Menjelajahi Sejarah Kota Kuno  Ayutthaya di Thailand

Kota Kuno Ayutthaya sangat kaya akan berbagai cerita menarik, yang diyakini oleh warga setempat. Jika Anda ingin mengenal lebih dalam mengenai salah satu kuno di Thailand ini, kami rasa Anda bisa menemukannya di berbagai lokasi wisata Ayutthaya.

Bukan tanpa sebab jika kota ini menjadi salah satu kota penuh sejarah, sebab dulunya Ayutthaya merupakan kota perdagangan terbesar di Asia maupun dunia. Tidak hanya terkenal di kalangan negara Asia namun juga dunia, sehingga sejarahnya sangat melekat dan diketahui banyak orang.

Tidak hanya itu, sejarah Kota Kuno Ayutthaya kini tetap dikenang dengan masih berdirinya sisa-sisa reruntuhan bangunan peninggalan kerajaannya. Meskipun ada beberapa bagian yang sudah direstorasi, namun keaslian bangunannya masih bisa Anda lihat dengan baik.

Sejarah Kota Kuno Ayutthaya, Salah Satu Kota Perdagangan Terbesar di Asia

Memang ada banyak kota kuno di Thailand, namun Ayutthaya menjadi salah satu kota yang ramai pengunjung dan memberi kesan tersendiri kepada siapapun yang datang. Kota dengan luas 14.84 kilometer persegi ini, dipenuhi oleh populasi sekitar 50 ribu penduduk.

Sejarah Kota Kuno Ayutthaya tidak hanya terkenal di negara Asia namun dunia, didirikan oleh Raja U-Thong pada tahun 1351 dan menjadi ibu kota terkuat. Namun pada tahun 1767 saat diperintah Raja Ekkathat, kota ini hancur oleh pasukan Burma dan mulai saat itu kota ini seperti terabaikan.

Perang ini terjadi karena masalah perdagangan, pertikaian wilayah, serta provokasi di wilayah tersebut. Memang sejak dulu Ayutthata dikenal sebagai kota perdagangan terkenal di dunia, jadi tidak aneh apabila banyak pihak ingin merebut wilayah tersebut.

Sejak kehancuran tersebut lama kelamaan Ayutthata mampu bangkit kembali, dan kini dikenal sebagai lokasi wisata populer di Thailand. Reruntuhan bangunan setelah kehancuran, membuat kota ini memiliki nilai sejarah tersendiri yang membuat banyak orang penasaran.

Sejarah Kota Kuno Ayutthaya juga memiliki masa kejayaan pada awal abad ke-18, kerajaan ini mampu menguasai kota-kota penting seperti Martaban, Ligor atau Nakhon Sri Thammarat, Tenasserim, Pulau Phuket, dan Singora atau Songkhla.

Kota ini juga terkenal di bidang seni, seperti pembuatan drama tari serta menghasilkan karya sastra berbentuk puisi. Tentu saja setiap negara memiliki sejarah kelam didalamnya, namun yang harus Anda lihat saat ini adalah bagaimana negara tersebut mampu bangkit kembali.

Objek Wisata yang Menyimpan Sejarah Kota Kuno Ayutthaya

Setiap tempat pasti memiliki lokasi yang wajib dikunjungi, seperti kota Ayutthaya yang menyimpan objek wisata berbau sejarah dengan struktur bangunan indah.

1.      Bang Pa in Place

Lokasi pertama yang bisa Anda kunjungi terletak di Ban Len, Bang Pa-in District, Phra Nakhon Si Ayutthaya. Salah satu alasan mengapa tempat ini istimewa adalah, karena dulunya bangunan ini adalah istana dimana raja dan ratu Thailand tinggal dan menghabiskan musim panas.

Bang Pa in Place menjadi salah satu bangunan sejarah Kota Kuno Ayutthaya di masa lampau, Raja Prasat Thong membangunnya tahun 1932 lalu direstorasi kembali di periode Raja Chulalongkorn. Bangunan ini menjadi destinasi wisata favorit, karena terletak di samping Sungai Chao Phraya.

2.      Wat Phu Khao Thong

Destinasi berikutnya adalah Wat Phu Khao Thong terletak di pusat Thailand, tepatnya Phu Khao Thong, Phra Nakhon Si Ayutthaya District. Anda akan melihat reruntuhan bangunan candi dengan tinggi 50 meter, di tengah sawah hijau dan cukup jauh dari keramaian.

3.      Ayutthaya Historical Park

Menjadi situs bersejarah di Thailand yang diakui UNESCO, taman bersejarah ini memiliki luas 715 hektar dengan memiliki 400 kuil dan candi didalamnya. Salah satu benda yang paling menarik bagi wisatawan adalah Wat Phanan Choeng, sebuah patung Buddha dengan ketinggian 19 meter.

Siapapun yang melihatnya pasti akan takjub dengan benda sejarah Kota Kuno Ayutthaya ini, saat Anda berkunjung ke kuil tempat bersejarah seperti ini, kami sarankan agar mengenakan pakaian yang sopan tertutup, untuk menghormati kebudayaan disana.

4.      Chao Sam Phraya National Museum

Menjadi museum kedua terbesar di Thailand, dibangun oleh Raja Rama IX pada tahun 1961. Di Chao Sam Phraya, Anda bisa melihat banyak artefak yang ditemukan di Wat Mahathat dan Wat Patchaburana, yaitu lokasi reruntuhan kuil dan candi yang berada di Ayutthaya Historical Park.

Wisata Kuliner di Ayutthaya yang Tidak Boleh Terlupakan

Kuliner juga menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan datang berkunjung. Selagi bisa berkunjung kesini, Anda jangan sampai lupa untuk mencicipi hidangan lezat khas negeri Thailand.

1.      Boat Noodles atau Kuay Tiao Reua

Sejarah Kota Kuno Ayutthaya juga terletak pada makanannya, salah satunya yaitu Boat Noodles. Anda bisa dengan mudah menemukannya di beberapa restoran sepanjang jalan Ayutthaya, pasti wisatawan yang datang akan mencicipi hidangan tersebut karena kelezatannya.

Ada alasan tersendiri mengapa dinamakan Boat Noodles, sebab dulunya mie ini dijual di atas perahu kayu di kanal dan sungai. Boat Noodles tersaji dalam mangkuk kecil, yang terdiri dari mie beras, hati babi, babi panggang, bola babi, kulit babi goreng renyah, dan sup cokelat tua.

2.      Roti Sai Mai

Makanan satu ini menjadi camilan khas kota Ayutthaya, dimana permen kapas akan dibungkus oleh roti dengan lembaran tipis. Camilan khas ini ternyata memiliki sejarahnya tersendiri, dimana resepnya dipengaruhi oleh agama Islam sehingga banyak kalangan muslim yang menjualnya.

3.      Pad Thai

Rasanya kurang lengkap, jika Anda tidak mengunjungi Pad Thai langsung dari negeri asalnya. Pad Thai terbuat dari mie beras dimasak dengan tauge, telur, udang, dan bumbu khas Thailand. Anda harus tahu bahwa ada sejarah Kota Kuno Ayutthaya yang membuat munculnya hidangan ini.

Pada masa kekuasaan Plaek Pibulsongkram, yaitu perdana menteri di Thailand yang memimpin di tahun 1938-1934 dan 1948-1957. Ia ingin Thailand lebih dikenal oleh dunia, salah satu jalannya adalah mempopulerkan makanan berbahan dasar mie, maka muncullah hidangan Pad Thai ini.

Alasan Anda Wajib Berkunjung ke Kota Kuno Thailand

Biasanya kota Bangkok dan Chiang Mai adalah kedua kota yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan asing saat berkunjung ke Thailand. Padahal masih banyak lokasi menarik di Thailand, yang memberikan Anda nuansa baru dan pastinya pengalaman berkesan.

1.      Kaya Akan Wisata Sejarah

Tentu saja salah satu alasan Anda wajib berkunjung ke kota ini adalah, karena kaya akan sejarah Kota Kuno Ayutthaya. Tidak sedikit kuil dan candi yang berada di kota tersebut, dan disini Anda bisa melihat bahwa setiap bangunan memiliki arsitektur indah dan memukau.

Bahkan adapula candi dan kuil yang lokasinya dekat dengan sungai, tentu saja pemandangan itu akan memanjakan mata Anda. Jika Anda datang pada waktu yang tepat, bisa jadi wisatawan juga bisa melihat bagaimana acara keagamaan sedang berlangsung disana.

2.      Terdapat Museum Sejuta Mainan

Khusus bagi Anda yang menyukai permainan, ada Million Toys Museum yang lokasinya berada di 45 Moo 2 U Thong Rd, Tha Wasukri, Phra Nakhon Si Ayutthaya District. Mulai dari mainan antik hingga terbaru semuanya ada disini, bisa dibilang jika ini adalah surga bagi pecinta mainan.

Disini Anda tidak hanya menemukan mainan khas Thailand saja, melainkan berbagai jenis mainan yang ada di dunia. Million Toys Museum dibangun oleh Profesor Krirk Yoonpun, ia seringkali berkunjung ke museum tersebut untuk membacakan buku cerita ke anak-anak.

3.      Patung Buddha Berbaring

Dengan melihat sejarah Kota Kuno Ayutthaya, pasti Anda akan semakin penasaran untuk mencari tau dimana lagi wisata bersejarah untuk dikunjungi. Mayoritas agama di Thailand adalah pemeluk Hindu, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan kuil, candi dan patung Hindu.

Salah satunya adalah Patung Buddha Berbaring, dengan panjang 42 meter dan tinggi 8 meter. Terletak di Wat Lokaya Sutha, mata akan langsung tertuju pada patung ini karena sebagian tubuh patung ini ditutup dengan kain oranye, menggambarkan detik-detik wafatnya Buddha Gautama.

Tips Berpetualang di Atthaya agar Seperti Orang Lokal

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke kota kuno Thailand ini, kami memiliki beberapa tips yang akan mempermudah Anda saat berwisata disana sebagai berikut.

1.      Gunakan Transportasi Umum

Untuk bisa menikmati sejarah Kota Kuno Ayutthaya secara lengkap, kami sarankan agar Anda menggunakan transportasi umum saat berkunjung ke berbagai lokasi wisata. Banyak cara untuk bisa berkunjung ke kota kuno ini, Anda bisa menggunakan bus, kereta, mobil, van ataupun taksi.

Jika ingin memangkas waktu lebih cepat, maka bisa menggunakan kereta dengan membayar 20 THB untuk kelas ekonomi. Biasanya Anda akan lebih sering menemukan orang lokal disana, lalu tidak tersedia AC dalam kereta tapi Anda bisa menghemat biaya untuk keperluan lebih penting.

2.      Sewa Sepeda untuk Keliling Old Town

Untuk sekedar berkeliling kota kuno ini, Anda bisa menyewa sepeda dengan harga sekitar 150 THB selama 24 jam. Anda bisa berkeliling kemanapun sambil melihat keindahan kota ini, namun Anda perlu memastikan sepeda telah disediakan gembok karena pencurian sepeda sering terjadi.

3.      Kunjung Pasar Chai Phrom

Sejarah Kota Kuno Ayutthaya tidak hanya ditemukan pada bangunan bersejarahnya, namun ada juga lokasi yang sudah lama berdiri dan tentunya memiliki sejarahnya sendiri yaitu Pasar Chai Phrom, disini Anda bisa menemukan berbagai jenis hidangan dengan harga relatif murah.

Saat berkunjung ke luar negeri, tentu saja jaringan internet menjadi salah satu kebutuhan utama agar Anda bisa tetap berkomunikasi dan mengakses sosial media. Agar jaringan internet tetap kuat dimana saja, kami sarankan agar Anda menggunakan JavaMifi.

JavaMifi bisa terhubung sampai 5 perangkat sekaligus, tanpa ada batasan kuota, bisa terhubung di 200 lebih negara. Jika terjadi kendala, Anda bisa menghubungi Customer Support kami selama 24 jam sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi masalah pada Wifi Anda.

Jika sewaktu-waktu sinyal di tempat Anda kurang bagus, maka JavaMifi akan segera mengubah ke operator dengan sinyal paling kuat di daerah tersebut. Maka dari itu Anda tidak perlu khawatir lagi, dan bisa dengan bebas mengeksplor sejarah Kota Kuno Ayutthaya.

 

 

Thailand, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *