Hidup SEHAT berawal dari Makanan SEHAT

Bagaimana rasanya kalau tubuh mu sedang tidak sehat? Pasti melakukan segala aktivitas tidak akan  merasa nyaman kan? Makan tidak enak dan tidur pun tidak nyenyak. Bagaimana agar kamu tidak gampang sakit? Kamu harus mulai perduli dengan  gaya hidup mu. Apakah gaya hidupmu sudah sehat atau belum. Karena hidup yang sehat berawal dari makanan sehat dan bergizi.

 

 

Apa sih makanan sehat dan bergizi itu? Simak ya….

Makanan sehat adalah makanan yang tidak berbahaya bagi tubuhmu. Maksudnya tidak berbahaya adalah tidak mengandung zat atau bahan berbahaya contoh bahan pengawet, pemanis buatan dan Msg sedangkan makanan sehat harus mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin, air, mineral, protein, lemak dan karbohidrat,maka makanan yang mengandung zat-zat gizi disebut sebagai makanan bergizi.

makanan sehat dan bergizi dapat kamu temui dibeberapa jenis makanan seperti dibawah ini :

 

Sayuran: sayuran yang dianjurkan adalah sayuran hijau karena sayuran hijau  mengandung serat tinggi, folat,fitokimia,magnesium, potasium ,kalsium dan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen yang ada sayuran dan buah yang berwarna cerah yang mengandung antioksidan dan dapat menurunkan resiko sakit jantung.  Sayuran hijau yang dianjurkan karena mengandung serat yang tinggi adalah brokoli, kale, sawi hijau dan bayam ataupu sayuran yang berdaun hijau.

Buah-buahan:  Alpukat mengandung lemak sehat, kalium dan Vit.C ,Jeruk mengandung vitamin c yang tinggi,karbohidrat, potasium,pridoxyin,folat,kalsium,thiamin/vitamin B1,Niacin/Vitamin B3 yang baik  untuk kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik. Apel seratnya tinggi dan juga mengandung vitamin C, Pisang sebagai sumber kalium. Blueberry dan strawberry mengandung anti oksidan dan serat yang tinggi serta rendah kalori.

Daging dan Telur : daging yang paling bagus dikonsumsi adalah daging sapi diantara jenis daging lainnya karena tanpa lemak dan merupakan sumber zat besi dan protein yang tinggi. Telur adalah makanan yang kaya akan nutrisi yaitu protein yang mangandung asam amino essensial dan non essensial lengkap, lemak tak jenuh, vitamin dan mineral.

Kacang-kacangan dan biji-bijian: makanan jenis ini merupakan sumber protein nabati  yang baik apalagi bagi para vegetarian. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung berbagai macam mineral ,Magnesium dan Vitamin D. Konsumsi makanan jenis biji-bijian utuh seperti gandum, jagung atau beras merah yang mengandung vitamin B, mineral(zat besi, magnesium, dan zink), protein, dan antioksidan dapat mengurangi resiko sakit jantung,diabetes dan beberapa penyakit lainnya seperti obesitas dan beberapa jenis kanker.

Ikan dan makanan laut : orang yang suka makan ikan dan  makanan laut lainnya  menurut penelitian jarang terjangkit penyakit jantung dan penyakit lainnya, karena ikan dan makanan laut mengandung asam lemak  omega 3 dan yodium. Ikan salmon adalah ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Selain dapat mengurangi resiko sakit jantung juga dapat menurunkan resiko peradangan dan trigliserid.

Susu : susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi , mineral,protein hewani, lemak sehat dan vitamin. Jika diolah susu bisa menjadi keju, kemudian jika difermentasi bisa menjadi youghurt yang baik untuk pencernaan karena mengandung bakteri baik.

Oatmeal : makanan ini sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan juga mengandung serat tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan mengkonsumsi ini karena dapat menjaga kestabilan gula darah.

 

YUK kita mulai makan makanan yang sehat supaya tubuh kita sehat, sehingga aktivitas serta kegiatan mu juga lancar. 

Jangan lupa, untuk menemani kegiatan internetan kamu bisa pakai mobile wifi dari JavaMifiJaminan Internet Tanpa Batas sehingga bakal ON terus. Ada banyak paket yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan, untuk informasi detail bisa langsung cek website nya JavaMifi

 

News, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *