15 Makanan Khas Malaysia Paling Cocok Dinikmati Saat Liburan

Makanan khas Malaysia semakin banyak dicari ketika liburan khususnya oleh orang-orang yang berasal dari Asia Tenggara. Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia memiliki banyak makanan unik asli negeri Jiran.

Penduduk di Malaysia terdiri dari orang-orang etnis Melayu, Tionghoa, hingga India. Orang-orang Malaysia memiliki kesamaan seperti halnya masyarakat Indonesia, mulai dari etnis, budaya, hingga keragaman kuliner.

Masakan Malaysia asli umumnya perpaduan antara kuliner China, Melayu, India, dan juga lainnya. Bahkan Malaysia memiliki makanan asli perpaduan dengan masakan Thailand serta Arab sehingga masih cocok dinikmati masyarakat Indonesia.

Gaya makanan khas Malaysia cenderung cocok bagi lidah orang-orang Indonesia. Akan tetapi, banyak makanan asal Malaysia belum diketahui oleh orang-orang tanah air, sehingga harus mengikuti panduan kami selengkapnya.

Makanan asal negeri Jiran umumnya tidak jauh berbeda dengan kuliner-kuliner di wilayah Asia Tenggara. Apabila Anda sedang melakukan liburan ke Malaysia, jangan sampai melewatkan untuk menikmati masakan khas di sana.

Kulineran di negeri tetangga bisa membuat liburan semakin memuaskan, sehingga tidak bikin Anda bingung memilih makanan. Karena pada umumnya orang-orang selalu bingung mencari makanan ketika sedang liburan di luar negeri.

Kali ini kami akan membahas 15 jenis makanan paling unik asal Malaysia. Penasaran apa saja masakan khas dari negeri Jiran, yuk langsung simak penjelasan di bawah ini sampai usai.

15 Jenis Makanan Khas Malaysia Mudah Dijumpai

Liburan ke Malaysia belum lengkap jika tidak menikmati hidangan kuliner khas negeri Jiran. Karena sebagian besar makanan khas di sana memiliki cita rasa paling unik yang wajib dicoba oleh wisatawan.

Jika kebingungan mencari makanan selama menjalani liburan di Malaysia, kini saatnya mengikuti ulasan kami. Berikut adalah 15 jenis masakan unik khas negeri Jiran yang memiliki cita rasa khas.

1. Nasi Lemak

Makanan khas Malaysia di urutan pertama terdapat nasi lemak yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nasi lemak kini mudah ditemukan di berbagai rumah makan penjuru daerah tanah air.

Bahan dasar nasi lemak menggunakan beberapa bumbu rempah seperti jahe, pandan, hingga sereh. Teknik memasak nasi lemak adalah dengan merendam nasi di dalam air kelapa kemudian baru dikukus sampai matang.

Nasi lemak kerap disajikan dengan beberapa jenis lauk seperti ayam goreng, sambal, telur, mentimun, tumis kangkung, dan rendan. Rasa nasi lemak sangat gurih, sekali disantap langsung bikin kenyang Anda.

2. Nasi Daun Pisang

Nasi daun pisang adalah makanan khas Malaysia yang disajikan pakai alas daun pisang. Jenis kuliner ini diperkenalkan pertama kali oleh negara India Selatan dan dibawa ke Malaysia saat merantau.

Berbagai jenis sayuran ditambahkan pada nasi daun pisang dengan baluran bumbu kari menambah cita rasa khas. Kelezatan nasi daun pisang bisa Anda coba nikmati langsung selama berkuliner di Malaysia.

3. Nasi Kerabu

Nasi kerabu termasuk makanan khas Malaysia yang sanagt unik, oleh karena itu sering diincar oleh sebagian wisatawan ketika liburan. Nasi kerabu berwarna kebiru-biruan hasil campuran kelopak bunga disaat proses memasak.

Hidangan ini kerap disajikan dengan lauk tambahan seperti ayam goreng, kerupuk, ikan-ikanan, telur asin, serta sayuran. Nikmat cita rasa khas nasi kerabu akan bertambah saat makanan ini disajikan dengan sambal.

4. Ayam Pongteh

Sedang berburu kuliner di negara Malaysia? Jangan sampai melewatkan kelezatan kuliner ayam pongeh. Masakan ayam pongeh sangat mudah dijumpai ketika berada di Malaysia sehingga tidak membuat bingung wisatawan ketika lapar.

Hidangan makanan khas Malaysia ini seperti ayam semur ditambahi jamur, kentang goreng, dan kuah khas campuran tauco. Anda bisa berburu kuliner ayam pongeh untuk memanjakan perut lapar selama liburan berlangsung.

5. Ayam Laksa Penang

Malaysia juga memiliki ciri khas masakan unik yaitu bernama ayam laksa penang. Keberadaan makanan ayam laksa penang adalah campuran dari mie maupun bihun yang diberi kuah bertekstur kental.

Rasa kuah ayam laksa penang adalah asam pedas, tentunya akan meningkatkan nafsu makan para wisatawan. Kuliner ini hadir hasil kombinasi masakan Tiongkok cenderung berasa pedas yang cocok dinikmati orang Indonesia.

6. Ayam Percik

Ayam percik adalah salah satu kuliner paling terkenal di Malaysia dengan memakai bahan dasar ayam olahan. Pada masakan ini, ayam diolah menggunakan berbagai jenis bumbu rempah-rempah membuat cita rasa khas.

Ayam percik terbagi dua jenis yaitu bernama kelantan dan juga trengganu. Perbedaannya terletak pada jenis saus dan bumbu yang digunakan, Anda bisa memilih sesuai selera di rumah makan negeri Jiran.

7. Palak Paneer

Hidangan berikutnya adalah palak paneer, kebanyakan dijual pedagang lokal India yang kini menjalar ke Malaysia. Masakan palak paneer memiliki ciri khas kuah berwarna hijau lumut karena diolah dari bayam segar.

Kuah makanan khas Malaysia palak paneer dicampur dengan roti khas bernama chapatis dan ditambahkan kambing. Hidangan terlihat sedikit aneh, namun bisa bikin ketagihan Anda untuk menikmati berulang kali.

8. Char Kway Teow

Char kway teow merupakan jenis makanan khas dengan bahan utama dari mie kwetiaw. Bumbunya tidak jauh berbeda dengan jenis makanan kwetiaw asal Indonesia, namun menggunakan daging kepiting.

Makanan khas Malaysia char kway teow cukup enak karean bahan-bahan penuh dengan gizi. Char kway teow dijamin aman dikonsumsi karean dibuat dengan telur, kerang, ikan, sosis, tauge, dan udang.

9. Kue Lapis Serawak

Ingin menikmati cemilan kue yang cukup enak? Malaysia memiliki kue lapis serawak. Makanan ringan kek lapis serawak banyak dijual di pinggiran jalan hingga toko oleh-oleh asal negeri Jiran.

Kue khas sesuai dengan namanya berasal dari kota Serawak, biasa ditemui pada saat hari raya keagamaan. Kue lapis serawak juga sering dipakai untuk merayakan pesta nikah serta ulang tahun.

10. Bubur Pedas

Bubur pedas menjadi kuliner yang tidak boleh ditinggalkan ketika Anda berlibur ke Malaysia. Seperti pada bubur umumnya, namun memiliki rasa pedas yang menggugah selera karena ditaburkan cabai merah.

11. Kuzi Ayam

Makanan khas Malaysia selanjutnya bernama kuzi ayam dengan penyajian pakaii bumbu kari. Wisatawan dapat menemukan menu kuliner ini secara mudah melalui beberapa restoran di negeri Jiran.

12. Mee Hookien

Bagi penggemar mie, Anda wajib mencoba mee hookien yang termasuk hidangan populer asal Malaysia. Hampir mirip seperti mie asal Indonesia, namun ada variasi di masakan mee hokkien dimasak dengan menumis.

13. Ais Kacang

Hidangan penutup yang sangat menarik dari Malaysia adalah es serut bernama ais kacang. Campuran bahan es serut dari sirup, susu kental manis, hingga bahan-bahan es krim cocok dinikmati disaat terik.

14. Ang Ku Kueh

Kue unik lainnya dari negeri Jiran bernama ang ku kueh, memiliki ciri khas berwarna-warni. Hidangan kerap dijadikan sebagai pencuci mulut karena punya rasa manis, lembut, dan sedikit kenyal.

15. Keropok Lekor

Keropok lekor adalah jenis kerupuk yang berbahan dasar dari ikan, biasa dijadikan cemilan pakai sambal. Keropok lekor adalah ikan yang digiling dicampur tepung sagu menggunakan teknik goreng, rebus, hingga kukus.

15 jenis makanan terbaik khas negeri Jiran wajib dinikmati wisatawan yang sedang berlibur. Anda bisa menikmati santapan terbaik, enak, dan lezat melalui berbagai jenis makanan khas Malaysia.

Itinerary, Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *