16 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang. Cocok Dijadikan Side Job

JavaMifi – Setiap orang memiliki hobi yang dilakukan untuk mengisi waktu luang atau mencari kesenangan. Tentu Anda memiliki hobi yang bisa memberikan kepuasan tersendiri baik olahraga, seni atau hal menyenangkan lain. Kalau Anda bisa melakukan hobi sekaligus menghasilkan lebih banyak uang, kenapa tidak? 

Hobi yang menghasilkan uang akan membuat Anda memiliki passion dalam hidup, lho! Hobi juga bisa menjadi sarana merelaksasi tubuh dan pikiran dari kepadatan aktivitas harian yang membosankan.

Hobi yang menghasilkan cuan juga bisa membantu menambah penghasilan utama Anda. Bisa pula hobi Anda menjadi pekerjaan utama yang memberikan pendapatan bulanan yang fantastis.

Baca Juga:

Intip Destinasi Wisata Tersembunyi Di Jepang

Liburan ke Hawaii? Jangan Lupa Kunjungi Pantai di Hawaii Ini

Destinasi Wisata Indonesia Populer di Dunia

Kira-kira hobi apa saja yang bisa menghasilkan pundi rupiah bahkan mata uang asing lebih banyak? Yuk, simak rekomendasi hobi yang bisa Anda pelajari dan kembangkan mulai sekarang!

16 Hobi Ini Bisa Bantu Anda Hasilkan Uang

Jika Anda punya hobi yang sebatas menyalurkan kesenangan atau healing time saja, maka cobalah untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Pasalnya, Anda bisa memiliki peluang mendapatkan lebih banyak uang untuk menambah pundi bulanan dari hobi tersebut. 

Berikut rekomendasi 10 hobi yang menghasilkan uang untuk menambah penghasilan utama Anda.

1. Menulis

menulis

Buat Anda yang memiliki hobi menulis, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Anda bisa memilih profesi yang berkaitan dengan hobi menulis seperti mengembangkan blog, menulis cerita di platform berbayar, menjadi penulis sekaligus editor di perusahaan penerbitan, dan lain-lain. 

Dewasa ini, banyak platform digital yang menawarkan bayaran fantastis untuk keahlian menulis Anda, salah satunya dengan jualan content placement di platform marketplace backlink seperti Backlink.co.id, apalagi Anda yang mampu menulis bahasa asing dengan baik.

2. Memasak

memasak

Hobi memasak bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak uang bila Anda membuka usaha yang berkaitan dengan kuliner. Anda bisa membuka bisnis kuliner seperti restoran, kafe, layanan delivery order makanan sehat, camilan, dan lain-lain. 

Tidak harus menjadi pekerjaan utama, tetapi Anda bisa menjadikan hobi memasak untuk hasilkan uang dikala waktu luang, kok. Namun, konsistensi bisnis kuliner harus Anda pertimbangkan bila ingin terjun di bidang ini.

3. Fotografi

fotografi

Anda suka dengan fotografi, maka cobalah menghasilkan uang dengan keahlian memotret. Mau memotret alam, makanan atau subjek makhluk hidup pun, kenapa tidak? Anda bisa menjual foto yang dihasilkan di platform berbayar yang ada di internet hari ini. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa fotografi untuk meraih lebih banyak uang seperti foto prewedding, foto makanan, foto tempat wisata, dan lain-lain.

4. Editing foto atau video

editing foto dan video

Masih berkaitan dengan hobi fotografi, Anda yang suka mengedit foto atau video juga bisa melakukan hal yang sama. Tentu Anda harus meningkatkan kemampuan di bidang editing foto atau video lewat aplikasi kekinian.

5. Menggambar

menggambar

Hobi menggambar sejak Anda berusia dini, maka cobalah untuk mendapatkan uang dengan keahlian ini. Hobi menggambar bisa membuat Anda kaya raya di era digital, apalagi Anda bisa menjadi salah satu kreator di webtoon, komikus dan lain-lain. Menghiasi dinding atau tempat yang membutuhkan keahlian Anda menggambar mural atau pemandangan lain, kenapa tidak? Hobi yang bisa memberikan pendapatan sampingan lebih besar dari pekerjaan utama, sah-sah saja.

6. Berkebun

berkebun

Pada masa pandemi ini, orang-orang merasa jenuh dengan pembatasan aktivitas di luar ruangan sehingga mencari hobi baru untuk hilangkan kebosanan tersebut. Salah satu hobi yang mulai disukai banyak orang yang terpaksa WFH adalah berkebun. Anda bisa mencoba berkebun di lingkungan rumah saja, misalnya taman mungil yang memanfaatkan area terbatas pun.

Anda bisa menanam koleksi bunga yang dijual kembali atau sayuran yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian. Sayuran Anda bisa ditanam secara organik sehingga harga jual sayuran lebih mahal. Siapa tahu Anda bisa menjadi pebisnis sayuran organik yang menyehatkan sekaligus menguntungkan.

7. Kerajinan tangan

membuat kerajinan tangan

Hobi kerajinan tangan menjadi salah satu jenis peluang yang menghasilkan lebih banyak uang di era digital pun. Anda bisa memilih hobi kerajinan tangan yang menghasilkan cuan, misalnya merajut tas, sepatu atau pakaian, menjahit kain perca, membuat pernak-pernik atau aksesoris, dan lain-lain. 

Hasil kerajinan tangan yang artistik dan menarik bisa memberikan pendapatan tambahan untuk Anda, lho! Yakin tidak ingin menghasilkan uang dari pernak-pernik menarik ini?

8. Bermain Game

bermain game

Hobi yang bisa menghasilkan uang di era modern seperti sekarang adalah bermain game. Kok bisa? Ya, gamer bisa menjadi salah satu profesi yang memiliki pendapatan sangat besar. Pasalnya, Anda bisa menjadi content creator di platform digital hingga mengikuti kompetisi game di berbagai kelas dunia.

9. Traveling

traveling

Bila Anda suka keliling tempat wisata lokal hingga internasional, maka manfaatkan hobi traveling Anda untuk menghasilkan uang. Anda bisa memilih profesi blogger, content creator, influencer, dan lain-lain yang membahas segala hal tentang tempat traveling tersebut. Info tempat wisata menarik, kuliner, hal-hal seru, dan masih banyak tempat baru yang bisa Anda eksplor untuk meraih lebih banyak pengikut di media sosial.

10. Bermain Musik

bermain musik

Anda suka main musik atau sekadar ingin menyalurkan kegemaran saja? Kini Anda bisa menghasilkan uang dengan bermain musik di kafe, restoran atau menghasilkan video yang telah di-monetize, kenapa tidak? Siapa tahu Anda bisa menjadi seorang musisi terkenal berkat video yang diunggah di media sosial atau platform digital lain. 

11. Mendekorasi rumah

mendekorasi rumah

mendekorasi rumah merupakan suatu kegiatan yang melelahkan tapi juga mengasyikan. Tetapi, ternyata menata barang, mengecat dinding, hingga memasang hiasan ternyata membutuhkan kemampuan tersendiri. Anda bisa menawarkan jasa dekor hingga menjadi desain interior untuk dapat menghasilkan uang dari hobi ini.

12. Videografi

videografi

Menggeluti seni videografi bisa sangat berpeluang menjadikan Anda mendapat banyak uang darinya. Pasalnya kebutuhan videografi dewasa ini sangat-sangat tinggi. Diantara kebutuhannya adalah untuk dokumentasi pribadi hingga konten pemasaran. Untuk pilihan karirnya Anda dapat menjadi videografer suatu perusahaan atau freelance bahkan membuat video pribadi yang dapat dimonetisasi. 

13. Melukis

melukis

Melukis bukan hanya sekedar kegiatan yang rekreatif bagi sebagian orang, tetapi juga berpotensi menghasilkan uang berkat hadirnya internet pada zaman sekarang. Untuk mendapatkan penghasilan dari melukis, Anda dapat menjual hasil lukisan di marketplace, membuat galeri seni online, hingga mendokumentasikan proses melukis dan mengunggahnya di media sosial atau platform video online yang bisa dimonetisasi.

14. Make up

merias wajah

Banyak dari kaum hawa bahkan hampir semua memiliki kesenangan di bidang ini. Mulai dari anak kecil, remaja, bahkan beberapa lansia. Saat ini make up sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Selain menjadi bentuk ekspresi diri, make up juga memliki banyak peluang bisnis yang menjanjikan seperti make up untuk acara-acara spesial, membuat video tutorial make up dan mengunggahnya di youtube atau media sosial.

15. Programing

programming

Programming atau coding merupakan hobi yang menantang. Bagaimana tidak, untuk dapat menguasai kemampuan ini dibutuhkan waktu yang tidak sebentar serta ketelatenan dan keteguhan hati. Jika sudah menguasai hobi ini Anda bisa mencari pundi-pundi rupiah dari jasa membuat website, menjadi tutor online, hingga mengikuti kompetisi-kompetisi berhadiah.

16. Olahraga

olahraga

Bukan hanya atlet yang mendapatkan uang dari berolahraga, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari berolahraga. Apalagi kini makin banyak orang sadar untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga sehingga peluang bisnis pun menjadi terbuka lebar dan menjadi bervariasi. Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari berolahraga Anda dapat menjadi personal trainer hingga menjadi influencer workout di media sosial.

 

Anda wajib mencoba hal baru guna meningkatkan kemampuan sekaligus memiliki hobi yang menghasilkan uang. Tentu masih ada banyak hobi yang bisa menghasilkan lebih banyak cuan asal Anda tahu cara memanfaatkan peluang tersebut. Gunakan internet dari JavaMifi untuk mendapatkan informasi lebih tentang hobi yang sedang anda geluti. Karena JavaMifi menerapkan teknologi network optimization dengan mengandalkan jaringan multi operator sehingga membuat sinyalnya susah lemot.

 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *