dan jadwal keberangkatan kereta, kamu dapat menginstall aplikasi Japan Travel by Navitime atau mengunjungi situs jrpass.com agar perjalanan kamu menggunakan JR Pass lebih gampang. JR Pass dapat digunakan untuk Shinkansen, kereta cepat, dan kereta lokal yang dioperasikan oleh operator transportasi JR. Dengan memahami rute JR Pass, kamu bisa mengunjungi tempat wisata impian kamu. Psst, kamu tau ga, ada 5 tempat wisata tersembunyi di Jepang.

10. Hokuriku Arch Pass

Hokuriku Arch Pass merupakan jalur Shinkansen baru yang berada di area Hokuriku. Hokuriku terletak di sebelah barat laut Tokyo dan berada di atas Nagoya. Hokuriku Arch Pass bisa menjadi pilihan alternatif dari JR Pass karena harganya yang lebih murah, bisa berangkat naik Shinkansen dari bandara Haneda dan Narita. Jika kamu hanya ingin berpergian Tokyo-Osaka, baiknya kamu mempertimbangkan untuk membeli Hokuriku Arch Pass mengingat kelebihan yang dimiliki dibanding JR Pass yang lebih mahal dengan rute yang sama.

jr pass
japan-guide.com

Harga Hokuriku Arch Pass mulai 16 Maret 2024 naik menjadi 30.000 yen. Dengan Hokuriku Arch Pass kamu bisa naik Shinkansen dari Tokyo sampai Tsuruga, kereta Thunderbird dari Kanazawa hingga Osaka, Kobe, Kyoto, Nara, dan jalur yang sudah diakomodasi oleh JR Pass seperti Narita Express, Tokyo Monorail, JR Yamanote. Ditambah juga dengan Haruka Limited Express antara Osaka ke Kansai Airport. 

Itulah panduan lengkap JR Pas 2024. Untuk kamu yang berminat membeli JR Pass, dapat menghubungi kontak berikut.

Selain memiliki tiket perjalanan unlimited ke Jepang, kamu juga harus memiliki internet yang unlimited juga dong untuk menunjang perjalanan impian kamu menjelajahi negeri sakura. Saat ini sudah tersedia Global Wifi. Global Wifi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global Wifi dapat menjangkau lebih dari 200 negara termasuk Jepang. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman kamu. Ditambah, Global Wifi memiliki kuota internet yang unlimited dan sinyal yang kuat sehingga momen liburan kamu tidak terganggu dengan notif kuota internet habis atau sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global Wifi ini yaitu cara penggunaannya yang mudah. Cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tinggal scan QR dan internet langsung connect.

Selain itu, terdapat cara baru yang lebih simple untuk scan QR Code. Jika kamu pengguna iOS 17, kamu bisa memanfaatkan fitur terbaru tanpa harus memiliki 2 device untuk foto QR Code atau print QR Code-nya. Caranya yaitu ke setting > cellular > add SIM > Use QR Code > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Untuk android sendiri, fitur tersebut sudah ada di Android 13 ke atas. Karena terdapat berbagai merk android, secara garis besar caranya seperti berikut ini. Setting > Connections > SIM manager > Add e-SIM > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Terdapat juga 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024. Ke luar negeri makin praktis, tinggal scan langsung connect.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik travelling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Jepang, Tips & Trick, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *