Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Berkebun bagi sebagian orang merupakan sebuah hobby yang dapat membantu menghilangkan stress. Lahan yang kurang seringkali menjadi masalah bagi yang tidak mempunyai space luas di rumah. Tapi sekarang kamu gak perlu khawatir karena ada cara menanam tanpa memerlukan media tanah tapi tumbuhan bisa tetap tumbuh dengan subur. Kamu bisa menanam dimanapun lo…bisa menggunakan bahan bekas atau menggantung nya ditembok, tanamannya  bisa tumbuh dengan metan (media tanam) berupa air. Nah tanaman itu yang biasa disebut sebagai tanaman hidroponik. 
Bagi kamu yang belum paham yuk simak ya cara menanam tanaman hidroponik berikut :

1. Cara menanam menggunakan metode Wick

Jenis tanaman yang cocok ditanam dengan metoda Wick ini adalah tanaman berjenis kecil seperti sawi , bayam, kangkung dan tanaman kecil lainnya yang tumbuh dengan membutuhkan air yang banyak. Bahan – bahan yang diperlukan sangat mudah bahkan dengan barang bekas pun bisa, antara lain;

Bahan- bahan;

  1. Botol air mineral
  2. Alat pemotong
  3. Sumbu kompor atau kain flanel
  4. Alat pelubang bisa berupa solder atau paku
  5. Air nutrisi

Cara membuatnya:

  1. Potong botol bekas menjadi dua bagian
  2. Lubangi tutup botol
  3. Gabungkan kedua botol yaitu dengan membalikan bagian moncong botol menghadap ke bawah.
  4. Pasang sumbu kompor atau kain flanell pada lubang botol dan kamu harus pastikan sumbu atau kain tersebut bisa menyerap air nutrisi.
  5. Kamu bisa menanam bibit tanaman pada botol bagian atas dengan tanah secukupnya.
  6. Isi bagian bawah botol dengan air nutrisi.
  7. Pastikan jarak bibit lebih dekat dengan dasar botol agar cukup mendapat nutrisi.

Dengan metode Wick ini kamu akan lebih menghemat tempat dan waktu merawat nya ya.

2. Cara menanam hidroponik menggunakan NFT ( Nutrient Film Technique )

Cara menanam tanaman hidroponik dengan NFT yaitu mengandalkan air dan bertopang pada sirkulasi oksigen , simak ya cara nya adalah sebagai berikut;

Bahan-bahan ;

Pipa / talang dan pompa

Cara membuatnya;

  1. Lubangi pipa dangan jarak lubang satu dengan lubang lainnya sama .
  2. Susun pipa/talang untuk dijadikan tempat menanam
  3. Diujung pipa yang paling rendah berilah tempat untuk menampung
  4. Pasang pompa untuk mengalirkan air bernutrisi agar maksimal alirannya.
  5. Diharapkan dengan metode ini tanaman hidroponik tumbuh dibagian nutrisi yang tidak dalam dan metode ini menjaga sirkulasi tanaman agar mendapat nutrisi, oksigen dan air dengan cukup.
  6. Metode penanaman NFT ini bagus digunakan untuk sayuran hijau seperti kangkung dan bayam.

Tanaman hidroponik sangat membutuhkan  air bernutrisi yang istilahnya sering disebut AB MIX jika kamu menanam sayuran maka yang kamu butuhkan adalah AB MIX DAUN bisa kamu beli di toko pertanian atau online shop.untuk buah kamu membutuhkan larutan AB MIX yang terdiri dari dua larutan terpisah, biasanya akan diberi panduan jika bertanya ditoko pertanian. AB MIX sendiri ;  Satu set nutrisi hidroponik yang terdiri dari pupuk A dan pupuk B mengandung 9.90% NO3, 0.48% NH4, 4.83% P2O5, 16.50% K2O, 2.83% MgO,11.48% CaO, 3.81% SO3, 0.013% B, 0.025% Mn, 0.015% Zn, 0.002% Cu, 0.003% Mo dan 0.037% Fe atau tergantung dari jenis tanamannya, apakah untuk sayur daun, buah atau lainnya.

Kamu yang hobi bertanam , bisa mencoba bertanam hidroponik ini di rumah selama pandemic ini. Untuk cara nya pun mudah sekali, jika ingin lebih jelas lagi bisa streaming di youtube untuk video video tutorial nya. 
  
Untuk aktivitas streaming dan internetan kamu bisa pakai mobile wifi dari JavaMifi.. Koneksi internet nya dijamin lancar, stabil tanpa putus-putus.

JavaMifi sudah menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. Info lebih lanjut bisa kunjungi website nya JavaMifi.

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi penting dan seru lainnya.

 

Uncategorized